Macam-Macam Mesin Dalam Dunia Percetakan Offset dan Percetakan Digital - maxipro.co.id

Macam-Macam Mesin Dalam Dunia Percetakan Offset dan Percetakan Digital - maxipro.co.id

Berikut Kita akan membahas tentang macam-macam mesin percetakan offset dan percetakan digital yang perlu Anda ketahui sebelum memulai usaha di bidang ini. Baik mesin percetakan offset atau digital bisa digunakan untuk mencetak cetak buku, undangan, kartu nama, leaflet, nota, majalah dan berbagai macam produk cetak lainnya.

Mesin percetakan digital adalah jenis baru dalam dunia percetakan. Proses pencetakannya pun sangat mudah dan biasanya tidak ada minimal order. Anda bisa melakukan pencetakan satu lembar saja.

Mesin cetak digital berbeda dengan mesin cetak offset, karena tidak memerlukan perpres seperti pembuatan film separasi warna. Mesin ini hadir untuk memenuhi kebutuhan Anda pengguna yang ingin mencetak bukut atau dokumen Anda dengan skala kecil dalam waktu yang tentunya singkat.

Masalah yang biasanya timbul adalah ketika mencetak dalam jumlah ribuan. Karena tentu membutuhkan waktu yang cukup lama untuk melakukan pencetakan itu sendiri. Sehingga sangat cocok untuk kebutuhan cetak skala kecil atau pribadi. Mengingat manfaat mesin ini yang cukup banyak, namun budget yang Anda keluarkan terhitung sangat terjangkau jika dilihat dari skala jumlah dalam cetak yang dilakukan.

Baca jugaMengenal Macam-Macam Produk Percetakan

Promo Maxipro.co.id - Supplier Mesin Finishing Percetakan

Jenis Mesin Percetakan Offset Dan Digital

Jenis Mesin PercetJenis Mesin Offset Percetakan Bukuakan Buku

Mesin yang digunakan dalam dunia percetakan offset dan percetakan digital tentunya banyak. Setidaknya dibedakan menjadi tiga yang kita kenal sekarang ini antara lain:

1. Mesin Cetak Offset

Mesin cetak offset

Cetak offset adalah jenis mesin percetakan offset yang membutuhkan beberapa proses desainnya. Mulai dari perhitungan harga kertas, jenis kertas yang akan digunakan, ukuran kertas yang dibutuhkan untuk percetakan dan pembelian kertas yang dilakukan sesuai dengan kebutuhan proses cetak Anda.

Setelah memperhitungkan masalah kertas Anda juga harus memperhatikan tentang repro film master yang akan Anda gunakan untuk membuat master atau induk 1 yang akan Anda gunakan untuk mencetak. Biasanya benda ini berbentuk plat yang digunakan di atas mesin percetakan offset.

Mesin cetak offset adalah sebuah mesin yang dapat mencetak buku dengan cepat dalam jumlah yang besar dan banyak, oleh karena itu pekerjaan yang sedikit sangatlah tidak cocok untuk mesin jenis ini. Ukuran yang bisa di cetak oleh mesin ini juga bervariasi mulai dari ukuran A3 sampai ukuran A0.

2. Mesin Cetak Digital Plotter

Mesin Percetakan Digital Plotter

Digital Plotter adalah jenis mesin percetakan digital yang biasa kita kenal dalam kehidupan Kita sehari-hari namun memiliki ukuran yang cukup besar. Bila dalam kehidupan kita sehari-hari yang menggunakan mesin cetak satu ini adalah cetak banner. Proses ini dilakukan agar media cetak yang akan digunakan sesuai dengan bahan yang diinginkan konsumen. Mesin Cetak ini dikategorikan menjadi dua bagian

  1. Mesin Cetak Outdoor – Mesin cetak outdoor biasanya memiliki area cetak yang lebih besar dari pada cetak indoor yakni bekisar antara 3,2 meter – 5 meter. Dikarenakan media outdoor diperuntukan untuk visual yang berjarak jauh, mesin ini tidak memiliki hasil cetak yang hi-res. Jenis bahan spanduk yang biasa digunakan untuk mesin outdoor adalah Flexy china, Korea ataupun Jerman.
  2. Mesin Cetak Indoor – Mesin Ini sedikit berbeda dengan mesin outdoor, mesin indoor memiliki resolusi yang tinggi sehingga hasil cetak sangatlah padat dan terlihat sempurna berbeda dengan mesin cetak indoor. Jenis mesin indoor memiliki beberapa jenis tinta digital printing yang dapat digunakan oleh para pemain percetakan, yaitu, Dye Ink, EcoSolvent, Latex, Dan UV. Bahan bahan 

yang biasa digunakan untuk mesin ini adalah Sticker, Albatros, Backlite, PET dan bahan bahan indoor lainnya.

BACA JUGA: Mesin Cetak Digital INDOOR Dan OUTDOOR Lengkap !!

3. Mesin Cetak Offset Digital

Mesin konica minolta bhc8000 Digital offset Press

Mesin cetak digital adalah mesin percetakan offset jenis fotocopy yang bisa mencetak dalam bentuk digital dengan perhitungan yang akurat dan lebih efisien dalam setiap hasil cetaknya. Layaknya mesin offset, mesin ini hanya bisa mencetak di media kertas dan stiker (Lembaran). Beberapa produk percetakan yang dapat diproduksi oleh mesin cetak digital offset ini adalah Kartu nama, poster, booklet, tent card, kalender, agenda, katalog dan lainnya sebagainya.

Ukuran yang bisa dicetak mesin ini bermacam-macam mulai dari ukuran A3 sampai dengan ukuran B2. bertanyalah kepada percetakannya terlebih dahulu apakah mesin ini memiliki kapasitas untuk mencetak di area yang cukup besar. Disamping itu Mesin cetak ini dapat mencetak satuan, sehingga banyaknya cetakan digemari oleh perusahaan yang memiliki jumlah cetakan yang minim.

4. Mesin Cetak Flatbed UV

Mesin percetakan digital flatbed uv

Mesin cetak flatbed UV adalah mesin cetak yang dapat mencetak benda benda-benda yang cukup tebal. Mesin ini dirancang menggunakan teknologi UV sehingga tinta dapat kering seketika. Banyak sekali media yang dapat dicetak. Mulai dari akrilik, kayu, pen, USB, power bank, piring, casing smartphone, meja, botol, dan media lainnya.

Mesin percetakan ini memiliki beberapa macam ukuran mulai dari A4, A3, 1 meter sampai dengan ukuran yang paling besar 2 meter. Mesin flatbed sangat diminati untuk buku, barang barang promosi, dan souvenir.

Jenis Mesin Finishing Percetakan – Pendukung

Mesin Finishing Percetakan Maxipro

Untuk melakukan percetakan selain menggunakan mesin utama tentulah Anda sangatlah membutuhkan mesin pembantu atau pendukung sehingga sebuah hasil cetak memiliki nilai yang dapat digunakan untuk branding perusahaan.

Berikut adalah mesin-mesin finishing yang biasa digunakan untuk membantu proses percetakan buku dan berbagai jenis produk cetak lainnya:

1. Mesin Laminating/Laminasi

Mesin Laminasi Laminating Maxipro

Mesin laminating/laminasi digunakan untuk finishing dalam sebuah proses percetakan. Bahan yang digunakan biasanya adalah plastik tipis yang memiliki perekat atau lem dan pada umumnya jenis plastiknya adalah doff dan glossy. Untuk memilih laminating mana yang akan Anda gunakan tentu Anda membutuhkan permintaan yang akan dilakukan oleh pelanggan Anda.

Ada dua jenis mesin laminating/laminasi yang harus diketahui:

a. Mesin Laminasi Panas

Mesin laminasi thermal ini membutuhkan panas agar plastik laminasi dapat menempel pada bagian kertas yang akan dilaminating.

b. Mesin Laminasi Dingin

Bahan plastik pada Mesin laminasi ini sudah memiliki lem yang cukup kuat, sehingga mesin laminasi hanya berupa roll yang fungsinya mengepress dan menempelkan laminasi ke bahan kertas yang akan dilaminasi.

Baca Juga: Mesin Laminasi Thermal dan Water Based

2. Mesin Pond atau Die Cut

Mesin Flatbed Die Cutting Pond Maxipro

Mesin Pond atau Mesin Die Cut adalah jenis mesin yang digunakan untuk membentuk kertas sesuai dengan yang Anda butuhkan. Mesin ini sangat membantu dalam usaha percetakan Anda untuk membuat beberapa produk percetakan seperti, amplop, map perusahaan, kartu nama dengan bentuk yang tidak standar, kemasan, undangan dengan bentuk yang menarik atau unik, dan lain sebagainya.

3. Mesin Hotprint

Mesin Hot Print Poly Emboss Maxipro

Mesin hotprint adalah jenis mesin yang memiliki nama poly emboss dan mesin ini memiliki fungsi untuk melakukan percetakan yang khusus seperti percetakan yang ada di undangan-undangan dan cover buku. Mesin ini akan menghasilkan tulisan atau logo berwarna silver atau gold.

Sehingga biasa digunakan untuk mencetak nama pengantin dalam undangan. Juga banyak digunakan untuk mencetak undangan rapat, kartu nama, kop surat dan lain sebagainya. Cetakan dengan tinta emas timbul juga sering Anda dapati pada cover buku rapor atau map ijazah.

4. Mesin Lipat Kertas

Mesin Lipat Kertas Paper Folding Maxipro

Pekerjaan melipat memang terlihat sangatlah mudah, tapi bagaimana jika pekerjaan melipat dalam jumlah yang sangat banyak? Anda sangat membutuhkan Mesin lipat dalam usaha percetakan. Ketika pekerjaan melipat dilakukan dalam jumlah yang sangat banyak. Terdapat 2 jenis mesin lipat yang sering digunakan dalam usaha percetakan:

    • Mesin lipat dengan sistem roller – Biasa digunakan untuk jenis kertas yang tidak ada coating
    • Mesin lipat dengan sistem angin – Biasa digunakan untuk jenis kertas yang terdapat coating.

5. Mesin Potong Kertas

Mesin Potong Kertas Maxipro

Jika ingin memulai usaha percetakan offset, mesin potong adalah mesin yang wajib untuk Anda dimiliki. Ada banyak sekali ukuran yang tersedia di pasaran mulai dari ukuran 45, 65, 92, 115 dan 130.

Memiliki mesin potong dengan ukuran yang besar memang sangatlah menguntungkan, akan tetapi harus dilihat besar tempat dan budget yang dimiliki. Jangan sampai berinvestasi yang berlebih dikarenakan mesin yang dibeli tidak akan bekerja maksimal sesuai kapasitasnya.

6. Mesin Mata Ayam

Mesin Plong Press Mata Ayam

Mesin Mata Ayam ini digunakan untuk proses finishing banner atau spanduk. Sehingga mesin ini sangat dibutuhkan sekali. Ada jenis mesin yang manual dan ada juga yang otomatis, Tentu saja mesin mata ayam otomatis lebih efisien dan mudah dalam penggunaannya. 

7. Mesin Creasing atau Rel

Mesin Rel Creasing Porforasi Maxipro

Mesin rel adalah mesin yang digunakan untuk membuat garis lipat. Jika Anda mencoba untuk melipat tanpa menggunakan mesin rel ini maka garis akan terlihat tidak rapi. Jenis pekerjaan yang biasa dilakukan dengan menggunakan mesin ini adalah brosur, booklet, katalog, manual book dan lainnya.

8. Mesin Jilid Buku Lem Panas

Mesin Jilid Buku Lem Panas Glue Binding Maxipro

Mesin jilid buku lem panas / glue binding merupakan mesin yang menyatukan lembaran kertas menjadi sebuah buku menggunakan bahan lem panas. Terdapat dua jenis lem panas yaitu lem punggung dan lem samping. Teknik ini juga disebut perfect binding.

9. Mesin Jilid Buku Spiral

Mesin Jilid Spiral Maxipro

Mesin jilid spiral adalah alat untuk menjilid buku menggunakan bahan spiral kawat ataupun plastik. Teknik jilid ini umumnya digunakan untuk menjilid makalah, tugas akhir, presentasi, proposal, dan berbagai dokumen lainnya.

Sudah tahu bukan jenis-jenis mesin yang biasa digunakan untuk melakukan percetakan digital dan mesin apa saja yang menjadi penunjang. Anda bisa mempelajari hal yang lebih lanjut dengan membaca beberapa referensi buku dan artikel lainnya.

Promo Maxipro.co.id - Supplier Mesin Finishing Percetakan

Sekian penjelasan mengenai jenis mesin dalam dunia percetakan offset dan percetakan digital, semoga artikel ini bisa menjadi informasi yang memberikan solusi percetakan yang terpercaya.

Jika Anda akan mulai usaha di dunia percetakan offset dan digital printing kenali macam-macam mesin yang sesuai dengan usaha Anda. Di Maxipro. Perusahaan yang menjual berbagai mesin finishing sesuai kebutuhan usaha Anda.

Yuk langsung saja kunjungi dan belanja di website kami yaaa !!!