Berniat Memulai Bisnis Usaha Percetakan? Ikuti Tips Berikut Ini

budget-untuk-pencetak-pemula

Apa kalian sudah membaca pembahasan sebelumnya tentang Keunggulan Usaha Percetakan Rumahan. Jika kalian tertarik dan ingin berbisnis usaha percetakan khususnya. Maka kalian wajib memperhatikan ini sebelum memulai usaha. Hal tersebut Maxipro uraikan sebagai berikut:

Jenis Jasa

Hal utama yang harus ditentukan sebelum memulai usaha percetakan rumahan adalah menentukan layanan jasa percetakan yang ditawarkan. Pada awal usaha, ada baiknya kalian fokus pada satu atau dua jenis jasa yang saling berhubungan. Contohnya, cetak dokumen (brosur, booklet, flyer) dan cetak foto saja. Karena kedua usaha ini memiliki ketertarikan dan tidak membutuhkan alat pendukung lain. Singkatnya hanya menggunakan satu printer saja cukup.

Berbeda jika membuka usaha cetak dokumen dengan sablon kaos. Jika kalian memilih jenis usaha berbeda, kalian memerlukan printer khusus untuk mencetak kaos. Hal ini tidak masalah jika memiliki dana lebih. Tapi jika kalian memiliki masalah pada dana, memilih dana cetak yang saling terkait adalah solusi terbaik. Setelah usaha berkembang pesat, kalian bisa merambah usaha cetak jenis lain.

Pemilihan Mesin

Tanpa disadari, pemilihan alat dapat mempengaruhi hasil cetakan. Tentu kualitas cetak dengan mesin ekonomis berbeda dengan cetak menggunakan mesin dengan budget mahal. Untuk mendapatkan keuntungan yang sebanding, lebih baik membeli mesin yang berkualitas di awal, bukan?

Karena kualitas cetak yang bagus pun menjadi kunci sukses sebuah usaha. Orang tidak akan segan membayar sedikit lebih mahal namun mendapatkan hasil cetak yang berkualitas tinggi. Hasil cetak yang bagus juga akan membuat usaha kalian semakin dikenal luas.

Baca juga: Cara memilih mesin digital printing yang benar

Harga Jual

Hal selanjutnya yang harus dilakukan adalah menentukan harga jual. Lakukanlah penelitian pasar terlebih dahulu untuk mengetahui harga yang dipatok pesaing. Hindari menggunakan harga terlalu rendah atau terlalu tinggi. Karena, harga yang terlalu rendah tidak hanya merugikan usaha percetakan kalian, tapi juga membuat persaingan menjadi tidak sehat. Sementara jika harga terlalu mahal, pelanggan akan berpikir dua kali untuk menggunakan jasa percetakan kalian.

Pelayanan

merawat-mesin-digital-printing
merawat-mesin-digital-printing

Untuk memikat hati konsumen, berikan pelayanan ekstra. Misalnya, jika pelanggan datang, pastikan untuk tersenyum atau bersikap ramah. Hal ini akan membuat pelanggan merasa dihargai, atau tawarkan bantuan jika pelanggan merasa kesulitan. Selain sikap yang baik, pastikan kalian menjaga kualitas produk dan selesai tepat waktu, meskipun terlihat sepele hal ini bisa meningkatkan kepuasan dan kepercayaan pelanggan.

Baca juga: 5 Tips Mencari Percetakan Online Murah & Terpercaya

Inovasi

Inovasi diperlukan agar usaha tetap berkembang meskipun banyak bermunculan usaha percetakan baru. Misalkan, jika kalian melayani cetak dokumen tambahkan dengan usaha lain seperti menjual keperluan alat tulis atau kertas percetakan. Kalian juga bisa menambahkan usaha fotokopi karena saat ini sudah banyak mesin printer dengan fitur yang lengkap seperti scan, fotokopi hingga cetak dokumen.

Promosi

Promosi adalah hal wajib yang harus diperhatikan. Ada banyak metode pemasaran yang bisa diterapkan. Sebuah usaha tidak akan mendapatkan hasil maksimal tanpa promosi. Kalian bisa memberikan gratis cetak satu kali dengan kuota tertentu.

Manfaatkan media sosial untuk mendatangkan pelanggan, cara ini dirasa ampuh untuk menjangkau calon pelanggan di seluruh daerah. Promosi melalui media sosial cocok untuk usaha percetakan rumahan karena tidak perlu mengeluarkan banyak biaya, kecuali kalian menggunakan pemasaran iklan berbayar.

Jika memiliki biaya lebih untuk promosi, jangan ragu untuk membuat website. Selain bisa digunakan sebagai media pemasaran usaha kalian, website akan membuat usaha kalian terlihat profesional. Secara tidak langsung kana meningkatkan juga kepercayaan pelanggan pada usaha jasa cetak yang kalian jalankan.

Baca juga: Cara Promosi Online Paling Ampuh Era Milenial

Jika kalian tertarik membuka usaha percetakan rumahan, semoga artikel ini dapat membantu menambah informasi dan mempermudah mewujudkan usaha kalian. Poin penting yang mendukung usaha percetakan diatas adalah pemilihan mesin yang profesional, untuk mendapatkan mesin finishing yang membuat hasil cetakan sempurna hanya di Maxipro.co.id.

Baca juga:

Peluang Bisnis Dirumah Aja Saat Pandemi COVID-19

5 Ide Usaha Kreatif Percetakan di Tahun 2020

Peluang Usaha Percetakan Modal Laptop untuk Pemula

×