Seluk Beluk Desain Grafis dalam Percetakan - Maxipro

Seluk Beluk Desain Grafis dalam Percetakan - MaxiproDalam dunia usaha percetakan, ada begitu banyak aspek yang turut berperan serta dalam mendukung kesuksesan usaha tersebut. Salah satu diantaranya adalah desain dari produk percetakan. Desain grafis yang menarik mampu mengantarkan pesan kepada para audience dengan maksimal dan hal ini pastinya akan membawa keuntungan bagi para klien.

Desain grafis itu sendiri mengacu pada berbagai elemen mulai dari warna, tulisan, gambar, pemilihan huruf, penempatan gambar dan teks, dan lain sebagainya. Segala aspek yang menyangkut hal tersebut lebih sering disebut dengan desain grafis, dan ada banyak hal yang perlu kalian ketahui berkaitan dengan topik ini.

 

Pentingnya Desain Grafis dalam Percetakan

Seluk Beluk Desain Grafis dalam Percetakan - Maxipro

Desain grafis membantu produk atau brand lebih menonjol di antara yang lain

 

Desain dalam dunia percetakan merupakan bentuk spesifik dari desain grafis dan sering disebut dengan nama desain print. Hal ini mengacu pada sebuah bentuk komunikasi visual yang berupaya menyampaikan informasi kepada audience dalam bentuk desain yang sengaja ditampilkan atau dicetak di atas material fisik berupa kertas, kain, dan material lainnya, bukan secara digital.

Lalu, seberapa pentingnya desain grafis dalam dunia percetakan? Bisa dikatakan aspek ini adalah segalanya. Desain grafis yang baik akan memberikan berbagai keuntungan, dan beberapa diantaranya adalah:

Memberikan tampilan yang menarik
Membangun kesan pertama yang positif merupakan salah satu upaya membangun image brand ataupun produk yang positif. Hal ini dapat dilakukan dengan membuat desain yang menarik secara estetika.

Membedakan antara satu produk dengan yang lain
Desain yang hebat akan mempengaruhi pilihan orang baik secara sadar maupun tidak sadar. Setiap orang pada dasarnya ingin selalu berhubungan atau dikaitkan dengan hal-hal yang terlihat baik dan membuat mereka merasa lebih baik. Desain grafis yang hebat akan terlihat lebih menonjol diantara produk yang lain dan memiliki kesempatan lebih besar untuk mendapatkan perhatian.

Menyampaikan pesan dengan efektif dan efisien
Desain merupakan bentuk komunikasi visual. Desain yang buruk mengacu pada bentuk komunikasi yang buruk dan tidak ada seorangpun, terutama para pelaku bisnis yang ingin terlihat buruk. Sebaliknya, desain yang baik mampu menyampaikan pesan dengan baik, profesional, serta efektif dan efisien.

Representasi dari sebuah produk atau brand
Desain grafis merupakan representasi dari semangat dan nilai-nilai yang diusung oleh sebuah produk atau brand. Brand yang ingin membangun image sebagai brand serius dan profesional tentu tidak akan menggunakan desain yang terlihat konyol dan aneh, begitu pula sebaliknya.

Desain print ini hadir dalam berbagai bentuk yang bahkan kita tidak sadari keberadaannya. Beberapa contoh diantaranya adalah:
– Brosur
– Kartu nama
– Papan billboard
– Sampul buku
– Koran dan majalah
– Stationery
– Kartu ucapan dan kartu undangan
– Kalender
– Poster
– Daftar menu
– Banner, dan masih banyak lagi

 

Proses Pembuatan Desain Print

Persiapan Sebelum Pembuatan Desain

Seluk Beluk Desain Grafis dalam Percetakan - Maxipro

Ragam jenis produk percetakan

 

Proses pembuatan desain grafis untuk sebuah produk tertentu tidak bisa dilakukan seketika. Ada beberapa hal dasar yang perlu diketahui oleh sang desainer grafis sebelum mereka dapat membuat desain yang tepat. Informasi tersebut berupa:
– Audience yang menjadi sasaran
– Mood atau semangat yang ingin disampaikan
– Jenis produk yang diinginkan (brosur, banner, poster, atau flyer)
– Budget yang tersedia
– Jumlah produk
– Cara dan tempat penggunaan produk tersebut

Semua informasi tersebut akan dipergunakan oleh desainer grafis dalam membuat desain yang tepat dan sesuai kondisi yang ada. Masing-masing informasi memiliki pengaruh terhadap desain grafis tersebut. Sebagai contoh, desain grafis yang ditujukan untuk remaja tentunya akan berbeda dengan desain yang ditujukan untuk kalangan profesional dewasa.

Jika sebuah produk yang akan dibuat berbentuk buku atau mungkin kumpulan makalah dari sebuah seminar, maka perlu dipertimbangkan proses binding dengan mesin glue binding atau mesin wire stitching. Semua aspek tersebut perlu menjadi pertimbangan sebelum memulai proses membuat desain.

 

Pemilihan Media Kertas yang Tepat

Seluk Beluk Desain Grafis dalam Percetakan - Maxipro

Coated paper

 

Dunia percetakan dapat mencetak gambar dan tulisan di atas berbagai jenis media, dan media yang paling populer adalah kertas. Tersedia berbagai jenis kertas untuk keperluan percetakan dan perdebatan mengenai jenis kertas yang paling tepat untuk jenis produk percetakan tertentu tidak pernah berakhir.

Terlepas dari itu semua, setidaknya ada dua jenis kertas yang dapat dipergunakan dalam usaha percetakan yaitu:

Coated
Kertas jenis ini memiliki berbagai pilihan finishing mulai dari dull, gloss, silk, satin, dan matte. Jenis kertas seperti ini paling cocok dipergunakan untuk produk percetakan yang berupa foto atau produk percetakan yang ingin menonjolkan warnanya. Tinta yang dipergunakan pada kertas jenis ini akan berada di atas permukaan kertas dan tidak meresap ke dalam kertas itu sendiri.

Uncoated
Jenis kertas ini memiliki berbagai pilihan tekstur permukaan seperti halus, vellum, linen, dan wove. Jenis kertas uncoated lebih cocok dipergunakan untuk produk percetakan yang didominasi oleh tulisan atau teks.

 

Tips Membuat Desain Print yang Menarik

Seluk Beluk Desain Grafis dalam Percetakan - Maxipro

Contoh pola dalam desain poster

 

Desain grafis yang nantinya akan dicetak di atas media haruslah mampu menarik perhatian audience. Untuk membuat desain yang benar-benar menarik dan mampu menyampaikan pesan yang diinginkan, ada beberapa tips yang dapat dipraktekkan yaitu:

Mengetahui dengan pasti produk apa yang akan dicetak.
Produk yang berbeda akan memiliki ukuran yang berbeda. Tidak hanya itu, pesan yang akan disampaikan juga perlu disampaikan dengan cara yang berbeda. Teks dalam sebuah poster umumnya bersifat singkat, sementara sebuah brosur akan dipenuhi dengan begitu banyak informasi.

Manfaatkan sistem grid
Sistem grid dalam bentuk garis horizontal, vertikal, kurva, atau dalam bentuk apapun bermanfaat sebagai landasan bagi desainer untuk mengatur penempatan elemen-elemen yang ada baik berupa gambar, teks, logo, dan sebagainya.

Desain dalam bentuk layer atau lapisan
Tidak ada batasan bahwa desain grafis untuk produk percetakan hanya terbatas pada bentuk tertentu. Desain saat ini sudah jauh lebih beragam dengan pilihan multi-layer atau lapisan yang saling bertumpuk antara gambar dengan teks, gambar dengan gambar, dan lain sebagainya. Desain dalam bentuk layer seperti ini memiliki pesona tersendiri namun perlu diperhatikan agar lapisan yang dipergunakan mampu saling melengkapi dan tidak saling menutupi elemen yang sudah ada.

Gaya minimalis yang penuh gaya
Gaya minimalis saat ini terlihat dalam berbagai aspek kehidupan mulai dari desain interior hingga desain print. Gaya ini memberikan tampilan yang kontras dan mampu menyampaikan pesan dengan lebih efektif dan efisien

Penggunaan border atau garis tepi
Untuk memberikan kesan spesial dan istimewa, tambahkan border atau garis tepi pada desain yang ada. Jenis border itu sendiri sangatlah beragam mulai dari yang super simple hingga yang rumit dan penuh warna. Jenis border yang dipilih bisa berupa border dengan warna dan bentuk yang serupa dengan desain yang sudah ada, atau dapat juga menggunakan border yang penuh warna dan kontras untuk lebih menonjolkan isi desain.

Penambahan pola
Penambahan pola dapat memberikan daya tarik lebih dari desain yang sudah ada. Selain menjadi daya tarik tambahan, penggunaan pola juga dapat memperkuat kesan dari brand tersebut misalnya saja pola polkadot dapat memperkuat kesan playfull, sementara pola dedaunan kering dapat memperkuat kesan damai.

Warna hitam sebagai background
Umumnya sebuah desain grafis menggunakan warna putih sebagai warna background. Namun, trend yang berkembang menunjukkan bahwa warna hitam merupakan pilihan warna yang tidak kalah keren. Warna ini memberi kesan elegan, misterius, dan mewah. Kesan tersebut akan menjadi lebih kuat apabila dipadukan dengan media cetak berkelas.

Konsisten
Seorang desainer grafis yang akan membuat desain print untuk sebuah produk atau brand perlu mempertahankan konsistensi desain. Artinya, apabila produk atau brand tersebut sudah memiliki desain yang identik dengan nama produk, maka pastikan untuk menampilkan hal serupa untuk desain terbaru. Hal ini merupakan salah satu upaya mempertahankan komunikasi dan kepercayaan dari para konsumen dan pelanggan setia.

Orientasi yang berbeda
Tidak ada aturan yang mengatur bahwa orientasi desain harus berbentuk portrait, landscape, vertikal, atau horizontal. Orientasi yang berbeda akan menarik perhatian orang banyak.

Menggunakan gambar atau foto kualitas tinggi
Sebuah gambar berkualitas tinggi mampu menyampaikan pesan dengan lebih efektif dibandingkan kata. Oleh karena itu, tidak heran bila penggunaan gambar dalam desain grafis untuk keperluan printing menjadi satu hal yang tidak bisa dipisahkan. Untuk tujuan ini, selalu pergunakan gambar atau foto berkualitas tinggi. Untuk produk percetakan yang menggunakan foto, pastikan bahwa kualitas warna yang tampil di layar komputer dapat tercetak dengan sempurna dengan menggunakan mesin yang tepat.

Lakukan final cek sebelum mencetak hasil desain grafis
Kesalahan dalam proses cetak akan mendatangkan kerugian yang sangat besar karena proses tersebut harus diulangi kembali. Oleh karena itu, pastikan untuk selalu mengecek ulang desain yang ada, sesuaikan dengan kelengkapan mesin yang tersedia, sesuai dengan kondisi atau situasi penggunaan produk tersebut, dan lain sebagainya. Hal ini akan meminimalisir kesalahan cetak untuk kepuasan klien

Desain grafis yang nantinya akan dicetak dapat berasal dari berbagai sumber. Desain dapat dibuat oleh klien, dari agensi desain khusus, atau dari desainer yang bekerja di usaha percetakan. Keputusan akhir berada di tangan klien, namun terlepas dari itu, pastikan desain yang dipilih adalah desain yang mampu mengkomunikasikan pesan dengan maksimal.

Satu hal lagi yang perlu menjadi perhatian dalam hal desain grafis atau desain print dalam dunia percetakan adalah peralatan yang dipergunakan. Mesin printing yang dipergunakan harus memiliki spesifikasi yang tepat dan mampu memproduksi gambar, text dan warna apapun dengan jelas , tajam, dan semirip mungkin dengan desain yang ada.

Berbicara mengenai kebutuhan mesin untuk percetakan baik percetakan offset maupun digital printing, Maxipro memiliki koleksi mesin, peralatan, perlengkapan, dan juga sparepart untuk semua kebutuhan tersebut. Maxipro menyediakan semua jenis peralatan yang dibutuhkan untuk mendukung proses percetakan dengan harga terbaik. Selain itu, Maxipro menyediakan tambahan pelayanan berupa servis gratis dan jaminan uang kembali untuk kepuasan pelanggan di seluruh tanah air.

Seluk Beluk Desain Grafis dalam Percetakan - Maxipro