Cara Membuat Kartu Nama Yang Bagus

kartu-nama-emboss-laminas-laminating

Kartu nama yang baik itu seperti apa sih? Kartu nama yang baik adalah kartu nama yang bisa menggambarkan bisnis kalian atau perusahaan tempat kalian bekerja. Memang tidak mudah, namun sangat memungkinkan. Kartu nama yang baik adalah kartu nama yang dapat meninggalkan kesan mendalam bagi si penerima. Oleh karena itu, desain kartu nama tidak bisa didesain sembarangan.

Gambar: Contoh kartu nama

    Pada abad ke-15 di Cina, perkembangan percetakan mengalamai kenaikan dan hal ini pula yang mengawali lahirnya sejarah kartu nama sebagai sarana sosial (social card). Pada saat itu, masyarakat cina menggunakan kartu nama sebagai undangan khusus kalangan atas untuk menghadiri acara.

    Namun, seiring berjalannya waktu, kartu nama berubah dari segi fungsi, ukuran dan desain. Semakin majunya teknologi percetakan, bermunculan juga etika bertukar kartu nama. Dari segi desain, kartu nama semakin modern dan stylish, hal ini bertujuan agar berkesan dihati orang yang menerima kartu nama.

    Apakah bisnis kalian atau tempat kerja kalian sudah memiliki desain kartu nama yang keren? Jika belum Maxipro.co.id akan mengulas cara membuat kartu nama yang profesional. Bagi kalian yang kurang tau cara membuat kartu nama ini topik yang bagus untuk kalian pelajari, yang akan kita lakukan untuk membuat kartu nama adalah:

1. Memilih Bentuk Kartu Nama

Pilih bentuk kartu nama kalian, bentuk yang membuat kartu nama keren dan kartu nama unik dari yang lain sehingga menarik kesan dari orang lain. Banyak bentuk yang dapat kalian pilih seperti sudutnya dipotong kecil, atau juga membuat bagian sudut atau sisi melengkung seperti bulat.

Gambar: Contoh bentuk kartu nama

Bagaimana caranya? Kalian dapat membeli mesin kartu nama di Maxipro.co.id. Buatlah desain kartu nama kalian sendiri, yang pas untuk saku atau dompet customer.

2. Memilih Ukuran Background

Selanjutnya menjadi sangat esensial karena ukuran background mempengaruhi ide desain yang akan di buat. Namun ukuran juga bergantung dari standart negara yang berarti setiap negara memiliki standart ukuran kartu nama yang berbeda. 

Gambar: Contoh ukuran kartu nama

Ada pun 3 faktor yang harus diingat selain ukuran tersebut yaitu:

  1. Area luar (bleed area) : Bagian paling luar yang memungkinkan untuk dihilangkan
  2. Garis pemotongan (Trim Line) : Jarak garis yang ingin dipotong dari ukuran kartu nama
  3. Garis keamanan (Safety Line) : Jangan membiarkan potongan melewati garis tersebut, karna didalam garis terdapat kontak info dan logo perusahaan

3. Tambahkan Logo Anda Dan Gambar Lain

Dalam pembuatan kartu nama, memasukkan logo perusahaan merupakan simbol bisnis perusahaan kalian. Pada umumnya logo berada dibagian tengah kartu nama dan boleh juga ditambah gambar lain untuk mendukung visual produk ke customer.

Gambar: Contoh posisi logo kartu nama

4. Tambahkan Isi Info

Setelah bagian desain, ini juga menjadi sumber yang paling esensial yaitu info perusahaan seperti kontak, websitenya atau lain-lainnya, seperti ;

  • Nama Pribadi
  • Nama Perusahaan
  • Gelar Di Pekerjaan
  • Nomor telpon
  • Alamat Email
  • Website URL
  • Sosial Media Seperti Instagram,Whatsapp,Line dsb
  • Alamat Tempat
  • QR Code

5. Pilih Desain Tipografi 

Desain tipografi (typography) adalah seni cetak atau tata huruf, suatu kesenian, teknik memilih atau menata huruf dengan pengaturan pada ruang yang tersedia, untuk menciptakan kesan tertentu, guna memberikan kenyamanan membaca semaksimal mungkin.

Desain tipografi juga bersangkutan dengan kesan kartu nama kepada customer. Untuk mendapatkan kesan yang bagus kepada customer, desain tipografi ini dipecah menjadi 3 bagian, yaitu;

Ukuran; menjadi salah satu elemen penting untuk menaruh ide, maka pilihlah ukuran yang pas

Font; ini juga keunikan agar customer dapat membaca tulisan dengan variasi-variasi tertentu, jangan membuat font yang berlebihan sehingga susah untuk dibaca

Warna; warna juga mempengaruhi keunikan dari kartu nama karena jika terlihat bagus maka akan enak dilihat

6. Tambahkan Jenis Finishing

Gambar: Contoh finishing kartu nama

Salah satu poin juga yang akan mendukung kartu naa dengan menambahkan beberapa hasil finishing agar menjadi lebih unik, seperti Embossing, Letter Pressing, Foil Stamping dan Spot UV Coating klik disini.

7. Cek Ulang Pembuatan Kartu Nama

Ini bagian yang sering dilupakan yaitu revisi, atau cek ulang apakah kartu nama yang sudah kalian desain sudah menarik atau tidak, berikan kepada rekan, saudara atau keluarga untuk mereka beri nilai. Apakah sudah menarik atau belum, jika sudah maka kartu nama siap untuk diproduksi.

Itu saja dari pembahasan kita tentang cara membuat kartu nama yang profesional. Semoga ini sangat membantu kalian memproduksi kartu nama yang lebih baik dan bagus agar kartu namanya terjual tanpa sia sia.

×