Selain memudahkan masyarakat dalam berbelanja, perkembangan teknologi di era modern seperti sekarang juga memungkinkan bagi para pengusaha untuk menjalankan bisnisnya secara online. Saat ini tidak sedikit para pengusaha yang merasakan keunggulan bisnis online dalam memasarkan usahanya.

Tak heran jika kini banyak orang yang tertarik mengembangkan bisnisnya melalui media online seperti menggunakan media sosial atau website. Namun perlu diingat walau ada banyak keunggulan bisnis online tapi seperti usaha offline pada umumnya, ada juga kelebihan dan kekurangan bisnis online yang bisa dialami oleh para pengusaha.

Nah, sebagai pertimbangan dan menyiapkan Kalian dalam membuat usaha online berikut ulasan singkat mengenai kelebihan dan kekurangan bisnis online, serta beberapa jenis usaha digital printing yang bisa dilakukan secara daring yang dapat dijadikan inspirasi.

Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Online

Dalam menjalankan usaha secara daring ada beberapa kelebihan dan kekurangan bisnis online yang perlu diketahui oleh para pengusaha, antara lain;

Keunggulan bisnis online yang pertama adalah lebih fleksibel dalam urusan jam kerja. Saat menjalankan usaha secara offline, pastinya Kalian memiliki waktu operasional tertentu. Sementara melakukan bisnis secara daring tidak dibatasi oleh waktu, sehingga Kalian tidak perlu terikat dengan jam operasional kerja lagi. Waktu kerja yang fleksibel ini memungkinkan Kalian untuk mengatur jam kerja sendiri.

Keunggulan bisnis online yang bisa dilakukan kapan saja ini pun juga dapat dimanfaatkan bagi pekerja kantoran. Pasalnya Kalian bisa menjalankan usaha di sela-sela waktu senggang yang ada. Selain itu karena tidak terikat dengan waktu kerja seperti bisnis offline pada umumnya, maka Kalian pun tetap bisa menerima dan mengerjakan pesanan konsumen pada hari libur. Tentu saja hal ini memungkinkan Kalian untuk mendapat penghasilan yang lebih banyak.

Keunggulan bisnis online berikutnya adalah modal yang lebih terjangkau. Dibandingkan dengan menjalankan bisnis secara offline, kelebihan bisnis online yang paling tampak jelas perbedaannya adalah terletak pada modal yang diperlukan. Untuk usaha offline, para pengusaha tentu membutuhkan tempat usaha. Entah membeli atau menyewa tentunya hal ini membuat Kalian perlu merogoh kantong lebih dalam. Apalagi jika Kalian ingin membuat usaha di lokasi yang strategis, bisa dipastikan jika harga sewa tempat tersebut akan lebih tinggi.

Namun bila Kalian menjalankan bisnis secara online, maka Kalian bisa menjadikan rumah sebagai tempat usaha sehingga tidak perlu mengeluarkan dana lebih untuk menyewa tempat. Alokasi dana yang ada pun bisa digunakan dengan maksimal untuk membeli perlengkapan untuk menunjang bisnis.

Kelebihan ketiga dari bisnis online adalah dapat menjangkau lebih banyak konsumen. Untuk membuat sebuah usaha semakin berkembang dibutuhkan jangkauan pemasaran yang luas guna menggaet lebih banyak konsumen. Dengan bisnis online Kalian dapat dengan mudah menjangkau konsumen di berbagai tempat. Untuk memasarkan usaha pun tidak sulit, Kalian cukup memanfaatkan sosial media yang ada untuk memperkenalkan produk maupun jasa yang ingin ditawarkan pada konsumen, dengan begitu konsumen pun dapat dengan mudah menghubungi Kalian dimanapun dan kapanpun.

Sedangkan untuk kekurangan menjalankan bisnis secara daring yang pertama adalah sangat bergantungnya usaha dengan jaringan internet. Untuk memastikan usaha yang dijalankan berjalan dengan maksimal maka Kalian perlu selalu terhubung dengan internet. Selain itu koneksi internet yang stabil sangat dibutuhkan dalam bisnis ini, terutama apabila usaha Kalian bergerak dibidang jasa seperti industri percetakan yang semua proses pengerjaan dilakukan secara online.

Kelebihan dan kekurangan bisnis online yang kedua adalah faktor kepercayaan dari masyarakat. Pasalnya saat ini masih cukup banyak orang yang ragu untuk membeli barang atau menggunakan jasa secara daring. Oleh karena itu sangat penting untuk membangun serta menjaga kepercayaan dari konsumen agar usaha dapat terus eksis bahkan berkembang besar.

Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan bisnis online, Kalian pun lebih banyak memiliki informasi guna mempersiapkan usaha dengan lebih matang. Dengan begitu, Kalian dapat memaksimalkan keunggulan bisnis online secara optimal.

Jenis Usaha Online yang Menjanjikan

Selain perlu mengetahui kelebihan dan kekurangan bisnis online, Kalian juga patut mencari tahu jenis usaha online apa yang menawarkan peluang besar. Seperti yang diketahui saat ini ada begitu banyak jenis usaha yang mulai memasuki dunia digital. Bisnis online ini pun tidak hanya bisa dilakukan oleh mereka yang menjual barang saja, bagi Kalian para pengusaha yang menyediakan jasa juga bisa melakukan hal ini. Salah satu contohnya adalah usaha percetakan online. Yup, bisnis online dalam bidang digital printing bisa menjadi pilihan yang menjanjikan, lho. Berikut ini merupakan beberapa jenis usaha percetakan yang bisa dijadikan ide bagi Kalian yang ingin memulai bisnis online.

  • Undangan

Meskipun saat ini undangan digital sudah mulai digunakan, namun undangan cetak masih banyak diminati karena dianggap lebih formal. Bagi Kalian yang mencari peluang usaha di bidang digital printing, jasa cetak undangan bisa menjadi peluang yang cukup besar. Keunggulan bisnis online percetakan undangan terletak dari semakin banyaknya minat masyarakat untuk menggunakan jasa cetak undangan secara online. Pasalnya konsumen tidak perlu repot pergi ke tempat percetakan, mereka hanya tinggal mengirimkan desain undangan yang diinginkan melalui email dan pemilik percetakan pun tinggal mencetaknya pada media yang digunakan untuk undangan.

  • Pin atau Gantungan Kunci

Peluang bisnis cetak pin atau gantungan secara online sangat menjanjikan. Banyak instansi maupun perusahaan yang menggunakan pin sebagai salah satu identitas. Sedangkan gantungan kunci banyak dijadikan pilihan souvenir dalam berbagai acara. Keunggulan bisnis online percetakan pin ini juga terletak pada modalnya yang tidak terlalu besar. Selain itu alat yang digunakan untuk mencetak pin pun relatif sederhana dan terjangkau sehingga bisa dilakukan untuk bisnis online percetakan skala rumahan sekalipun. Di mana yang dibutuhkan adalah mesin press pin, laptop, dan juga printer. Proses pengerjaan pun juga cukup mudah, Kalian tinggal menerima desain yang diinginkan konsumen, mencetaknya, dan menempelkannya pada media pin.

  • Sablon Kaos

Baik instansi, perusahaan, maupun organisasi kerap membuat kaos secara massal bagi para anggota atau pegawainya. Maka dari itu usaha digital printing untuk sablon kaos cukup menjanjikan karena peminatnya yang makin banyak dari waktu ke waktu. Keunggulan bisnis online dalam industri digital printing ini tidak membutuhkan modal yang terlalu besar, karena ada berbagai macam mesin sablon dengan harga yang bervariatif. Kalian pun bisa memilih alat sablon sesuai dengan kebutuhan dan budget.

Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan bisnis online seperti yang telah dijelaskan, serta jenis usaha percetakan online apa saja yang menjanjikan maka Kalian tidak perlu bingung lagi dalam memulai bisnis. Pastikan pula untuk memilih peralatan dan mesin berkualitas dengan harga kompetitif di tempat yang terpercaya seperti di Maxipro.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *