Industri percetakan merupakan industri yang menghasilkan sesuatu melalui proses mencetak. Apapun jenis dan metode yang dipergunakan, semua produk yang dihasilkan melalui proses tersebut disebut dengan produk percetakan. Saat ini, kita mengenal begitu banyak produk percetakan dan juga produk digital printing. Ragam produk tersebut merupakan produk yang sangat sering kita temukan atau bahkan kita pergunakan dalam berbagai aspek kehidupan sehari-hari.

Jenis dan Metode Percetakan

Mesin offset printing

Sebelum membahas mengenai produk percetakan dan produk digital printing, kalian perlu mengetahui mengenai jenis dan metode percetakan. Secara umum, dikenal 2 jenis metode yaitu offset dan digital printing. Namun, sebenarnya ada begitu banyak metode yang dipergunakan oleh para pelaku industri percetakan dan berikut ini adalah beberapa diantaranya:

Offset printing

Metode ini menghasilkan produk percetakan dalam jumlah besar. Secara prinsip, metode ini menggunakan plat yang terbuat dari alumunium, yang kemudian dipergunakan untuk mentransfer gambar ke sebuah selimut dan kemudian memutar gambar tersebut ke atas permukaan kertas. Nama offset sendiri mengacu pada proses dimana tinta yang digunakan tidak langsung ditransfer secara langsung ke atas kertas.

Digital printing

Metode ini merupakan metode yang sangat populer belakangan ini. Produk digital printing menjadi populer berkat kemampuannya untuk mentransfer gambar digital secara langsung ke permukaan kertas atau media lain. Cocok dipergunakan untuk kebutuhan skala kecil

Large format

Sesuai dengan namanya, metode printing yang satu ini dipergunakan untuk mencetak sesuatu yang berukuran super besar seperti spanduk, wallpaper, mural, hingga papan iklan billboard

Screen printing

Metode ini umumnya dipergunakan untuk sablon pakaian dan banner dari bahan kain. Metode ini menggunakan screen yang akan mentransfer gambar ke material lain.

LED UV

Metode ini menjadi salah satu metode yang semakin populer belakangan ini. Metode LED UV merupakan bagian dari metode digital printing yang dipergunakan untuk mencetak Koran, poster, majalah, brosur, hingga alat tulis. Nama UV pada metode ini mengacu pada penggunaan sinar UV untuk mengeringkan tinta setelah selesai dicetak

3D printing

Metode ini mengacu pada proses cetak benda atau objek tiga dimensi. Metode ini umumnya dipergunakan untuk mencetak mainan, figurine, ataupun item-item khusus.

Jenis Produk Percetakan

Stand banner sebagai salah satu produk percetakan

Sekali lagi perlu dipahami bahwa produk percetakan dan produk digital printing mengacu pada produk yang dihasilkan dari proses pencetakan. Secara umum, kategorisasi produk percetakan ini sangatlah luas. Produk digital printing itu sendiri masuk ke dalam kategori produk percetakan.

Produk Percetakan Berdasarkan Area Aplikasi

Desain kartu nama

Pada tahun 2008, seorang professor dari Rochester Institute of Technology menyajikan data pembagian jenis produk percetakan berdasarkan area aplikasi. Data ini menunjukkan kategorisasi produk sebagai berikut:
– AdPromo, termasuk didalamnya brosur, booklet, dan selebaran
– Kemasan, termasuk didalamnya label, kotak kemasan, hingga papan kayu
– Keuangan, seperti laporan keuangan berkala
– Produk stationery, contohnya kartu nama, amplop, hingga kepala surat
– Aneka ragam formulir
– Kategori unik, contohnya kalender, wallpaper, kertas pembungkus, serta poster
– Produk yang diterbitkan berkala, contohnya Koran, majalah, dan jurnal
– Buku
– Catalog
– Direktories atau buku petunjuk
– Buku manual atau instruksi penggunaan
– Surat

Seiring dengan perkembangan zaman, kategorisasi produk digital printing menjadi sedikit berubah dan dapat dipersempit menjadi 3 kategori yaitu:

Print on demand

Kategori ini masuk dalam produk digital printing karena file digital yang telah tersedia dapat langsung dicetak di atas media yang tersedia. Produknya bisa bervariasi mulai dari stationery hingga cetak kaos

Variable printing product

Kategori ini juga masuk dalam produk digital printing karena menggunakan metode variable data printing yang digunakan pada sistem percetakan digital. Produk dalam kategori ini memiliki kelebihan tersendiri dimana setiap produk dapat dicetak dengan menggunakan informasi yang berbeda misalnya nama, alamat, nomor telepon, hingga gambar yang dipergunakan. Hal ini dilakukan agar produk tersebut menjadi lebih dekat dan mampu menarik hati setiap pengguna. Produk seperti kartu pos ataupun poster dapat dibuat dengan menggunakan metode ini.

Inventory print product

Produk digital printing yang satu ini mengacu pada produk yang dicetak secara berulang dalam jangka waktu tertentu. Umumnya, klien mencetak sesuatu dalam jumlah besar dan saat jumlahnya sudah mulai berkurang, mereka akan melakukan pesanan untuk produk yang sama. Produk percetakan ini dapat berupa invoice, flyer, banner, hingga poster.

Produk Percetakan Berdasarkan Jenisnya

Mesin percetakan outdoor untuk spanduk

Terlepas dari aneka kategori produk percetakan dan produk digital printing yang ada di masyarakat saat ini, kita umumnya mengenal produk tersebut berdasarkan bentuk dan namanya. Dalam hal ini, ada beberapa contoh produk percetakan yang perlu kalian ketahui yaitu:

Kartu nama

Kartu nama merupakan salah satu produk digital printing yang berisi informasi tentang seorang individu atau perusahaan. Jenis kertas yang umum dipergunakan untuk membuat kartu nama adalah kertas Art Carton dengan ketebalan khusus

Kop surat

Kop surat atau kepala surat umumnya digunakan dalam perusahaan atau organisasi. Kop surat ini berisi beberapa informasi berupa nama instansi, logo, serta alamat. Beberapa perusahaan besar memilih untuk mencetak kop surat secara masal dalam jumlah besar secara sekaligus.

Amplop surat

Serupa dengan kop surat, produk percetakan yang satu ini juga menjadi produk yang digunakan oleh banyak perusahaan ataupun organisasi dalam kegiatan surat menyurat dengan lembaga lain.

Invoice

Invoice atau nota merupakan bagian penting dalam proses transaksi finansial. Invoice ini akan disimpan sebagai data sebagai bahan pembuatan laporan.

Brosur

Brosur merupakan produk digital printing yang umum digunakan sebagai alat promosi. Brosur umumnya berisi informasi ataupun penawaran yang berkaitan dengan sebuah produk atau jasa tertentu. Brosur dapat dicetak di atas kertas HVS, Art Paper, ataupun Matt Paper.

Flyer

Flyer menjadi produk percetakan yang juga dipergunakan sebagai alat promosi. Flyer umumnya dipergunakan untuk menyebarkan informasi secara luas mengenai adanya sebuah event ataupun penawaran khusus.

Poster

Poster sebagai produk digital printing dapat dipergunakan untuk berbagai tujuan mulai dari tujuan promosi, pendidikan, kampanye, hingga sebagai dekorasi semata.

Block note

Block note atau memo merupakan produk percetakan yang umumnya dipergunakan oleh organisasi atau perusahaan. Memo tersebut sudah dicetak dengan nama dan logo instansi dan dipergunakan untuk kebutuhan yang berkaitan dengan instansi tersebut.

Kalender

Saat ini hampir semua lembaga mulai dari lembaga formal atau non formal, bahkan individu dapat membuat produk digital printing ini dengan mudah. Jenis kalender yang dapat dicetak juga sangat beragam mulai dari kalender dinding, kalender duduk, kalender poster, dan lain sebagainya. Kalender dapat dicetak di atas berbagai jenis kertas mulai dari Art Paper, Matte Paper, hingga kertas duplex.

Kotak kemasan

Kotak kemasan, paper bag, dan berbagai bentuk kemasan lain menjadi salah satu produk digital printing yang semakin umum ditemukan saat ini. Pencetakan nama produk dan brand pada kemasan merupakan salah satu metode branding yang sudah lazim dilakukan oleh semua perusahaan. Bahan yang dipergunakan sangatlah beragam mulai dari Art Paper, Craft Paper, Ivory Paper, hingga Special Paper

Banner

Banner merupakan media promosi yang merupakan salah satu produk digital printing. Banner dapat ditemukan di berbagai tempat baik dalam maupun luar ruangan dengan desain yang mampu menarik perhatian.

Tas belanja

Serupa dengan kemasan produk, tas belanja saat ini juga terlihat semakin semarak dengan penambahan nama dan logo brand tertentu. Penambahan brand dan logo tersebut merupakan hasil dari proses percetakan yang telah disesuaikan dengan kebutuhan setiap brand.

Wallpaper

Wallpaper merupakan produk percetakan yang saat ini semakin digemari di tengah masyarakat. Produk ini tersedia dalam berbagai pilihan ukuran, desain, warna, kualitas media, serta tingkat ketebalan.

Produk percetakan yang telah disebutkan di atas hanyalah sebagian kecil dari produk digital printing yang sesungguhnya. Pemanfaatan produk-produk tersebut sangatlah luas dan merata di seluruh aspek kehidupan manusia.

Produk Percetakan dan Jenis Servis yang diberikan

Mesin laminating

Para pelaku usaha percetakan umumnya menawarkan lebih dari sekedar ragam produk digital printing untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Para pelaku usaha ini juga turut menawarkan berbagai layanan atau servis yang masih berkaitan dengan dunia percetakan, dan beberapa diantaranya adalah:

Pemotongan

Servis ini merupakan bagian pelayanan yang diberikan oleh para pelaku usaha yang membuat produk digital printing. Kertas atau media yang akan dicetak akan dipotong menggunakan mesin potong modern untuk hasil potong yang rapi dan seragam

Desain

Produk digital printing yang menarik pastinya memiliki desain yang menawan. Konsumen atau klien dapat meminta para pelaku usaha percetakan untuk membuatkan desain yang sesuai dengan kebutuhan

Embossing

Penambahan embossing pada produk digital printing akan menambah nilai dan kelas dari produk itu sendiri. Penambahan embossing ini dilakukan dengan menggunakan mesin emboss khusus.

Folding atau melipat

Lipatan dari produk digital printing umumnya dilakukan dengan menggunakan mesin lipat khusus yang dapat melipat sesuai tuntutan dalam waktu singkat.

Laminating

Untuk hasil produk percetakan yang lebih rapi dan terlindungi, mesin laminating yang dimiliki oleh para pelaku usaha percetakan akan melapisinya dengan lapisan plastik khusus dalam waktu singkat

Hardcover

Jenis servis yang menggunakan mesin hardcover ini dipergunakan untuk menjilid buku atau dokumen dengan mudah dan cepat. Hal ini akan sangat membantu utamanya untuk kebutuhan jilid dalam jumlah besar

Terdapat beragam jenis servis lain yang juga disediakan oleh pelaku usaha percetakan di tanah air. Servis atau pelayanan yang diberikan tersebut pada umumnya masih berkaitan dengan produk percetakan yang dihasilkan. Untuk memberikan produk digital printing yang terbaik lengkap dengan semua layanan tersebut, para pelaku usaha akan menggunakan mesin khusus berkualitas unggul. Salah satu tempat terbaik untuk mendapatkan semua jenis alat dan mesin pendukung tersebut adalah Maxipro. Maxipro memiliki koleksi lengkap berbagai jenis mesin dan alat pendukung, termasuk spare part untuk kebutuhan dunia percetakan di seluruh tanah air.