Digital Printing, Metode Percetakan Masa Kini!

proses-laminasi

Pada artikel sebelumnya kita telah membahas tentang Pengertian dan Perbedaan Offset dan Digital Print. Kali ini Maxipro akan membahas lebih detail tentang digital printing. Maxipro adalah sebuah perusahaan dimana menjual berbagai produk untuk kelengkapan cetak dan berbagai macam mesin finishing khususnya untuk digital printing.

Kita ketahui saat ini kebutuhan akan jasa percetakan seakan tidak ada habisnya dan bahkan semakin meningkat, hampir semua bidang kehidupan membutuhkan jasa dari percetakan ini. Walaupun sudah memasuki era digital, kita masih saja sering menemukan banyak sekali produk cetak seperti kartu nama, pamflet, brosur, poster, atau papan iklan di jalanan kota. Ada pula yang dicetak pada media lain, antara lain gelas, cetak flyer, piring, bantal, jam dinding, kaos, Pin, ID Card, dan masih banyak lagi lainnya.

Karena teknologi percetakan semakin canggih, hal ini membuat banyak orang ingin membanting setir ke dunia bisnis percetakan digital printing. Digital printing adalah sebuah metode percetakan dari gambar berbasis digital berupa file yang kemudian bisa langsung dicetak ke berbagai media dengan instan dan cepat. Cetak digital merupakan hasil perkembangan metode cetak konvensional yang muncul di era digital seiring kemajuan teknologi dunia.

Cetak Digital

Gambar: Digital Printing

Umumnya cetak digital memiliki biaya produksi lebih tinggi persatuannya, dibanding metode cetak offset dan screen printing atau sablon. Akan tetapi kelebihan yang dimiliki cetak digital yaitu tidak memerlukan proses pra-cetak seperti pembuatan film, plat cetak (offset) dan afdruk screen (sablon). Proses yang dilalui cetak digital ini sangat ringkas dan dapat mencetak dalam waktu yang sangat cepat, sehingga banyak percetakan yang menggunakannya untuk proses pengerjaan cetak berskala kecil.

Digital Printing Memiliki Kualitas Cetak Lebih Bagus

Gambar: Hasil Digital Printing

Teknologi cetak digital memang jauh lebih bagus dari jenis cetak yang lain. Hal ini dikarenakan gambar dan desain yang akan dicetak dan disempurnakan dengan mesin digital sebelum dicetak. Desain yang dicetak berbentuk file sehingga nantinya dapat dicetak secara instan. Hasilnya akan jauh lebih rapi, warnanya pun jelas dan tidak mudah pudar.

Baca juga: 4 JENIS TINTA ANTI LUNTUR YANG WAJIB ANDA KETAHUI!

Selain kualitas cetak yang lebih bagus, keunggulan dari metode cetak digital adalah tidak memakan waktu yang lama. Teknologi cetak ini disukai karena lebih fleksibel dan dapat digunakan di banyak bidang dan media. Tak hanya dapat mencetak desain pada media kertas, plastik dan kain saja tapi juga juga diatas bidang keras contohnya gelas, mugs, atau piring.

Kelebihan Digital Printing :

  • Waktu Produksi Jauh Lebih Cepat
  • Bisa Mencetak / Print jumlah sesuai keinginan tanpa harus ada Minimal Order, bahkan untuk mencetak dalam satuan.
  • Proses Produksi Mencetak lebih Ringkas, dan Hasil Cetak berkualitas
  • Tenaga Kerja yang lebih sedikit karena Proses Produksi yang lebih sedikit.
  • Proses Kerja yang tidak Rumit, sehingga mudah dilakukan meski oleh Pemula dalam Bisnis cetak printing.

Meskipun cetak digital memiliki banyak kemudahan namun teknologi ini masih memiliki banyak kekurangan. Maxipro hanya menyediakan mesin finishing untuk menyempurnakan hasil cetak digital. Tidak semua dapat mendapatkan mesin digital printing dengan kualitas hasil cetak yang sama, terlebih harganya pun berbeda-beda. Untuk memudahkan kalian mencari dalam mencari mesin baca juga Mesin Percetakan Dari China? Beli Baru atau Bekas?

Kekurangan Bisnis Digital Printing :

  • Dalam Hitungan Satuan Cost Produksi lebih tinggi dibanding Percetakan Offset / Sablon.
  • Alur Kerja yang cukup Mudah, Ringkas dan Sederhana membuat banyak Pelaku Usaha yang melirik Bisnis Digital Printing ini sehingga memunculkan Persaingan yang cukup tinggi di Bidang ini.

Itulah informasi singkat mengenai teknologi digital printing yang saat ini semakin menjamur. Bisnis percetakan memang akan memberi banyak keuntungan apalagi kebutuhan manusia akan produk cetak kian meningkat. Namun apa bagusnya hasil cetak tanpa finishing yang mendukung. Untuk mendapatkan mesin finishing lengkap hanya di Maxipro.co.id.

×