Pernikahan merupakan suatu momen penting dan sakral bagi setiap pasangan. Dalam kehidupan masyarakat Indonesia sendiri dikenal memiliki beberapa prosesi pernikahan yang disesuaikan dari tradisi adat dan budaya dari daerah masing-masing. Salah satu prosesi menjelang pernikahan yang umumnya dilaksanakan, serta sudah dilestarikan turun-temurun adalah tradisi seserahan. Dalam tradisi ini pihak keluarga calon pengantin pria akan membawa serangkain barang yang ditempatkan di dalam kotak seserahan. Dan nantinya barang-barang tersebut akan diberikan kepada calon pengantin wanita.

Dari berbagai benda yang diberikan ketika prosesi seserahan, terdapat beberapa benda yang wajib ada dalam box seserahan. Di antaranya adalah seperangkat peralatan ibadah, perhiasan, seperangkat busana wanita, rangkaian produk kecantikan seperti makeup dan juga skin care, hingga buah-buahan. Benda-benda tersebut biasanya diletakkan di tempat seserahan yang telah dihiasi. Oleh karena itu biasanya saat akan mengadakan pernikahan, calon pasangan pengantin juga akan disibukkan dengan mencari kotak seserahan yang indah untuk membuat acara semakin berkesan.

Pengertian Kotak Seserahan

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bila acara seserahan merupakan salah satu proses yang penting dan selalu dilakukan saat menjelang pernikahan. Acara ini sendiri akan dilakukan pada saat hari pertunangan. Di mana calon pengantin pria beserta keluarga besar datang ke kediaman calon pengantin wanita guna meminta izin dan restu kepada kedua orang tua pengantin wanita untuk meminang anak perempuannya.

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, di dalam acara seserahan pihak pengantin laki-laki akan memberikan sejumlah benda yang terdapat di box seserahan. Masing-masing benda yang ada di kotak seserahan diketahui memiliki simbol dan makna yang mendalam. Misalnya kotak seserahan dengan isi peralatan ibadah memiliki makna bahwa dalam menjalin bahtera rumah tangga nanti diharapkan pasang pengantin dapat membangun keluarga yang taat dan rajin beribadah kepada Tuhan yang Maha Esa.

Kemudian untuk box seserahan yang berisikan perhiasan bermakna harapan agar nantinya rumah tangga yang dijalani akan penuh dengan berkat dan bersinar layaknya perhiasan. Lalu untuk tempat seserahan yang di dalamnya berupa pakaian memiliki makna sebagai pengingat kepada pasangan suami istri agar bisa menyimpan rahasia rumah tangga dengan baik. Dan seserahan berbentuk tas, sepatu, hingga produk kecantikan bermakna kesanggupan dari suami sebagai kepala rumah tangga untuk memenuhi kebutuhan keluarga dan juga istri. Sedangkan tempat seserahan yang berisikan buah-buahan merupakan simbol harapan agar rumah tangga yang dibangun bisa menjadi berkat bagi orang banyak.

Tips Memulai Usaha Kotak Seserahan

Jika dilihat dari peluang bisnis, memulai usaha tempat seserahan tampak memiliki peluang yang menjanjikan. Pasalnya di setiap tahunnya pasti tidak sedikit pasangan yang akan melangsungkan pernikahan, yang berarti mereka membutuhkan box seserahan untuk digunakan sebagai tempat seserahan. Oleh karena itu bagi Anda yang sedang berencana untuk membuat usaha sampingan, bisnis kotak seserahan bisa menjadi pilihan yang menarik. Namun sebelum memulai usaha tempat seserahan berikut beberapa tips yang bisa disimak.

  • Terus Asah Kreativitas untuk Membuat Desain Box Seserahan yang Unik

Kreativitas adalah poin yang sangat penting untuk menekuni bisnis tempat seserahan. Jadi Anda pun tidak boleh berhenti belajar dan mencari inspirasi berbagai desain box seserahan. Pasalnya tidak sedikit konsumen mencari kotak seserahan desain desain yang unik dan lain daripada yang lain agar tempat seserahan yang dipakai di acara pertunangan bisa terlihat lebih spesial. Jangan pernah lelah untuk berinovasi dengan bentuk maupun desain box seserahan, sehingga nantinya akan memberikan ciri khas tersendiri kepada bisnis tempat seserahan milik Anda.

  • Mengenal Berbagai Jenis Material untuk Kotak Seserahan

Selain mencari ide-ide desain kotak seserahan yang unik, maka Anda juga perlu untuk mencari informasi seputar bahan-bahan material apa saja yang biasa digunakan untuk membuat kotak seserahan. Dengan mengetahui berbagai jenis material yang digunakan, Anda pun akan lebih tahu bagaimana desain box seserahan terbaik yang sesuai dengan karakteristik material tersebut.

Pada umumnya kotak seserahan dapat dibuat dengan menggunakan karton board. Material untuk tempat seserahan ini merupakan jenis yang paling sering dipakai, karena harganya yang terjangkau serta lebih mudah untuk dibentuk sesuai keinginan. Kemudian juga ada tempat seserahan yang terbuat dari bahan akrilik. Jika ingin memberikan sentuhan mewah serta elegan pada hasil produksi box seserahan, maka Anda bisa membuat kotak seserahan dengan menggunakan akrilik.

  • Lakukan Promosi Mulai Dari Lingkungan Terdekat

Untuk membuat usaha tempat seserahan yang baru Anda rintis dikenal, maka tentu saja Anda perlu melakukan promosi. Langkah paling sederhana untuk mempromosikan usaha yang Anda miliki adalah dengan menawarkan jasa pembuatan kotak seserahan kepada orang terdekat, misal keluarga atau sahabat yang akan menikah. Kemudian Anda juga bisa meminta orang-orang terdekat Anda untuk membantu mempromosikan usaha box seserahan Anda kepada rekan-rekan mereka.

  • Menjaga Kualitas Hasil Produksi Kotak Seserahan

Supaya bisnis kotak seserahan Anda menjadi berkembang dan mendapatkan kepercayaan dari banyak konsumen maka tentu saja Anda perlu untuk konsisten dalam menjaga kualitas hasil produksi tempat seserahan. Bukan hanya dari segi material yang digunakan saja, maupun desain box seserahan. Tampilan potongan yang tepat, rapi, dan sempurna juga menjadi poin penting dalam memperoleh empat seserahant yang berkualitas.

Alat Pendukung untuk Membuat Kotak Seserahan

Supaya bisa mendapatkan hasil kotak seserahan yang berkualitas maka Anda bisa menggunakan beberapa mesin guna mendukung proses pembuatan kotak seserahan. Adapun jenis mesin yang perlu dipakai adalah Mesin Cutting V Maxipro. Mesin ini berfungsi untuk memotong berbagai bahan yang akan digunakan dalam membuat box seserahan, mulai dari karton board yang dikenal tebal, hingga akrilik sekalipun.

Mesin V Cut bekerja dengan menggergaji bagian garis yang diinginkan hingga kedalaman 1 cm sehingga nantinya material pun akan mudah ditekuk untuk bisa menghasilkan bentuk box seserahan yang sempurna. Dengan menggunakan mesin yang berkualitas layaknya Mesin V Cut Maxipro proses pengerjaan tempat seserahan pun akan berjalan dengan lebih mudah serta minim resiko kerusakan, dan juga lebih hemat waktu dan tenaga. Pasalnya mesin ini telah dilengkapi dengan berbagai fitur unggulan yang memudahkan dalam pengoperasiannya.

Mesin lainnya yang juga diperlukan untuk membuat box seserahan adalah mesin rigid. Rangkaian mesin rigid sendiri berupa beberapa jenis mesin finishing. Mulai dari mesin isolasi box, mesin lem panas, hingga mesin press. Penggunaan mesin-mesin tersebut akan memastikan bahwa hasil tempat seserahan akan rapi, kokoh, dan berkualitas tinggi sehingga dapat tahan lama.

Untuk menemukan berbagai mesin yang diperlukan dalam pembuatan kotak kemasan, Anda dapat membelinya di Maxipro. Mesin-mesin yang ada di Maxipro memiliki beragam jenis spesifikasi, memiliki garansi resmi, serta harga yang kompetitif sehingga dapat dipastikan kualitas dan durabilitasnya.