Jenis Media Cetak di Indonesia !

mengenal-jenis-printing-publishing-indonesia

Apa yang kalian pikirkan ketika mendengar kata printing? Orang kerap mengaitkannya dengan produk percetakan seperti kartu nama atau stiker, itu memang benar. Selain ada jenis printing kaitan yang lain adalah publishing. Publishing adalah industri mencakup pencetakan juga seperti buku hingga berbagai media, serta publikasinya berkembang memiliki pasar yang tidak pernah mati di tengah digitalisasi. Dari sekian banyak media cetak yang ada, apakah kalian mengetahui secara pasti definisi dan karakternya? Informasi berikut akan membantu kalian untuk memahami lebih dalam tentang percetakan.

Surat Kabar

kelebihan-dan-kekurangan-media-cetak-koran
kelebihan-dan-kekurangan-media-cetak-koran

Surat kabar atau biasa kalian sebut koran, diambil dari bahasa Belanda “krant”. Surat kabar atau koran dicetak dengan tinta hitam diatas kertas berkualitas rendah, untuk menekan harga. Berita yang dimuat pun beragam dari mulai olahraga, ekonomi hingga properti.

Untuk ulasan lebih lengkapnya kalian bisa membaca Fungsi Surat Kabar Untuk Promosi.

Tabloid

Tabloid adalah versi kecil dari surat kabar yaitu ukuran umumnya sekitar 29cm x 42cm. Isi berita yang dimuat tidak seserius surat kabar dengan jadwal terbit lebih lama, bisa 2 mingguan atau bulanan. 

Majalah

kelebihan-dan-kekurangan-media-cetak-booklet-majalah
kelebihan-dan-kekurangan-media-cetak-booklet-majalah

Media cetak yang satu ini menggunakan kertas glossy dan teknik cetak berkualitas dengan warna warni yang menarik mata. Bagian iklan pada majalah bisa dibuat dalam berbagai ukuran serupa dengan koran.

Baca juga: Pengertian dan Fungsi Booklet | Mesin Booklet Rapid

Buletin

Buletin adalah publikasi yang yang mengangkat perkembangan suatu topik atau aspek tertentu dan diterbitkan/ dipublikasikan secara teratur dalam waktu yang relatif singkat. Buletin ditujukan kepada khalayak yang lebih sempit, yang berkaitan dengan bidang tertentu saja.

Publikasi menggunakan buletin biasanya dilakukan oleh perusahan atau organisasi untuk memberi informasi, mengedukasi, mempengaruhi sekaligus menghibur pembacanya yang berada di lingkup internal. Buletin tidak dijual bebas, tetapi setiap perusahaan pasti memilikinya.

Dari keempat jenis media cetak di atas, surat kabar memegang peranan penting dalam sejarah Indonesia. Sekarang kalian sudah memahami masing-masing perbedaan media cetak. Publishing adalah media cetak yang berisikan informasi, berita dan edukasi. Sedangkan Printing adalah sebuah proses untuk menghasilkan teks dan gambar dengan tinta di atas kertas dengan menggunakan template.

Dari penjelasan diatas, mana media cetak yang sering kalian gunakan?

Baca juga:

Bagaimana Cetak Katalog Produk yang Baik?

Tips Mencetak Buku untuk Pemula | Berapa Biayanya?

×