Di jaman seperti ini, ada begitu banyak jenis usaha yang dapat kalian lakukan untuk meraup keuntungan. Salah satunya adalah usaha percetakan. Usaha atau bisnis percetakan menjadi salah satu pilihan populer mengingat jenis usaha lainnya seperti usaha kuliner dan fashion telah begitu menjamur.

Bisnis percetakan sendiri memiliki peluang yang besar mengingat tingkat kebutuhan akan produk cetak seperti baliho, spanduk, undangan, flyer, brosur, selebaran, banner hingga kartu nama semakin meningkat. Tentu saja, sebelum mulai menjalankan usaha percetakan ini, kalian harus mengumpulkan informasi sebanyak mungkin. Bekal informasi ini akan membuat peluang keberhasilan kalian dalam menjalankan bisnis percetakan menjadi lebih besar.

Kelebihan Usaha Percetakan

Mesin digital printing mudah dioperasikan

Jenis dari bisnis percetakan itu sendiri sangatlah luas. Secara umum, dikenal 2 jenis usaha percetakan yaitu percetakan offset dan digital printing. Percetakan offset menggunakan plat atau cetakan khusus untuk mencetak gambar atau tulisan ke atas media. Sementara percetakan digital printing mencetak file digital secara langsung ke atas media yang ada.

Usaha digital printing menjadi bentuk usaha percetakan yang semakin populer belakangan ini. Hal ini disebabkan karena jenis bisnis percetakan ini memiliki berbagai kelebihan yang tidak dimiliki oleh percetakan offset.

Kelebihan dari usaha digital printing itu sendiri meliputi:

  • Proses produksi cepat
    Banyak orang yang memilih untuk menggunakan jasa usaha digital printing karena mampu memproduksi barang dengan lebih cepat. Hal ini dimungkinkan karena gambar yang ada dapat langsung dicetak ke atas media tanpa melalui proses lainnya.
  • Fleksibel dalam jumlah pemesanan
    Usaha digital printing tidak membutuhkan minimal pemesanan. Konsumen dapat memesan dalam jumlah kecil bahkan satuan sekalipun dalam waktu mendadak atau sering juga disebut dengan istilah print on demand.
  • Biaya produksi lebih rendah
    Alur produksi dari usaha digital printing yang tidak membutuhkan adanya alat tambahan berupa plat membuat biaya yang harus dikeluarkan juga lebih rendah.
  • Praktis dan mudah digunakan
    Pada dasarnya, cetak digital serupa dengan proses cetak yang umum dilakukan banyak orang setiap harinya dengan mesin printer mereka masing-masing. Prinsip yang serupa membuat proses cetak digital dalam usaha percetakan menjadi lebih mudah dipahami, mudah digunakan, dan tentu saja lebih praktis.
  • Hasil cetak yang tajam
    Kualitas gambar dan ketajaman warna dari produk usaha digital printing terbilang lebih tinggi. Para pelaku usaha dapat mengatur semua elemen tersebut dan menyesuaikannya dengan media cetak yang dipergunakan untuk memberikan hasil cetak yang super tajam.
  • Cocok untuk usaha start-up
    Usaha digital printing cocok dijadikan sebagai usaha start-up. Jenis usaha ini tidak membutuhkan tenaga kerja yang banyak dan alat yang dibutuhkan juga terbilang sedikit.
  • Ramah lingkungan
    Seiring dengan teknologi yang semakin maju, jenis bahan dan peralatan yang dipergunakan untuk usaha percetakan juga semakin berkembang. Jenis tinta yang dipergunakan semakin ramah lingkungan. Selain itu, melihat alur proses produksi bisnis percetakan digital yang lebih pendek, bahan yang dipergunakan juga lebih sedikit sehingga meminimalisir sampah, yang berarti usaha jenis ini lebih ramah lingkungan.

Jenis Peluang Usaha Digital Printing

Ragam produk percetakan

Terdapat berbagai peluang usaha digital printing yang dapat dibedakan menjadi beberapa kategori sesuai dengan jenis produk yang dihasilkan, yaitu:

  • Percetakan undangan
    Beberapa pelaku bisnis percetakan berfokus pada produk yang satu ini. Jenis undangan yang dibuat sangat beragam mulai dari undangan pernikahan, ulang tahun, syukuran khitan, dan lain sebagainya
  • Percetakan formulir dan berbagai kelengkapan alat tulis lain seperti amplop, map, dan kalender
    Dalam upaya branding, sebuah kantor, perusahaan, ataupun organisasi membutuhkan produk-produk yang memasang nama perusahaan masing-masing. Hal ini muncul dalam segala jenis produk mulai dari formulir, amplop, map, serta kalender. Hal ini merupakan sebuah peluang usaha tersendiri dalam bisnis percetakan.
  • Buku
    Saat ini produksi buku semakin meningkat tajam dan tidak hanya terbatas pada percetakan atau penerbit besar. Penerbit skala kecil mulai bermunculan dan semuanya membutuhkan seseorang untuk mencetak semua buku tersebut. Untuk keperluan usaha percetakan ini, kalian membutuhkan lebih dari sekedar mesin cetak. Kalian membutuhkan beberapa mesin tambahan seperti mesin potong kertas, mesin binding , hingga mesin laminating.
  • Spanduk, banner, poster, brosur, dan flyer
    Peluang bisnis percetakan lain yang juga tidak bisa dipandang remeh adalah pembuatan spanduk, banner, poster, brosur, dan flyer. Jenis produk cetak ini umumnya dibutuhkan oleh perusahaan ataupun organisasi yang akan melaksanakan sebuah event atau untuk mempromosikan produk mereka. Jenis produk ini juga sangat populer di masa kampanye.
  • Percetakan kaos
    Peluang usaha digital printing lain yang dapat kalian coba adalah bisnis percetakan kaos. Percetakan kaos dengan teknik digital printing akan menghasilkan produk yang terkesan eksklusif karena tidak diproduksi secara masal dan dapat dimodifikasi sesuai kebutuhan dan keinginan konsumen.
  • Percetakan mug
    Usaha digital printing yang berfokus pada percetakan mug juga mulai banyak dilirik. Konsumen dapat memilih untuk mencetak gambar apa saja pada mug masing-masing. Konsumen untuk jenis usaha percetakan ini dapat berasal dari individu yang menginginkan sesuatu yang bersifat personal ataupun perusahaan atau organisasi yang ingin membuat souvenir.

Modal Usaha Percetakan

Hitung-hitungan modal usaha percetakan

Sebelum memulai usaha digital printing, tentu saja kalian harus mempertimbangkan banyak hal salah satunya adalah modal yang dibutuhkan. Modal ini tentu saja erat kaitannya jenis produk cetak yang akan kalian buat. Produk cetak yang berbeda membutuhkan jenis mesin yang berbeda, sebagai contoh, mesin cetak untuk membuat spanduk ukuran besar tentu saja berbeda dengan mesin untuk membuat stiker.

Dalam menghitung modal bisnis percetakan, pertimbangkan hal-hal berikut:

  • Harga mesin. Cari informasi harga mesin sesuai dengan produk cetak yang ingin diproduksi. Mesin digital printing large format untuk membuat spanduk tentu saja memiliki harga berbeda dengan mesin digital printing stiker
  • Komputer. Gambar yang akan dicetak merupakan gambar atau file digital jadi mau tidak mau kalian harus memiliki komputer dengan spesifikasi yang mendukung. Spesifikasi ini termasuk kemampuan untuk membuka dan mengedit gambar dengan software Adobe atau software pembuat gambar lainnya.
  • UPS atau stabilizer untuk keamanan mesin digital printing dan komputer kalian, dikala terjadi pemadaman listrik mendadak. Pilih UPS dengan spesifikasi yang sesuai dengan kebutuhan listrik mesin. Tegangan listrik yang turun naik atau pemadaman yang terjadi secara tiba-tiba dapat merusak mesin printing, jadi pastikan untuk berinvestasi pada produk ini.

Selain alat-alat utama tersebut, kalian juga harus menghitung biaya yang perlu dikeluarkan untuk kebutuhan operasional bisnis percetakan seperti:

  • Mesin mata ayam yang dipergunakan untuk membuat lubang mata ayam pada spanduk.
  • Mesin glue binding untuk memasang cover pada buku ataupun dokumen lainnya
  • Mesin potong kertas. Apabila kalian akan memproduksi sesuatu dalam jumlah besar, maka jenis mesin yang satu ini patut menjadi bahan pertimbangan
  • Lem yang sesuai kebutuhan. Jenis produk dan mesin akan mempengaruhi jenis lem yang digunakan. Kalian bisa menggunakan lem vinyl, lem putih, atau hot glue. Untuk aplikasi lem, kalian dapat menggunakan mesin lem khusus.
  • Tinta. Pilih tinta yang tepat untuk produk yang akan dicetak. Untuk usaha percetakan yang membuat produk seperti spanduk ataupun banner, pilih tinta yang tahan terhadap elemen outdoor seperti panas dan hujan.
  • Bahan atau media cetak seperti kertas, kain katun, vinyl, dan bahan lainnya
  • Biaya lain seperti biaya listrik, air, sewa tempat, karyawan, dan lain sebagainya.

Berbagai jenis bahan dan barang kebutuhan untuk memulai usaha digital printing seperti yang telah disebutkan di atas dapat kalian dapatkan di Maxipro. Maxipro menyediakan aneka ragam mesin beserta perlengkapan yang dibutuhkan untuk kebutuhan percetakan dengan harga bersaing.

Tips Memulai Usaha Digital Printing

Memulai usaha percetakan

Ada banyak faktor yang mempengaruhi dalam menjalankan usaha percetakan digital printing yang sukses. Untuk membantu kalian menuju kesuksesan, ada beberapa tips ringan yang perlu kalian ketahui:

  • Kumpulkan informasi sebanyak mungkin perihal usaha percetakan
    Gali informasi dari sumber terpercaya mengenai bisnis percetakan. Selain itu, cari informasi mengenai jumlah modal yang dibutuhkan di awal usaha. Dengan begini, kalian dapat memperkirakan berapa banyak modal yang harus disediakan dan bisa mencari modal tersebut sejak dinia
  • Mencari tahu tentang seluk beluk percetakan
    Sebelum mulai terjun ke dalam usaha digital printing, kalian hendaknya sudah tahu dengan pasti apa dan bagaimana percetakan itu? Mesin apa saja yang dibutuhkan, tempat untuk mendapatkan mesin dengan harga terbaik, proses atau langkah-langkah percetakan, dan lain sebagainya. Kalian bisa belajar langsung dari para pelaku usaha percetakan, atau dapat juga dengan mencari informasinya melalui internet.
  • Memperluas jaringan
    Di masa awal menjalankan usaha digital printing, kalian mungkin akan kesulitan mencari konsumen. Untuk mempermudah upaya ini, ada baiknya kalian memperluas jaringan baik secara offline maupun online. Hal ini bukan hanya akan membantu kalian mendapatkan konsumen, namun juga dapat membantu dalam hal penggalian informasi mengenai jenis usaha ini.
  • Membuat rancangan bisnis
    Rancangan bisnis yang dimaksud disini meliputi banyak hal mulai dari modal awal yang dibutuhkan, biaya operasional, biaya sampingan, perkiraan keuntungan, waktu yang dibutuhkan hingga modal kembali sepenuhnya (ROI), strategi pemasaran, branding, hingga strategi unik yang akan membuat produk kalian berbeda dibandingkan yang lain.
  • Promosi
    Lakukan promosi secara offline dengan menggunakan spanduk atau secara online dengan memanfaatkan media sosial. Jangan pernah meremehkan kekuatan media sosial seperti Instagram dan Facebook untuk urusan promosi. Kalian bisa menggunakan media tersebut tanpa harus mengeluarkan biaya apapun
  • Kreatif dan pantang menyerah
    Berikan sesuatu yang unik pada setiap produk kalian. Fitur unik ini bisa berupa tawaran diskon, logo dan slogan yang unik, ataupun penawaran tambahan yang mungkin tidak diberikan oleh saingan bisnis percetakan lain.

Semua aspek tersebut merupakan hal-hal yang perlu kalian pertimbangkan sebelum memulai usaha digital printing. Untuk segala sesuatu yang berkaitan dengan percetakan baik percetakan offset ataupun percetakan digital, kalian bisa menemukan peralatan yang tepat di Maxipro. Maxipro menyediakan produk yang berkualitas dengan harga bersaing dan jaminan garansi. Tersedia garansi servis gratis untuk satu tahun dan berbagai kelebihan lainnya untuk kelancaran usaha percetakan kalian semua.