Keberadaan mesin digital printing berkualitas sangat penting bagi Anda yang akan memulai usaha digital printing. Inilah alasan kenapa harus benar-benar selektif memilih mesin tersebut, karena akan berpengaruh pada kualitas hasil cetak. Serta berimbas pada kredibilitas dan kepercayaan pelanggan terhadap jasa digital printing Anda.

Tips Memilih Mesin Digital Printing Terbaik

Ada banyak pilihan dan harga mesin digital printing yang dijual di pasaran. Memilih alat digital printing terbaik memungkinkan usaha Anda tetap berkelanjutan dan selalu dipercaya pelanggan. Berikut pertimbangan memilih mesin digital printing terbaik untuk Anda:

Siapa Pangsa Pasar Anda?

Ada beberapa target pasar yang bisa dituju dan terdiri atas beberapa pilihan kategori umum berikut :

  • Perusahaan, misalnya perusahaan perbankan, Telekomunikasi, Properti dan lainnya.
  • Pemerintahan, misalnya untuk keperluan PEMDA, Pilpres, Pilkada dan lainnya
  • Retail, misalnya untuk perusahaan iklan, atau perusahaan percetakan yang tidak mempunyai mesin percetakan tapi mereka memiliki order/pesanan.
  • Masih banyak lagi.

Tiap-tiap pangsa pasar di atas mempunyai kebutuhan berbeda, misalnya saja iklan untuk keperluan Pilkada cenderung selalu mengutamakan jumlah cetak yang banyak dan berharga murah. Sementara iklan bagi perusahaan biasanya lebih fokus terhadap ketepatan waktu, kejelasan warna dan kualitas hasil cetak.

Maka dari itu, tiap-tiap segmen di atas memerlukan alat mesin digital printing berbeda tergantung dari kegunaannya. Jangan sampai salah memilih alat digital printing ini sehingga tidak sesuai dengan target market yang Anda bidik. Memilih mesin yang salah mengakibatkan pengembalian modalnya lebih lama bahkan dapat membuat usaha Anda merugi.

Kenali Kompetitor Anda

Harga mesin digital printing memang bukan faktor utama dalam pemilihannya, mengingat semuanya harus dipertimbangkan berdasarkan faktor penentu keberlangsungan usaha Anda. Oleh karena itu, sebelum memulai pastikan Anda mengetahui pesaing bisnis di sekitar.

Misalnya saja, jika pesaing Anda mempunyai mesin digital printing bertipe Head Seiko 510, supaya Anda bisa menyaingi kompetitor tentu saja bukan pilihan yang tepat jika memilih alat yang berteknologi sama. Anda harus memberikan pelayanan hasil cetak yang berbeda dan lebih unggul. Imbasnya, ini bisa mengurangi laba usaha yang Anda harapkan.

Lalu, bagaimana solusinya? Cari digital printing yang menawarkan kualitas lebih baik dengan resolusi cetak lebih halus , misalnya berteknologi Konica Minolta 512. Dengan penawaran harga yang sama oleh kompetitor, tentu saja bisnis Anda akan lebih mudah memikat pasar. Meskipun mungkin Anda harus merogoh kocek sedikit untuk membeli harga mesin digital printing lebih mahal.

Berapa Lama Modal Anda Kembali?

Dalam memilih mesin digital printing, hal yang tak kalah penting untuk dipertimbangkan ialah berapa lama Anda bisa mengembalikan modal. Bukankah tujuan berinvestasi alat digital printing yang Anda bangun untuk meraih keuntungan yang maksimal serta modal usaha Anda cepat kembali?

Jangan langsung tergiur dengan harga mesin digital printing yang mahal dan terkesan berlebihan karena mahal juga tidak menjamin kualitas. Hal ini juga bisa membuat investasi Anda menjadi berlebihan. Sekali lagi, yang harus ditekankan adalah kebutuhan segmen pasar Anda, jika ada harga mesin digital printing yang lebih murah tapi cocok dengan usaha Anda, tentu jangan berpikir lama-lama.

Misalnya saja, jika order pencetakan yang masuk belum begitu banyak, tentu pemilihan alat digital printing berkecepatan tinggi tidak terlalu penting. Satu hal yang pasti ialah servis atau pelayanan yang diberikan kepada pelanggan.

Kehalusan atau resolusi hasil cetak menjadi syarat mutlak mesin digital printing demi memikat pasar sekaligus meraih laba yang besar. Tidak sedikit pebisnis yang harus gulung tikar karena mereka hanya fokus terhadap hasil yang kurang berkualitas dengan harga murah. Alhasil, pelanggan enggan untuk menggunakan jasa mereka kembali.

Temukan Partner Bisnis yang Handal

Semua orang tentu ingin bisnis digital printing mereka berjalan dengan lancar bahkan bisa berekspansi serta berkelanjutan dalam waktu lama. Maka dari itu, penting sekali memastikan investasi usaha yang sudah Anda tanamkan bisa didukung oleh partner usaha yang bisa menawarkan layanan purna jual yang tepat waktu, menyediakan spare parts yang memadai saat dibutuhkan.

Anda bisa bertanya pada orang-orang atau pelanggan yang sudah pernah memakai layanan calon partner bisnis yang akan Anda pilih tersebut. Selain itu, pastikan memilih mitra distributor mesin digital printing yang langsung ditunjuk oleh pabrik produksi karena biasanya menawarkan teknologi beragam.

Mengecek Kondisi Mesin Langsung

Jika tips di atas lebih fokus terhadap kebutuhan bisnis Anda, setelah mendapat partner yang tepat, kini saatnya untuk mengecek mesinnya secara langsung. Silahkan datangi perusahaan alat digital printing. Periksa kondisi mesin, kemudahan dan kelengkapan spare part maupun yang lainnya. 

Jika perlu Anda bisa mendokumentasikan kondisi mesin tersebut. Sebaiknya jangan mengandalkan orang lain untuk mengecek kondisi alat digital printing, jadi harus Anda sendiri yang memastikannya. Selain itu, jangan ragu pula untuk bertanya langsung mengenai mesin digital tersebut kepada distributor alat digital printing.

Biasanya para distributor telah menyediakan teknisi untuk menjelaskan perihal alat-alat digital printing yang dijual. Selain itu, Anda bisa melakukan perbandingan kualitas dan harga mesin digital printing yang tersedia di perusahaan distributor.

Minta Teknisi Mencetak Sampel

Untuk meyakinkan kualitas hasil cetakan, Anda juga bisa meminta pihak teknisi untuk mencetak sampel. Selanjutnya silahkan periksa dan cek hasil cetakan tersebut dengan cermat. Anda bisa mencetak sampel memakai pass terendah lalu cermatilah kembali. Selain itu, jangan pernah ragu menanyakan berbagai hal yang tidak Anda ketahui ke teknisi tersebut.

Meminta Instalasi Mesin

Tidak ada salahnya jika Anda juga sekalian meminta instalasi kepada teknisi. Biasanya distributor resmi alat digital printing memang sudah menyediakan layanan instalasi kepada pelanggannya. Karena itu, Anda harus memilih distributor yang menyediakan layanan after sales services.

Rekomendasi Mesin Digital Printing Maxipro

Salah satu produk mesin digital printing dari Maxipro ialah Mesin Printer Foil 8025B. Mesin ini biasanya digunakan di kalangan industri digital printing. Bisa mencetak dengan menggunakan efek warna emas, maupun silver di permukaan karton atau kertas, seperti teks nama, teks undangan, kartu nama, kop surat dan lainnya.

Harga mesin digital printing ini Rp. 43.600.000 untuk menggunakannya tanpa memerlukan mata plat klise. Anda hanya perlu mendesain lewat corel draw lalu cetak memakai driver khusus mesin ini.

Nah, itulah beberapa faktor yang harus dipertimbangkan untuk memilih mesin percetakan terbaik untuk usaha Anda. Jika Anda sedang mencari distributor yang menawarkan kualitas dan harga mesin digital printing terbaik, Maxipro bisa menjadi partner andalan Anda. 

Kami adalah distributor alat percetakan yang menawarkan banyak pilihan produk, dari mesin  laminating, alat laminating, laminasi, mesin pemotong kertas, alat pemotong kertas, alat potong kartu nama dan masih banyak lagi.