Perkembangan teknologi kini mulai berkembang dengan cepat. Salah satunya teknologi yang ikut berkembang adalah teknologi printing. Yang akan kita bahas pada artikel ini adalah mesin cetak untuk mencetak dalam skala besar atau yang biasa di sebut mesin offset. Mesin yang digunakan dalam dunia offset dan percetakan digital sangatlah beragam. Dibedakan menjadi empat yang kita kenal sekarang ini antara lain:

  • Mesin Cetak Offset

Mesin cetak offset adalah sebuah mesin yang dapat mencetak dengan cepat untuk jumlah yang besar, oleh karena itu pekerjaan yang sedikit sangatlah tidak cocok untuk mesin jenis ini. Ukuran yang bisa di cetak oleh mesin ini juga bervariasi mulai dari ukuran A3 sampai dengan ukuran A0.

Jika Anda menggunakan cetak offset prosesnya dimulai dari perhitungan harga kertas, jenis kertas, ukuran kertas yang digunakan dan pembelian kertas yang dilakukan sesuai dengan kebutuhan.

Setelah memperhitungkan masalah kertas Anda juga harus memperhatikan tentang repro film master yang akan Anda gunakan untuk membuat master atau induk 1 yang akan Anda gunakan untuk mencetak. Biasanya benda ini berbentuk plat yang digunakan di atas mesin percetakan offset.

Proses printing pada mesin offset ini melalui proses yang cukup panjang dan memakan waktu yang lama. Hal pertama yang harus dilakukan adalah, memindahkan (convert) file yang akan dicetak dalam settingan CMYK. Proses printing melalui tahapan yakni pembuatan plat untuk masing-masing warna yang ada pada desain. Kemudian, plat-plat tersebut diberi tinta basah, dan ditunggu hingga kering lebih kurang 1 hari. Lalu, melakukan proses pencetakan pada objek yang dibutuhkan seperti kertas. 

  • Mesin Cetak Digital Plotter

Mesin plotter adalah mesin cetak grafis yang memberikan output atau hasil cetakan berukuran besar. Yang menggunakan mesin cetak satu ini adalah banner. Proses ini dilakukan agar media yang akan digunakan sesuai dengan bahan yang diinginkan konsumen. Plotter banyak digunakan untuk mencetak desain-desain seperti  Engineering  dan Arsitektur untuk mencetak peta berukuran besar dengan kualitas yang tinggi. Bahan yang digunakan untuk mencetak grafis pada plotter adalah kertas, vinyl, karet, gabus, kulit, dan lainnya.

Mesin Cetak ini dikategorikan menjadi dua bagian, yaitu :

1. Mesin cetak Outdoor 

Mesin cetak outdoor biasanya memiliki area cetak yang besar (3.2 Meter – 5 Meter). Dikarenakan media outdoor diperuntukan untuk visual jarak jauh, mesin ini tidak memiliki hasil cetak yang hi-res. Jenis bahan spanduk yang digunakan untuk mesin outdoor adalah Flexy china, Korea ataupun Jerman, albatros, luster, easy banner, easy banner, banner cloth.

2. Mesin Cetak Indoor

Mesin indoor memiliki resolusi tinggi sehingga hasil cetak sangat padat dan terlihat sempurna. Mesin Ini sedikit berbeda dengan mesin outdoor, Jenis mesin indoor memiliki beberapa jenis tinta digital printing yang dapat digunakan oleh para pemain percetakan, yaitu, Dye Ink, EcoSolvent, Latex, Dan UV. Bahan bahan yang biasa digunakan untuk mesin ini adalah Sticker, Albatros, Backlite, PET dan bahan bahan indoor lainnya.

 

  • Mesin Cetak Digital Offset

Mesin cetak digital ialah mesin percetakan offset jenis fotocopy yang bisa mencetak dalam bentuk digital dengan akurasi yang akurat dan lebih efisien dalam setiap hasil akhirnya. Layaknya mesin offset, mesin ini hanya bisa mencetak di media kertas dan stiker (Lembaran). 

Ukuran yang bisa di cetak mesin ini bervariasi mulai dari ukuran A3 sampai dengan ukuran B2. Beberapa produk percetakan yang dapat diproduksi oleh mesin ini adalah Kartu nama, poster, booklet, company profile, hang tag, tent card, kalender, agenda, manual book, katalog dan lainnya.

  • Mesin Cetak Flatbed

Mesin cetak flatbed adalah sebuah mesin cetak yang dapat mencetak benda benda yang tebal. Mesin ini memiliki teknologi UV yang berfungsi tinta dapat kering seketika. Banyak sekali media yang dapat dicetak dengan mesin ini. Mesin ini memiliki beberapa variasi ukuran mulai dari A4, A3, 1 meter sampai dengan ukuran yang paling besar 2 meter. Mesin flatbed ini sangat diminati untuk mencetak barang barang promosi dan souvenir.

 

BACA JUGA : Cara Menjadi Pengusaha Sukses Dalam Dunia Percetakan