Mana pilihan yang tepat, Mesin Offset Printing atau Mesin Digital Printing? Sebenarnya dari dulu sampai sekarang pilihan mesin cetak offset terbaik adalah mesin offset printing. Karena mesin ini menampilkan hasil cetakan berkualitas. Bahkan mesin ini bisa membuat usaha percetakan Anda selalu ramai.

Akan tetapi sebenarnya, seiring perkembangan teknologi saat ini. Mesin digital printing sekalipun bisa kondisikan hingga memberikan kualitas hasil cetakan tinggi. Bahkan kita sering melihatnya pada bisnis digital printing.

Mari kita bandingkan cara kerja antara mesin offset printing dan mesin digital printing beserta harga mesin cetak offset untuk mempertimbangkannya!

Cara Kerja Mesin Offset Printing

Mesin offset printing merupakan sebuah mesin cetak offset yang biasanya bekerja untuk menghasilkan volume percetakan tinggi. Prinsip kerjanya memakai film atau plate aluminium yang berisi master atau gambar induk untuk dicetakkan ke dalam sebuah media. 

Pada proses cetakan sendiri, plate aluminium tidak mengenai media secara langsung, namun dengan memakai perantara blanket tujuannya yaitu untuk melindungi atau menjaga media terhadap paparan warna yang berlebihan.

Dalam 1 buah plate sendiri terdiri atas 1 buah dokumen dengan 1 warna. Sehingga jika Anda memakai banyak warna pada sebuah dokumen, Anda pun akan membutuhkan plate lebih banyak. Mengenai kualitas dan harga mesin cetak offset sendiri memang cukup bersaing, karena mampu menghasilkan kualitas yang tinggi, ketajaman warna, tahan lama dan juga  tingkat akurasi yang baik.

Berbeda dengan cara kerja mesin digital printing. Kita mungkin pernah mencetak surat penawaran kerja di kantor menggunakan mesin printer. Jadi cara kerja mesin digital printing ini sebenarnya 100% sama seperti mesin printer yang ada di kantor atau di rumah Anda. Perbedaannya dengan mesin offset printing adalah bisa bekerja dalam jumlah yang banyak, lebih cepat, dapat menghasilkan warna yang lebih tajam dan juga lebih akurat.

Waktu Proses Pencetakan

Sebelum melihat harga mesin cetak offset dan mesin digital, tentu saja kita harus tahu lamanya proses pencetakan kedua alat percetakan tersebut. Pada mesin cetak offset sendiri membutuhkan waktu yang cukup lama dan cukup panjang untuk percetakan. Hal yang perlu Anda lakukan pertama kali ialah memindahkan file yang ingin Anda cetak melalui settingan CMYK.

Proses printing atau percetakan melalui tahapan yaitu pembuatan plat pada tiap-tiap warna yang terdapat pada desain. Lalu, tinta basah akan membubuhi plat-plat ini kemudian tunggu sampai mengering selama kurang lebih 1 hari. 

Kemudian bisa melakukan proses pencetakannya pada objek kertas. Jika ada yang salah dalam file atau berkas, maka butuh plat baru dengan harga lebih mahal. Ini tentu membuat harga mesin cetak offset lebih mahal.

Lain halnya dengan mesin cetak offset, mesin digital printing memerlukan proses percetakan yang lebih efisien dan cepat. Salah satunya ialah proses pencetakan pada alat ini tidak memerlukan plat, jadi bisa mencetak desain melalui file langsung tanpa perlu mengconvert atau mengubahnya ke dalam pengaturan CMYK terlebih dahulu. Selain itu, file bisa saja menggunakan settingan SPOT atau RGB.

Biaya dan Jumlah Cetakan

Selain waktu yang efisien, paling penting adalah Anda harus memikirkan budget yang akan Anda keluarkan untuk proses pencetakan. Inilah pentingnya mempertimbangkan harga mesin cetak offset dan mesin digital printing. Jika Anda memerlukan pencetakan berjumlah banyak di atas 5.000, maka pilihan terbaiknya ialah mesin cetak offset.

Sementara jumlah cetakan mesin digital printing sendiri lebih bersifat kustomisasi dari mulai pencetakan 1 pcs maupun seterusnya. Sementara digital printing memiliki sistem print on demand, ini artinya proses pencetakan sesuai kebutuhan user.

Memakai mesin offset printing maupun digital printing, tentu saja menawarkan kekurangan dan kelebihan masing-masing. Jadi untuk memilih terbaik sesuai dengan kebutuhan. Selain memakan waktu lama, pengerjaan percetakan untuk mesin offset printing memerlukan biaya sangat besar jika pencetakan hanya berjumlah kecil.

Maka dari itu, harga mesin cetak offset umumnya untuk printing berjumlah besar di atas 500 set. Sebenarnya mesin cetak offset sendiri masih menawarkan indikator kualitas utama, warna lebih konsisten dan akurat, hanya saja lebih baik untuk kapasitas lebih besar sehingga harga mesin cetak offset bisa lebih hemat.

Sementara pemakaian mesin digital printing sendiri,  meskipun prosesnya sangat gampang dan mudah, namun warnanya belum tentu bisa akurat sama halnya dengan kualitas mesin offset printing. Warnanya juga kurang konsisten jika saat mencetak dalam jumlah yang banyak. Ini karena teknologi dari mesin digital, yang semakin lama pengerjaannya akan semakin berkurang pula kualitas hasilnya.

Oleh karena itu, memerlukan maintenance atau perawatan. Pemakaian mesin digital printing ini sebaiknya hanya untuk jumlah cetak yang tidak terlalu banyak saja. Tapi jika Anda memerlukan waktu proses pencetakan efisien dan cepat dengan biaya ekonomis, maka mesin digital printing bisa menjadi solusinya.

Lalu, manakah yang paling tepat? Baik itu memilih mesin digital printing maupun offset printing, semuanya dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan. Jika memerlukan pencetakan dalam jumlah besar dengan waktu yang cukup lama. Mesin offset bisa menjadi pilihan tepat. Tapi, jika memerlukan kuantitas printing lebih sedikit dengan waktu lebih efisien dan cepat, digital printing adalah pilihan utama.

Distributor Mesin Printing di Maxipro

Maxipro adalah salah satu distributor mesin printing terbaik sebagai solusi tepat untuk percetakan digital. Maxipro menawarkan banyak pilihan mesin printing terbaik. Salah satunya ialah Mesin Creasing Digital 355ZMH.

Mesin ini memberikan perforasi atau garis lekukan pada brosur, kertas undangan , katalog serta yang lainnya. Mesin ini dapat menghasilkan tekukan tidak pecah, lebih  rapi dan juga presisi. Sehingga sangat cocok untuk industri printing berskala industri maupun perusahaan digital printing.

Anda bisa memadukan mesin digital printing dengan mesin creasing agar membuatnya lebih efisien dan efektif. Memakai mesin Creasing Digital 355ZMH yang tidak menghabiskan biaya produksi lebih banyak dan canggih. Bahkan bisa menandingi kualitas harga mesin cetak offset. Menawarkan proses operasi lebih gampang, setting digital yang lebih akurat, presisi dan juga cepat.

Fitur andalan mesin Creasing Digital 355ZMH ialah seluruh operasi dilakukan lewat LCD panel. Dimana mesin tersebut bisa memberikan tekukan dalam jumlah creasing sampai 16. Membuat proses pengerjaan creasing dengan kecepatan 30-50 lembar tiap menit. Bisa dipakai pada ketebalan kertas mencapai 310 gsm. Telah dilengkapi oleh 2 mata pisau, yakni perforasi dan creasing sehingga bisa melakukan porporasi dan creasing sekaligus.

Tentukan pilihan mesin printing sekarang juga di Maxipro sesuai dengan kebutuhan Anda. Dapatkan harga terbaik dan pastikan Anda berkonsultasi untuk mendapatkan mesin yang paling sesuai kebutuhan Anda. Segera hubungi CS (Customer Service) kami sekarang juga yang siap menjawab pertanyaan Anda!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *