Baru Buka Bisnis Percetakan? Wajib Miliki 10 Peralatan ini !

Jual Mesin Booklet Maker Rapid Harga Murah - Maxipro.id

Jika kalian tinggal di sekitar sekolah atau kampus tentu bisnis percetakan sangat cocok untuk dijalankan, karena kebanyakan anak sekolah atau kuliah pasti membutuhkan percetakan baik untuk tugas biasa hingga untuk cetak karya tulis ilmiah.

Jika kalian memiliki keinginan membuka bisnis jasa percetakan, kalian perlu mencari tahu apa saja peralatan yang mungkin bisa diperlukan sebelum memulai membuka bisnis percetakan. Maxipro akan memberitahu kalian perlengkapan apa saja yang disiapkan jika ingin memulai bisnis percetakan, simak artikel berikut ini: Keunggulan Usaha Percetakan Rumahan

Peralatan yang wajib dimiliki percetakan:

  1. Printer

Jika kalian ingin membuka jasa percetakan, benda atau peralatan utama yang harus dimiliki adalah printer. Pengertian printer berasal dari kata print yang berarti cetak, dengan demikian printer adalah sebuah alat untuk mencetak.

Printer ini pasti dibutuhkan sebab bagaimana mungkin bisa membuka usaha percetakan kalau tidak memiliki mesin cetak (printer). Saat ini kalian bisa menggunakan printer yang dilengkapi dengan scan dan fotokopi juga juga. Namun sangat jarang sekali ada pelanggan yang meminta scan produk, tapi alangkah baiknya jika menyediakan pelayanan yang lengkap. Ini akan menjadi kelebihan dari jasa percetakan yang lain.

  1. Perangkat PC/Komputer/Laptop

Selain alat untuk mencetak, percetakan pasti tidak bisa tanpa komputer sebagai medianya. Komputer digunakan untuk proses pengeditan dokumen yang hendak dicetak, atau keperluan lain seperti mengedit foto. Yang pasti jasa percetakan tidak mungkin bisa dijalankan tanpa adanya perangkat komputer.

Menggunakan perangkat bekas atau second dengan harga yang murah bisa menjadi solusi. Sebuah percetakan biasanya membutuhkan komputer yang banyak menyesuaikan jumlah printer yang dimiliki. Maka tips mengakalinya adalah dengan membeli perangkat komputer yang low-end atau bisa membeli komputer second (bekas).

Baca juga: Tips Memilih Mesin Percetakan! Beli Baru atau Bekas?

Syarat yang harus diperhatikan jika membeli komputer low-end atau bekas adalah bisa menjalankan word, editor photo, dan aplikasi pendukung lainnya serta tidak lemot. Karena jika kalian membeli komputer baru semua dengan spek high-end tentu akan sangat keberatan dengan mengeluarkan biaya yang cukup besar. Tapi jika kalian ingin menggunakan komputer yang baru siapkan 1 saja untuk kalian gunakan sendiri jika ada orderan mendesak.

  1. Gunting dan Cutter

Gunting dan cutter juga merupakan perlengkapan yang wajib dimiliki jika hendak membuka usaha percetakan. Karena gunting dan cutter sangat sering dibutuhkan dalam proses pemotong kertas atau gambar, seperti pinggiran kertas yang tidak rapi dan sebagainya.

  1. Pemotong kertas (Paper cutter)

Pemotong kertas yang dimaksut adalah pemotong kertas jepit besar dan bisa digunakan untuk memotong kertas tebal dalam jumlah yang banyak. Pemotong kertas ini beda dengan gunting, jika menggunakan gunting kalian akan menghabiskan waktu. Sangat merepotkan sekali jika banyak yang mencetak dokumen lebih dari 10 bukan?

Jika jasa percetakan kalian sudah besar, Maxipro merekomendasikan mesin potong profesional  Jual Mesin Potong Kertas Harga Murah | Garansi Service

Pada dasarnya mesin pemotong kertas memiliki tiga fungsi pokok dalam membantu meringankan pekerjaan. Yang paling banyak digunakan adalah untuk merapikan serta memotong kertas menjadi beberapa bagian dan juga ukuran yang diinginkan. Ketika akan gunakan untuk merapikan bagian pinggir kertas maka kalian bisa menggunakan fungsi yang lainnya yaitu bagian yang digunakan untuk menekan atau mengepress tumpukan kertas. Selain itu juga bisa digunakan untuk memadatkan kertas yang akan dijilid sehingga hasil penjilidan nantinya bisa cukup kuat sekali. Jadi jika Anda memiliki kebutuhan seperti penjilidan maupun masalah lainnya yang berhubungan dengan mesin pemotong kertas sebaiknya segera membelinya supaya dapat meringankan pekerjaan.

  1. Stapler (Staples)

Kalian pasti tau kegunaan peralatan ini? Staples digunakan untuk menggabungkan lembaran-lembaran dokumen yang telah dicetak agar tidak mudah terpisah antara satu dengan lainnya. Staples dibutuhkan beberapa jenis sesuai kebutuhannya, yaitu:

  • Staples kecil, untuk menyatukan dokumen dalam jumlah sedikit atau tipis.
  • Staples sedang, digunakan untuk dokumen yang lumayan tebal 10-20 lembar.
  • Sedangkan staples besar, digunakan untuk karya ilmiah, skripsi dan lainnya.

  1. Penggaris dan Lakban Hitam

Penggaris besi (Mistar besi) digunakan untuk mempermudah proses pemotongan tepi oleh cutter, tujuannya agar hasil pemotong tepi pada dokumen yang dijilid atau dicetak rapi. Sedangkan lakban hitam digunakan untuk menutupi sudut potong buku yang telah di stapler.

Baca juga: Peluang Usaha Jilid Skripsi Mudah | Cara jilid Hardcover
  1. Mesin FotoCopy

Kurang lengkap jika membuka jasa percetakan tanpa ada mesin fotocopy. memang harga mesin fotokopi jauh lebih mahal dibandingkan dengan mesin mesin keperluan percetakan yang lainnya. Tapi fotocopy ini yang paling dibutuhkan baik untuk keperluan belajar mengajar di sekolahan, maupun keperluan pekerjaan dan dinas.

  1. Laminating

Laminating juga diperlukan jika usaha kalian melayani pembuatan dokumen-dokumen penting seperti sertifikat tanah, piagam dan surat berharga lainnya. Tidak semua percetakan memiliki laminating karena sebagian percetakan masih menganggap yang menggunakan jasa laminating ini lebih jarang dibanding fotokopi atau cetak pada umumnya. Tapi jika kalian memiliki modal, kalian bisa membuka jasa percetakan lebih lengkap dari pesaing.

Perlengkapan Tambahan

Kalau kalian punya budget lebih berikut peralatan yang bisa kalian beli untuk memaksimalkan usaha percetakan;

  • Flash Disk(Optional)

Sebaiknya disiapkan flashdisk minimal satu buah untuk jaga jaga kalau pelanggan yang datang membawa laptop dan tidak memiliki flashdisk sendiri. Selain Harganya tidak mahal karena satu buah flashdisk ukuran 8gb harganya tidak sampai 50 ribu, kenyamanan pelanggan juga disiapkan.

  • Koneksi Internet/Wifi

Kadang kala ada beberapa pelanggan yang ingin mencetak file atau dokumen yang ada di internet, email, atau portal kampus. Jadi kalian bisa siapkan koneksi internet, sehingga diperlukan memasang wifi atau siapkan satu buah komputer yang terpasang modem untuk mempermudah proses percetakan.

Rekomendasi Mesin Jilid Staples : 

Mesin Dekstop Jahit Kawat 1 Mata Hohner

Mesin Dekstop Jahit Kawat 2 Mata Hohner

Mesin Jahit Kawat 2 Mata M2000 1 CM

×