Tahukah kalian bahwa banyak sekali produk yang bisa dihasilkan dalam dunia percetakan. Baik untuk kebutuhan promosi hingga kebutuhan sehari-hari. Penggunanya pun beragam dari bidang akademik, pemerintah, perusahaan hingga organisasi. Contoh produk yang dihasilkan dari berbagai jenis buku, souvenir, banner, brosur dan masih banyak lagi.

Buku merupakan salah satu peran vital dalam kehidupan sehari-hari manusia dari dulu hingga sekarang. Di dalam dunia percetakan, buku dikelompokkan menjadi beberapa jenis sesuai kegunaannya yang berbeda-beda. Berbagai jenis buku dapat dicetak dengan mesin offset dan digital printing sesuai kebutuhan. Berikut adalah jenis-jenis buku dalam percetakan dan fungsinya;

Buku Agenda

Buku agenda adalah buku yang digunakan untuk melakukan pencatatan dan juga pengingat dalam beraktivitas atau keperluan setiap hari. Buku ini dapat digunakan oleh siapa saja yang memiliki kesibukan seperti mencatat penting saat rapat dan mengingat kegiatan.

Buku agenda tidak hanya sebagai sekedar catatan pengingat, tapi juga sebagai buku kerja, jurnal dan menuangkan ide untuk meningkatkan kualitas pekerjaan sehari-hari. Buku dicetak dengan menambahkan nama dan logo perusahaan, sehingga dapat dibagikan kepada karyawan maupun klien perusahaan. Membagikan buku agenda kepada klien dapat pula dijadikan media promosi bisnis tanpa orang-orang sadari.

Buku Nota Faktur

Buku nota faktur atau nota invoice adalah buku yang memiliki beberapa rangkap sebagai pencatatan dan transaksi secara tertulis antara penjual dan pembeli. Berbagai bisnis memerlukan buku ini untuk kelangsungan operasional.

Dalam pencetakannya buku nota hanya dengan satu tinta misal warna hitam saja atau warna lainnya. Jumlah rangkap dalam buku nota faktur dapat diatur sesuai keinginan. Baik 2 rangkap atau lebih dengan menambahkan kertas karbon (kertas NCR), bisa berbagai pilihan warna berbeda untuk masing-masing rangkapnya.

Namun jika saat pencetakan ingin menambahkan logo berwarna pada bagian sampul maupun isi dalam nota, bisa dilakukan dengan penambahan warna atau cetak full color dengan harga yang lebih mahal.

Buku Katalog Produk

Buku katalog adalah buku yang biasanya menginformasikan produk – produk dengan rinci dan menjadi alat penjualan yang penting. Rincian informasi mengenai produk-produk ini penting bagi konsumen maupun perusahaan untuk mengambil keputusan dalam pembelian sebuah produk dan kemudahan menyampaikan informasi. Terutama jika memiliki usaha dengan banyak macam produk dan produk yang penggunaannya jangka panjang.

Katalog produk ini mengubah cara pelanggan dalam membeli produk. mereka menggunakan buku sebagai acuan pembelian untuk mendapatkan produk yang tepat dan merasa nyaman tanpa harus berulang kali bertanya pada sales atau pemilik toko. Oleh karena itu, banyak bisnis menyediakan buku katalog.

Baca juga : Pengertian dan Fungsi Booklet | Mesin Booklet Rapid

Buku Notes (Catatan)

Berbeda dengan buku agenda yang dilengkapi dengan bentuk kalender. Buku notes atau catatan hanya berisi halaman kosong dengan garis – garis untuk mempermudah penulisan.

Buku catatan sering dijadikan souvenir perusahaan untuk dibagikan ke para kliennya. Tentu dengan perusahaan membagikannya dan menaruh logo atau tagline perusahaan di sampul atau isinya sama halnya dengan branding.

Diatas tadi adalah sebagian dari  jenis-jenis buku dalam dunia percetakan, tentunya masih banyak lagi hasil produk buku yang dihasilkan. Dalam pembuatan buku Рbuku tersebut akan melewati proses cetak hingga finishing. Untuk rekomendasi finishing sampul buku bisa menggunakan laminating dan emboss. Sedangkan untuk isi buku dapat menggunakan mesin potong untuk merapikan dan jilid. Rekomendasi mesin finishing terbaik hanya di Maxipro.co.id.

Baca juga:

KELEBIHAN Mesin Jilid Spiral Percetakan Surabaya

Mesin Jilid Buku Lem Panas

4 Jenis Jilid Buku Yang Sering Digunakan Dalam Percetakan