Fitur dan Kegunaan Mesin Potong MP490ST

hasil-potong-03mm-presisi-potongan

Mesin Potong Telson MP490-ST adalah mesin yang difokuskan untuk memotong kertas, sehingga memudahkan kita dalam hal memotong serta merapikan buku atau kartu nama.

Mesin potong kertas sering kita jumpai di bidang usaha percetakan. Namun seiring perkembangan jaman mesin potong ini juga di butuhkan dalam sebuah kantor atau bidang usaha menengah hingga keatas.

Gambar: Mesin Potong MP490ST

Spesifikasi:

Mesin Potong Telson MP490ST memiliki ukuran mesin kerja dengan tinggi 6cm, lebar 49 cm dan panjang 49 cm. Bisa memotong dengan presisi hingga ukuran 0.3mm, dilengkapi display layar touchscreen dan 3 mode program didalamnya.

Mesin potong telson MP490-ST ini adalah mesin rakitan, yang terbagi menjadi 2 bagian yaitu mesin dan meja terpisah. Untuk ukuran ruang kerjanya yaitu panjang 105cm, lebar 85cm dan tinggi 135cm. Sehingga mesin potong ini sangat efisien untuk ruang kerja yang tidak terlalu luas atau dipindah tempatkan ke ruangan yang mengharuskan mesin berada di lantai atas.

Fitur Mesin:

Ada beberapa hal yang harus kita ketahui dari mesin potong Telson MP490ST ini. Selain kegunaannya untuk memotong, terdapat beberapa fitur yang memudahkan saat mengoperasikan mesin ini dalam hal kecepatan, presisi dan keamanan.

Nah berikut adalah beberapa fitur dan kelebihannya:

  1. double poros

Pengertian dari double poros adalah sebagai penggerak kertas maju dan mundur. Semua mesin potong memiliki poros. Namun kebanyakan mesin potong kertas, hanya memiliki 1 poros. Kekurangan mesin potong yang memiliki 1 poros dapat memungkinkan kertas yang digerakkan miring.

Gambar: Motor poros

Untuk mesin potong Telson MP490ST ini sudah dimaksimalkan dengan dilengkapi 2 poros. Pada bagian besi yang digunakan untuk mendorong kertas, dikunci oleh poros yang ada di kiri dan kanan. Keuntungan memiliki 2 poros ini membantu hasil potong menjadi sama dan presisi.

  1. Double motor

Double motor pada mesin potong Telson MP490ST adalah motor press dan motor pisau yang terpisah. Motor press digunakan untuk menekan kertas atau buku agar tidak bergeser, sedangkan motor pisau digunakan untuk memotong kertas tersebut agar rapih dan presisi.

Gambar: Double motor


Kita ketahui saat memotong kertas membutuhkan presisi dan kerataan yang harus dijaga. Tekanan press kertas dan tekanan potong kertas tentu juga berbeda, karna itu mesin potong Telson MP490ST ini memiliki double motor agar setiap motor dapat bekerja secara maksimal.

Gambar: Motor Pisau

Kelebihan motor pisau pada mesin potong Telson MP490ST :

  1. Arah turun pisau, cara kerja motor pisau saat memotong adalah miring. Cara kerja seperti ini membuat tekanan pada mesin potong lebih ringan dan hasil lebih maksimal.
  2. Setting kedalaman pisau, kemudahan saat setting kedalaman pisau bisa diatur pada bagian lubang yang terdapat diatas mesin dengan menggunakan kunci L. Kemudahan ini juga menghemat waktu tanpa harus membongkar mesin.
  3. Tuas setting, penggunaan pisau tanpa perawatan yang rutin dapat membuat sisi salah satu pisau tumpul. Kemudahan setting saat pisau tumpul dapat diatur dibagian kanan dan kiri pada bagian yang tumpul saja.

Selain memiliki kelebihan, motor pisau juga dilengkapi dg safety modul. Untuk usia mesin potong yang cukup lama dipakai biasanya akan terjadi kerusakan secara mekanik pada mesin. Seperti AS pada pegangan pisau patah, pisau yang tiba-tiba saja jatuh tentu akan membahayakan. Motor pisau yang dilengkapi safety modul yaitu pengait pisau secara otomatis akan menahan AS pegangan pisau yang patah, sehingga secara otomatis pisau tidak akan turun secara tiba-tiba.

  1. roda penggerak kertas

Meja pada mesin potong yang memiliki lebar 49cm ini, dilengkapi dengan roda penggerak kertas sebanyak 8 roda. Roda ini difungsikan untuk menggeser kertas atau buku yang akan dipotong. Adanya roda ini akan memudahkan media kertas atau buku untuk digeser.

Gambar: Roda penggerak kertas
  1. Layar Touchscreen

    Mesin Potong Telson MP490ST dilengkapi dengan layar touchscreen untuk memudahkan saat input ukuran. Layar touchscreen membuat mesin terkesan profesional. Selain itu lebih simple dan respon pada mesin juga cepat.

Gambar: Layar LED

            Respon mesin yang cepat pada layar touchscreen ini ditunjukkan dengan adanya 3 mode program yang bisa diatur pada Mesin Potong Telson MP490ST. Berikut adalah 3 program pada mesin potong:

  1. Mode Manual 

Mode ini hanya dapat menginput 1 ukuran saja biasanya digunakan untuk memotong kertas.

Gambar: Mode Manual
  1. Mode Aliquote Cutting

Mode ini dapat menginput 2 ukuran, biasanya digunakan untuk memotong sisi-sisi pada bagian buku yang akan dipotong.

Gambar: Mode Aliquote Cutting
  1. Mode Auto Program

Mode ini dapat menyimpan lebih banyak input ukuran. Memiliki 99 memory dan dapat diinput hingga 12 ukuran.

Gambar: Mode Auto Program
  1. Presisi

    Mesin Potong dapat dikatakan unggul jika memiliki akurasi, kerataan dan presisi yang tepat. Mesin Potong Telson MP490ST ini dapat memotong secara presisi hingga ukuran 0.3mm. Memiliki kerataan yang sama dari kiri sampai kanan.

Gambar: Hasil potong 0.3mm
  1. Daya Tahan Sparepart

    Keunggulan dari Mesin Potong Telson MP490ST ini memiliki fitur Sensor. Sensor adalah perangkat yang digunakan untuk mendeteksi perubahan besaran fisik seperti tekanan, kecepatan, gerakan dan fenomena lainnya.

       Gambar: Sensor

    Dalam hal ini sensor akan mendeteksi adanya gerakan tangan yang melewati sensor tersebut. sensor terletak pada bagian kiri dan kanan mesin, jika ada tangan melewati sensor maka secara otomatis mesin akan berhenti bekerja. jadi mesin ini sangat aman.

    Sensor sendiri ditandai dengan angka 0,1,2,3,4,5. hal ini digunakan untuk kemudahan  saat service. Jika ada salah satu angka sensor yang tidak nyala karna massa waktu, maka hanya bagian sensor yang tidak nyala saja yang harus diganti. Kemudahan ini dapat menghemat biaya tanpa harus mengganti semua bagian sensor.

    Itu tadi adalah penjelasan tentang spesifikasi, fitu dan keuntungan dari Mesin Potong Telson MP490ST. Untuk kalian yang ingin memulai usaha percetakan mungkin mesin ini bisa menjadi rekomendasi untuk usaha kalian.

×