Tips Memulai Usaha Digital Printing Rumahan Modal Minim

informasi-spesifikasi-cetak-sebelum-cetak

Membuka usaha percetakan berskala rumah menjadi bisnis yang cukup banyak digeluti masyarakat. Tidak jauh beda dengan usaha percetakan berskala besar, usaha percetakan yang dijalankan dirumah pun menawarkan keuntungan yang menggiurkan. Selain itu untuk memulainya pun tidak perlu biaya yang banyak, cukup berbekal printer kalian sudah bisa memulai usaha percetakan.

Kelebihan Usaha Percetakan Rumah

Sama seperti usaha lainnya, usaha percetakan dirumah juga memiliki keunggulan. Keunggulan ini menjadi daya tarik usaha percetakan. Berikut kelebihan usaha percetakan rumah:

  • Mudah dijalankan

Menjalankan usaha percetakan dirumah tidak harus mahir mengoperasikan aplikasi editing. Selama kalian memahami dasarnya, kalian tidak akan kesulitan. Namun, kalian harus tetap meningkatkan skill editing agar usaha yang dijalankan semakin berkembang.

  • Modal Minim

Peluang bisnis dengan modal dibawah 10 juta, kalian sudah bisa membuka usaha percetakan kecil-kecilan dirumah. Modal tersebut dapat digunakan untuk membeli alat seperti komputer, printer, kertas percetakan, etalase dan lainnya. Dengan alat sederhana tersebut kalian bisa meraup omset yang tak terhingga.

Baca juga: Peluang Usaha Percetakan Modal Laptop untuk Pemula

  • Tidak Perlu Sewa Tempat

Lokasi usaha yang baik adalah di tempat strategis yang banyak dilalui orang. Tapi, kalian juga bisa memulai usaha digital printing dari rumah. Akan lebih menguntungkan lagi jika lokasi rumah berada di tepi jalan raya.

Banyak calon pebisnis menjadikan ini alasan mengurungkan niat memulai usaha, karena hanya terpaku dengan lokasi strategis tanpa memikirkan alternatif. Asalkan rumah mudah diakses dan dijangkau kendaraan itu sudah cukup, tidak perlu mengeluarkan uang sewa.

  • Banyak Pilihan

Usaha percetakan dirumah tidak hanya terbatas pada cetak dokumen saja, melainkan bisa juga cetak spanduk, foto, formulir, brosur, poster, undangan dan lainnya. 

Bahkan di waktu tertentu seperti kenaikan kelas, jasa cetak foto dan dokumen banyak dibutuhkan. Biasanya di waktu ini omzet meningkat hingga dua kali lipat dari hari biasa.

  • Tidak Dipengaruhi Musim

Banyak orang kerap memanfaatkan musim untuk meraup keuntungan. Setelah musim berganti, usaha pun selesai. Namun usaha percetakan bukan bisnis yang dipengaruhi musim hingga jaman. Usaha ini dapat dijalankan selama setahun, bahkan pada saat ini yang serba digital.

Tidak hanya itu, usaha percetakan tergolong bisnis yang tidak mudah basi. Bisnis ini selalu dibutuhkan dan tidak dibatasi waktu. Kalian pun tidak akan rugi karena bahan baku yang digunakan memiliki masa panjang.

  • Keuntungan Besar

Mengingat bisnis percetakan ini tidak mudah basi dan selalu dibutuhkan, maka keuntungan yang ditawarkan pun tidak terbatas. Kalian bisa mendapatkan omset hingga jutaan dalam sebulan bahkan lebih. Dengan catatan, menjalankan usaha dengan tekun, konsisten dan menjaga kualitas.

Tips Memulai Usaha Digital Printing Bagi Pemula

  1. Tentukan Segmen Pasar

Hal pertama yang harus dilakukan untuk memulai usaha digital printing adalah menentukan segmen pasar. Jika fokus pada pesanan perorangan order yang masuk bisa dikerjakan lebih santai, jika melayani pesanan perusahaan besar tentu pesanan yang masuk lebih besar.

2. Persiapkan Modal

Modal sangat penting dalam memulai sebuah bisnis, termasuk dalam usaha digital printing. Persiapkan modal untuk membeli peralatan dan bahan-bahan yang dibutuhkan.

Sebisa mungkin menggunakan uang yang sudah ada sebagai modal. Hindari mengambil kredit usaha dari bank, angsuran yang harus dibayar setiap bulan cukup memberatkan bagi usaha yang baru dirintis.

Di permulaan usaha, kemungkinan untuk gagal masih sangat besar. Sehingga mengambil kredit usaha dari bank cukup berisiko.

3. Susun Strategi Promosi

Tips dalam memulai usaha digital printing adalah menyusun strategi promosi yang tepat. promosi dilakukan untuk memperkenalkan bisnis yang kalian rintis kepada masyarakat.

Promosi tak harus dilakukan dengan biaya yang mahal, gunakanlah media sosial untuk menekan modal. Buatlah berbagai tawaran menarik untuk calon pelanggan. Kalian juga bisa mengajukan proposal kerjasama ke perusahaan sebagai salah satu langkah promosi. Kalian yang ingin membuka usaha percetakan rumahan, semoga artikel ini membantu. Untuk mendapatkan mesin percetakan kunjungi Maxipro.co.id.

×