Industri percetakan merupakan salah satu bidang yang sangat memungkinkan untuk ditekuni sebagai usaha. Hal tersebut tak lain ada begitu banyak jenis jasa percetakan yang bisa dipilih seseorang yang ingin memulai bisnis. Tapi mungkin tidak sedikit orang yang beranggapan bahwa menjalankan bisnis dalam dunia digital printing membutuhkan modal yang besar. Namun hal tersebut tidaklah benar. Sebab ada berbagai jenis usaha jasa percetakan yang bisa dimulai dengan modal yang minim. Salah satunya adalah percetakan undangan.

Jika Anda tahu beberapa tips dan triknya, Anda dapat membuka usaha percetakan undangan dengan modal kecil sekalipun namun tetap bisa mendapatkan profit yang menjanjikan. Jenis percetakan undangan juga ada berbagai macam. Tapi bila Anda mencari budang percetakan undangan yang tidak lekang oleh waktu, maka usaha cetak undangan pernikahan adalah pilihannya.

Peluang Dari Usaha Cetak Undangan Pernikahan

Alasan mengapa bisnis cetak undangan pernikahan tidak sepi peminat cukup sederhana, karena tentu setiap tahun, bahkan hampir setiap bulan akan ada orang yang menikah. Selain itu walau undangan digital sudah mulai diminati, tapi mayoritas masyarakat masih lebih memilih mengirimkan undangan fisik secara langsung kepada orang-orang yang akan diundang. Pasalnya mengirim undangan secara langsung dianggap lebih sopan dan menghargai tamu undangan.

Oleh karena itu hingga saat ini pun masih banyak orang yang membutuhkan jasa percetakan undangan terutama cetak undangan pernikahan. Melihat dari hal tersebut tak salah bila cetak undangan pernikahan bisa menjadi usaha yang bisa dijalankan untuk jangka panjang, terutama jika Anda konsisten menjaga kualitas serta layanan jasa percetakan undangan yang Anda miliki.

Tips Memulai Usaha Percetakan Undangan Bagi Pemula

Bagi Anda yang tertarik untuk membuat usaha cetak undangan pernikahan, terutama apabila masih pemula dalam industri percetakan undangan ada beberapa tips yang dapat diikuti, di antaranya adalah;

  • Mencari Tahu Seluk Beluk Tentang Jasa Percetakan Undangan

Saat memulai sebuah usaha, Anda perlu terlebih dahulu informasi tentang seluk beluk bidang usaha yang akan digeluti. Hal ini bertujuan agar Anda benar-benar paham bagaimana cara menjalankan usaha tersebut dengan baik, serta bisa memberikan hasil terbaik dari pelayanan kepada setiap konsumen. Tentu saja hal ini juga perlu dilakukan dalam usaha percetakan undangan.

Dengan mengetahui berbagai informasi soal cetak undangan pernikahan maka Anda pun bisa mempersiapkan diri dengan lebih baik. Mulai dari persiapan modal, jenis promosi yang akan digunakan, hingga perlengkapan apa saja yang dibutuhkan dalam percetakan undangan.

  • Menyediakan Katalog Hasil Cetak Undangan Pernikahan

Saat Anda memutuskan untuk terjun ke bisnis cetak undangan pernikahan maka Anda harus mempersiapkan katalog percetakan undangan. Katalog merupakan sekumpulan contoh undangan dari beberapa jenis dan model. Sebagai permulaan, Anda bisa mempersiapkan 10 contoh cetak undangan pernikahan.

Bagi Anda yang masih bingung dengan desain cetak undangan pernikahan, Anda bisa mencari contoh hasil percetakan undangan dengan melakukan survey di tempat yang menjual blanko undangan, Atau juga bisa mencari ide melalui pinterest. Semakin banyak katalog yang disediakan, maka akan besar pula kesempatan usaha milik Anda menjadi refrensi tempat banyak orang yang butuh jasa percetakan undangan.

  • Memilih Material untuk Media Cetak Undangan Pernikahan

Hal lain yang perlu dipersiapkan saat memulai usaha percetakan undangan adalah menyediakan berbagai jenis kertas yang akan digunakan sebagai media cetak undangan pernikahan. Namun sebelum membeli material tersebut, pastikan Anda telah tahu dan paham dengan berbagai jenis kertas yang biasanya digunakan untuk undangan.

Ada beberapa jenis kertas yang umum dipilih sebagai media cetak undangan pernikahan. Contohnya adalah matt paper yang cukup banyak dipilih oleh calon pengantin. Jenis kertas yang ini ini sendiri cukup terjangkau. Meski begitu, hasil yang diberikan tetap memiliki kesan elegan karena memberikan tampilan yang glossy. Kemudian juga ada kertas art cartoon yang memiliki ketebalan yang cukup kokoh, undangan yang terbuat dari kertas ini bisa memberikan kesan mahal pada hasil cetak undangan pernikahan.

Lalu juga ada kertas aster yang akan menciptakan tampilan undangan dengan kesan eksklusif dan mewah berkat teksturnya yang halus. Selain ketika kertas tersebut masih ada banyak jenis kertas yang dapat digunakan dalam percetakan undangan.

  • Melakukan Berbagai Bentuk Promosi

Hal penting lainnya saat akan dan ketika menjalankan sebuah usaha adalah melakukan promosi agar bisnis Anda bisa dikenal oleh banyak orang. Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk mempromosikan usaha percetakan milik Anda. Cara yang paling mudah dan bisa menjangkau seluruh lapisan konsumen adalah dengan promosi online.

Promosi online dapat dilakukan dengan menggunakan media sosial seperti Instagram, facebook, bahkan tiktok. Anda perlu mengeksplor kreativitas yang dimiliki untuk membuat postingan promosi usaha percetakan undangan yang menarik. Dengan memanfaatkan media sosial, Anda pun bisa mengunggah katalog hasil cetak undangan pernikahan.

Tidak hanya secara online, Anda pun juga dapat melakukan promosi dengan cara konvensional. Cara termudah adalah dengan memperkenalkan usaha percetakan Anda kepada kawan, sahabat, kerabat, bahkan keluarga sendiri. Anda pun juga bisa meminta mereka untuk merekomendasikan usaha cetak undangan pernikahan milik Anda kepada kenalan mereka. Langkah ini merupakan cara promosi bisnis yang efektif serta hemat biaya.

  • Menggunakan Alat Pendukung Percetakan Undangan

Untuk membuat hasil cetak undangan pernikahan yang berkualitas sempurna maka ada beberapa alat pendukung percetakan undangan yang wajib digunakan. Alat-alat tersebut merupakan mesin finishing yang akan menyempurnakan hasil akhir dari cetak undangan. Adapun mesin yang penting untuk percetakan adalah mesin laminasi dan juga mesin lem.

Mesin laminasi berfungsi untuk membantu proses pelapisan hasil cetak undangan pernikahan dengan film khusus pada undangan sehingga nantinya akan memberikan tampilan doff atau glossy (sesuai dengan jenis film yang digunakan). Dan untuk mesin lem berfungsi untuk membentuk kertas undangan sesuai dengan desain yang diinginkan konsumen. Umumnya mesin lem akan digunakan untuk jenis kertas undangan yang tebal seperti art cartoon. Jenis mesin lem yang sering digunakan dalam industri percetakan adalah mesin lem panas karena bisa memberikan hasil rekatan yang lebih kuat dan sempurna.

Tentunya untuk mendukung usaha industri percetakan maka Anda perlu memiliki berbagai mesin pendukung percetakan undangan dengan durabilitas panjang. Mesin yang berkualitas tentu memiliki masa pakai yang lama sehingga bisa menjadi investasi bagi usaha percetakan Anda. Oleh sebab itu sangat penting untuk memilih mesin finishing seperti mesin lem Maxipro.

Sebagai distributor resmi mesin serta berbagai keperluan pendukung industri percetakan, Maxipro hanya menyediakan mesin berkualitas tinggi dengan harga yang kompetitif. Bukan itu saja, di Maxipro juga tersedia bermacam-macam jenis mesin finishing dengan berbagai spesifikasi. Jadi Anda pun bisa menemukan mesin yang memiliki spek sesuai dengan kebutuhan usaha.