Saat ini ada begitu banyak orang yang ingin memiliki sebuah usaha. Ada berbagai alasan mengapa seseorang tertarik untuk membuat usaha sendiri. Misalnya saja karena ingin mulai berdikari, mencari penghasilan tambahan, atau sebagai pegangan untuk hari tua nanti. Sebenarnya ada banyak jenis usaha yang bisa dipilih, namun jika ingin menjalankan bisnis yang stabil maka usaha percetakan merupakan jenis usaha yang bisa dicoba.

Perlu diketahui industri percetakan memiliki prospek yang cukup menjanjikan untuk dijadikan usaha. Hal tersebut tak lain karena di era modern seperti sekarang ini, ada begitu banyak jenis jasa percetakan yang dibutuhkan oleh masyarakat. Contohnya seperti membuat brosur, pamflet, cetak undangan, cetak sablon, dan masih banyak lagi.

Namun sebelum mengawali bisnis, alangkah baiknya Anda mencari tahu tips memulai usaha terlebih dahulu agar nantinya Anda bisa lebih siap dalam menjalankan usaha. Dan bagi Anda yang tertarik untuk terjun ke usaha percetakan, berikut beberapa tips memulai usaha dibidang percetakan yang dapat disimak.

 

Tips Memulai Usaha Bisnis Percetakan

 

  • Memahami Terlebih Dahulu Seluk Beluk Usaha Percetakan

Tips memulai usaha yang pertama adalah mencari tahu serta memahami terlebih dahulu jenis bisnis yang akan dijalankan. Jadi, jika Anda ingin terjun dalam usaha percetakan maka pastikan untuk terlebih dahulu mencari tahu informasi yang lengkap seputar industri percetakan. Misalnya saja jenis usaha percetakan apakah yang akan dijalankan, alat apa saja yang dibutuhkan, hingga bagaimana proses pengerjaannya sehingga Anda pun bisa mempersiapkan diri untuk mengasah kemampuan yang dibutuhkan untuk menunjang bisnis percetakan Anda

  • Mempersiapkan Modal

Tips memulai usaha kedua agar bisnis yang akan dijalankan bisa berjalan dengan baik adalah mengetahui berapa besar modal yang dibutuhkan. Hal ini agar Anda nantinya bisa mempersiapkan modal, mulai untuk menyewa tempat hingga membeli  alat percetakan yang dibutuhkan. Oleh karena itu maka sangat penting untuk mengetahui jenis usaha percetakan apa yang ingin digeluti nantinya. Karena dengan begitu Anda bisa tahu dengan pasti alat pendukung usaha percetakan apa saja yang perlu dimiliki. Setelah mengetahui alat yang dibutuhkan, Anda pun bisa melakukan survey pasar untuk memilih alat yang sesuai dengan budget yang dimiliki.

Salah satu alat wajib yang diperlukan untuk bisnis percetakan adalah mesin pond atau yang biasa juga dikenal dengan sebutan mesin press. Mesin ini sendiri berfungsi sebagai alat pemotong untuk berbagai macam bahan seperti karton, kertas, kardus, karet, spon eva, flannel, pvc dan lainnya. Mesin pond sendiri terdiri dari beberapa jenis yang masing-masing memiliki keunggulan dan spesifikasi yang berbeda. Jadi untuk menemukan mesin yang sesuai dengan kebutuhan usaha percetakan, maka pastikan memilih tempat yang menjual mesin-mesin pendukung industri percetakan yang lengkap dan terpercaya seperti Maxipro.

  • Membuat Rencana untuk Usaha Percetakan

Tips memulai usaha berikutnya yang sangat penting dilakukan saat akan memulai bisnis apapun, adalah membuat rencana bisnis. Hal ini juga memiliki kaitan erat dengan modal yang Anda miliki. Misalnya, jika memiliki modal besar maka Anda perlu merencanakan untuk mencari tempat yang strategis untuk membuka usaha percetakan Anda. Mungkin Anda bisa membeli atau menyewa tempat di dekat wilayah perkantoran atau sekolah.

Namun jika modal yang dimiliki tidak cukup banyak untuk menyewa tempat, maka Anda bisa membuat rencana untuk menjalankan bisnis percetakan secara online. Cara bisnis online di bidang percetakan sendiri sebenarnya tidak terlalu sulit.

  • Memperluas Koneksi

Tips memulai usaha percetakan berikutnya agar bisnis Anda bisa terus berkembang adalah dengan memperluas koneksi. Salah satunya adalah dengan menjadikan rival bisnis sebagai kawan. Pasalnya, Anda bisa mendapatkan banyak informasi yang lebih luas dan juga ilmu baru yang berkaitan dengan usaha percetakan dari mereka. Selain itu menjalin hubungan yang baik dengan kompetitor bisnis juga akan membangun persaingan yang sehat. Bahkan tak mungkin nantinya Anda bisa dimintai tolong untuk membuatkan orderan yang tidak dapat ditangani mereka sendiri.

  • Konsisten Dalam Pelayanan

Tips memulai usaha yang terakhir namun tak kalah penting adalah tetap konsisten dalam pelayanan usaha percetakan. Hal ini erat hubungannya dengan kepercayaan konsumen. Jika ingin usaha yang Anda miliki terus berkembang maka dibutuhkan kepercayaan dari konsumen terhadap jasa bisnis percetakan Anda.

Oleh sebab itu pastikan untuk selalu menjaga kualitas dari hasil jasa percetakan, dan selalu berusaha meningkatkan layanan dari usaha milik Anda. Hal ini tidak hanya berlaku untuk bisnis offline, tapi juga dapat menjadi cara bisnis online yang jitu untuk menarik banyak konsumen.

 

Cara Bisnis Online yang Praktis dan Mudah

 

Seperti yang telah dibahas sebelumnya untuk mengembangkan usaha percetakan, Anda juga bisa mencoba cara bisnis online. Ada beberapa cara bisnis online yang bisa dilakukan untuk jasa percetakan yang Anda miliki, diantaranya seperti beberapa tips memulai usaha secara online berikut ini:

Menggunakan Media Sosial

Cara bisnis online pertama dan sangat mudah dilakukan adalah dengan mempromosikan usaha percetakan di media sosial pribadi milik Anda. Atau Anda juga bisa membuat akun media sosial khusus untuk bisnis percetakan yang nantinya pada setiap unggahan Anda dapat memperlihatkan hasil cetak dari usaha Anda. Selain itu dengan memanfaatkan media sosial bisa membuat Anda lebih mudah berkomunikasi dengan konsumen.

Memanfaatkan Situs Marketplace

Cara bisnis online yang kedua, yang bisa dilakukan adalah dengan memanfaatkan berbagai marketplace. Saat ini bukan produk saja yang bisa ditawarkan atau dijual di marketplace, berbagai jasa termasuk usaha percetakan pun juga dapat dipromosikan melalui marketplace.

Cara bisnis online melalui marketplace pun cukup mudah, Anda tinggal mendaftarkan usaha yang dimiliki di situs marketplace yang dipilih. Cara bisnis online ini juga menghemat modal, karena biasanya mendaftar usaha di situs marketplace tidak dikenakan biaya 

 

Keuntungan yang Didapat Dari Bisnis Online

Cara bisnis online untuk mempromosikan usaha percetakan memiliki banyak keuntungan. Di mana salah satunya adalah pangsa pasar dari bisnis online tergolong lebih luas, sehingga kemungkinan untuk mendapat banyak konsumen baru pun terbuka lebar.

Selain itu cara bisnis online juga dapat menjadi cara yang tepat untuk dilakukan bagi Anda yang memiliki kesibukan lain selain menjalankan usaha percetakan. Pasalnya, Anda bisa tetap menjalankan usaha kapanpun dan dimanapun tanpa terikat waktu serta tempat.

Itu tadi beberapa tips memulai usaha di bidang percetakan yang bisa dilakukan. Dan tak ketinggalan saat akan memulai usaha percetakan, pastikan Anda memilih mesin dan alat pendukung industri percetakan yang berkualitas seperti yang bisa didapatkan di Maxipro.

Sebagai distributor mesin untuk usaha percetakan, Maxipro hanya menyediakan mesin-mesin yang berkualitas dengan berbagai spesifikasi, dilengkapi dengan garansi servis resmi, dan harga yang kompetitif.

Klik disini untuk mendapatkan mesin-mesin percetakan dengan harga terjangkau.