5 Kunci Menciptakan Loyalitas dan Kepuasan Pelanggan

5-kunci-menciptakan-Loyalitas-Pelanggan

Bagi setiap bisnis yang bergerak dibidang apapun, pasti ingin memberikan kepuasan dan loyalitas pada konsumennya. Perusahaan penyedia layanan berupa produk atau jasa sudah pasti harus memberikan yang terbaik kepada konsumen atau calon konsumen. Untuk mewujudkan hal tersebut, perhatikan apakah produk atau jasa yang Kalian tawarkan diminati konsumen, target market, strategi marketing, kualitas produk dan lainnya?

Strategi marketing yang membantu untuk mempertahankan kepuasan dan loyalitas pelanggan tetap perusahaanmu. Selain itu, bisa juga memikat calon pelanggan dengan strategi marketing yang tepat. Brosur, pamflet, poster dan lainnya masih jadi media yang digunakan sejumlah perusahaan dalam promosi layanan mereka.

Tak hanya soal strategi marketing saja, Kalian juga harus memperhatikan beberapa hal yang dapat mempertahankan kepuasan dan loyalitas pelanggan.

Berikut tips mempertahankan kepuasan dan loyalitas pelanggan bagi perusahaan:

1. Tingkatkan Kualitas Layanan 

Kualitas layanan produk atau jasa yang ditawarkan perusahaan menjadi hal utama yang harus diperhatikan. Semakin baik kualitas layanan produk atau jasa yang diberikan kepada pelanggan maupun calon pelanggan, maka mereka akan loyal atau kembali menggunakan jasa mu.

Masukan dari pelanggan juga bisa kalian gunakan untuk meningkatkan kualitas layanan. Masukan ini bisa kalian terima dari pelanggan baik secara langsung atau melalui media sosial.

2. Optimalkan Performa Karyawan

Memberikan kualitas terbaik pada layanan, harus didukung dengan kinerja karyawan yang maksimal. Karyawan menjadi salah satu faktor penentu dalam kualitas pelayanan dalam sebuah perusahaan. Apapun jenis bisnis, sikap karyawan menjadi penentu utama. 

Untuk mengoptimalkan performa karyawan, pemimpin perusahaan harus memberikan pelatihan kepada seluruh karyawan agar bekerja secara profesional. 

Tidak hanya pelatihan untuk bidang pekerjaan karyawan. Tapi juga pelatihan sikap para karyawan dalam menghadapi pelanggan. Selain kualitas produk, sikap para karyawan juga bisa membuat para pelanggan merasa puas dengan layanan yang diberikan perusahaan.

3. Gunakan Media Promosi yang Tepat

Media promosi cetak seperti brosur, pamflet, poster dan lainnya masih digunakan sejumlah perusahaan dalam memasarkan produk mereka. Kualitas bahan yang digunakan, desain menarik serta finishing yang tepat mampu menarik perhatian pelanggan dan calon pelanggan.

Di sisi lain sebagian perusahaan memilih jalur promosi menggunakan jejaring sosial, instant messenger dan email. Apalagi di era digital saat ini tidak susah untuk melakukan promosi online melalui media tersebut.

Baca juga: Cara Promosi Online Paling Ampuh Era Milenial

Untuk membantu mempertahankan kepuasan dan loyalitas pelanggan, kalian bisa menggunakan software manajemen pelanggan yang sudah populer di kalangan pebisnis retail.

Software bisa membantu Kalian melakukan remarketing dengan mudah, mengirim email secara massal dan personal, mencatat setiap percakapan dengan pelanggan, mempercepat konversi prospek menjadi pelanggan, dan masih banyak lagi.

4. Program Loyalitas Pelanggan

Buatlah Program Loyalitas Konsumen yang sudah banyak digunakan oleh berbagai bisnis retail di Indonesia. Tujuan dari program ini adalah untuk memberikan hadiah kepada para pelanggan setia yang selalu menggunakan layanan usahamu. Seperti memberikan kartu member atau voucher diskon. 

5. Jaga Hubungan Baik dengan Pelanggan

Dalam menjaga kepuasan dan loyalitas kepada pelanggan adalah dengan menjaga hubungan baik dengan pelanggan. Para konsumen tidak hanya sebagai pelanggan setia layananmu saja. Melainkan perlakukan mereka sebagai orang terdekat seperti kerabat atau keluarga.

Banyak cara yang bisa Kalian lakukan agar membuat konsumen merasa dekat dengan bisnismu. Misalnya ucapkan terimakasih kepada setiap pelanggan yang telah setia menggunakan layananmu bisa melalui email, pesan instan, jejaring sosial ataupun tatap muka langsung.

Cara yang paling efektif di era sekarang adalah dengan menggunakan media sosial instagram atau email. Dengan cara tersebut, konsumen merasa dekat dengan usahamu bahkan secara personal tidak hanya atas pelayanan saja. Sebaiknya simpan data pribadi para pelanggan dengan benar. Tujuannya untuk positif agar para pelanggan merasa lebih dekat. Dan jangan salah gunakan data pribadi para pelanggan tersebut.

Semoga 5 tips diatas dapat mempertahankan kepuasan dan loyalitas kepada para pelanggan. Untuk informasi tentang percetakan, kalian bisa kunjungi Maxipro.co.id.

×