Cara Jilid Hardcover Skripsi Untuk Mahasiswa

cara-jilid-skripsi-sampul-hardcover

Apakah kalian sering mengalami ketika ingin menjilid hard cover harus menunggu 1 sampai 2 minggu jadinya? Sungguh menunggu adalah hal yang menyebalkan, apabila buku atau tugas yang kita jilidkan harus segera dikumpulkan. Bila waktu terdesak tentu kita tidak bisa menunggu selama itu.

Maxipro kali ini akan mencoba menjabarkan tahap-tahap untuk membuat jilid hard cover untuk skripsi, untuk kalian yang ingin belajar membuat jilid hard cover atau sekedar ingin mengetahui kesulitan yang ada dalam membuat jilid hardcover ini. Cara yang Maxipro sampaikan disini adalah berdasarkan langkah kerja yang selalu dilakukan dalam pekerjaan usaha fotocopy, sehingga bila ada perbedaan dengan cara jilid hard cover blog lain mohon di maklumi, semoga cara ini menjadi cara yang paling mudah. Sebelum memulai menjilid hardcover persiapkan terlebih dahulu;

  • Karton jepang

Biasanya berwarna coklat tebal yang banyak digunakan di percetakan

  • Laminasi Plastik

Untuk merapikan hasil jilid diperlukan Laminasi yang baik agar hasil maksimal

  • Cover Jilid

Buatlah cover skripsi atau tugas yang akan kamu jilid hard cover, dengan cara print pada kertas A3 dengan warna yang sudah kalian tentukan.

  • Pita

Untuk memberikan kesan exclusive bisa digunakan pita punggung dan pita pembatas.

  • Lem Fox Putih dan Lem Fox Kaleng

Sebagai bahan perekat yang baik dalam penjilidan bisa menggunakan lem Fox putih dan lem Fox kuning yang biasa disebut aibon.

Nah kurang lebih diatas tadi adalah bahan yang harus disiapkan dan digunakan pada setiap percetakan. Lalu bagaimana langkah-langkah menjilid Hardcover:

  1. Siapkan dokumen yang akan di jilid.

Siapkan lembaran-lembaran yang akan kalian jilid sesuai dengan keperluan. Setelah dokumen tersebut disiapkan, jepit pada bagian sisi kiri menggunakan jepitan kertas. Steples semua dokumen yang sudah diratakan kiri dan kanan.

2. Berikutnya pemotongan bagian sisi luar dokumen yang di steples.

Langkah selanjutnya, cara ini dilakukan agar bagian sisi dokumen yang disteples tersebut benar-benar rata sehingga memudahkan saat memasang cover nantinya. Untuk melakukan pemotongan ini harus menggunakan mesin pemotong kertas agar proses lebih cepat dan hasil yang profesional. Untuk rekomendasi mesin potong kalian bisa membaca artikel Maxipro sebelumnya Fitur dan Kegunaan Mesin Potong MP490ST.

Dalam proses jilid cover hard cover skripsi gunakan dua buah kertas karton putih untuk letakkan pada bagian depan dan belakang dokumen. Karton putih yang digunakan berukuran A3 yang dilipat menjadi 2 sehingga akan membentuk ukuran kertas kurang lebih A4 atau A4s.

3. Menempelkan pita pada pembatas buku

Setelah merapihkan dokumen yang akan dijilid, letakkan pita kain yang berukuran kecil sesuai cover atau senada dengan atribut cover. Pita ditempelkan pada bagian sisi dokumen yang di steples kemudian selipkan ke dalam dokumen. Jangan menempelkan pita sebelum dokumen dipotong dan dirapihkan.

4. Menyiapkan cover yang untuk jilid hard cover

Cetak file cover menggunakan kertas buffalo berukuran A3. File cover dapat berupa hasil scan atau diketik ulang. Sebelum diprint setting posisi jatuhnya cover pada kertas A3 dengan cara perhitungkan berapa lembar lipatan yang nantinya akan dibuat lipatan untuk merekatkan pada alas cover.

5. Setelah cover dicetak, selanjutnya adalah proses laminasi

Bila cover sudah diprint di kertas A3 lalu cover dilaminasi. Laminasi pada kertas cover bertujuan untuk membuat mengkilap covernya.

6. Siapkan karton jepang untuk lapisan cover dokumen

Pada bagian ini karton jepang harus lebih besar dari ukuran dokumen yang akan dijilid. Biasanya dokumen yang telah dipotong berukuran A4 kurang, sehingga ukuran karton jepang yang digunakan minimal A4s tidak kurang.

Tempelkan karton jepang pada bagian belakang cover yang sudah dicetak tadi. Tempelkan untuk lapisan cover depan, belakang dan sisinya. Ukuran karton jepang untuk bagian sisi dokumen sebaiknya memiliki lebar minimal 0,2 dari ketebalan dokumen, tidak boleh sama dengan ketebalan dokumen. Untuk merapihkan sisi cover kalian bisa menggunakan mesin hardcover untuk hasil yang lebih awet.

7. Menempelkan dokumen pada cover yang telah dibuat.

Pertama-tama oleskan lem pada permukaan karton jepang secara merata hingga semua tertutup oleh lem. Kemudian dudukkan bagian sisi dokumen sejajar dengan sisi cover. Tutup dengan cara mengangkat bagian depan dan bagian belakang cover kearah dokumen yang ada didalam.

Lalu gosok bagian luar dari cover menggunakan kain bersih secara merata agar cover merekat dengan karton putih. Gosok pula bagian dalam cover menggunakan tissue secara merata pada bagian depan dan belakangnya. Untuk pelengkapnya tambahkan siku pada sudut cover, kegunaan lain adalah untuk melindungi sudut cover.

Setelah selesai proses jilid hard cover, hasil jilidan harus didiamkan minimal 8 jam – 24 jam agar lem benar-benar kering. Selama pengeringan jangan dipaksakan untuk membuka dokumen secara penuh karena dapat menyebabkan bagian karton putih robek.

Sekian artikel tentang cara jilid hardcover skripsi, cara yang kami sampaikan diatas adalah kurang lebih cara yang sama yang dipakai pada usaha fotocopy. Semoga bermanfaat.

Baca Juga:
2 Metode Penjilidan ini bikin mudah usaha percetakan
4 Cara Paling Mudah Dalam Menjilid Buku Sendiri
Menggali Lebih Dalam Teknik Jilid Softcover dan Hardcover

×