Jenis buku agenda berdasarkan penjilidan

jenis-agenda-spiral-bound-sesuai-penjilidan

Jenis buku agenda mana yang sering kalian gunakan? Buku agenda dapat meningkatkan produktivitas, sebab itu banyak orang masih menggunakannya. Baik sebagai pengingat jadwal atau perencanaan kegiatan.

Mungkin ada diantara kalian yang tiba – tiba memiliki suatu rencana dan akan melakukannya di lain waktu namun kemudian terlewatkan untuk melakukannya. Dengan buku semacam ini dapat membantu kalian mengingat atau mencatat semua hal yang diperlukan. Buku agenda ini dapat diletakkan di meja kerja, meja belajar, atau dibawa kemanapun ketika melakukan kegiatan. Buku agenda dapat mengingatkan kita dari hal – hal penting yang mungkin bisa terlewatkan.

Ada beberapa jenis pilihan buku agenda yang paling umum ditemui adalah jenis buku agenda spiral. Buku agenda juga dapat di custom sesuai keinginan seperti pada sampul, isi dan penjilidan nya.

Tipe – tipe Desain Agenda Yang Menarik

Maxipro kali ini akan membahas mengenai buku agenda yang menarik baik berdasarkan penjilidan, baik untuk dipakai sendiri maupun sebagai souvenir yang dapat dibagikan oleh perusahaan kepada karyawan atau pun customer. Pengguna agenda terdapat dalam berbagai kalangan dari mahasiswa untuk mencatat jadwal kuliah, karyawan untuk mencatat to-do-list agar tidak ada pekerjaan yang terlewatkan, atau ibu rumah tangga yang ingin mencatat kebutuhan rumah dan belanjaannya.

Untuk ukuran agenda disarankan agar tidak terlalu besar, karena pada dasarnya memiliki agenda adalah agar dapat membawa buku catatan ini kemana-mana secara praktis. Ukuran standar untuk agenda adalah A5 (14.8 x 21cm). Namun tidak jarang sekarang ini ditemui ukuran agenda yang sedikit lebih kecil ataupun sedikit lebih besar. Jenis agenda yang menarik sesuai kebutuhan antara lain;

  1. Agenda Buku
Gambar: Contoh Agenda Buku

Isi agenda buku ini sudah terformat rapi, terdapat kolom tanggal dan jam sehingga dapat segera diisi oleh pengguna. Agenda ini sesuai untuk kamu yang memiliki sedikit kegiatan. Catatan ini mudah ditemukan di beraneka toko stationery atau alat tulis. Cover buku agenda jenis ini biasanya cenderung lebih simpel dan resmi karena pemakainya biasanya kalangan pekerja kantoran. 

Biasanya agenda buku ini menggunakan sampul dari kulit biasa berbentuk hard cover. Menggunakan jilid benang yang dipadukan dengan jilid lem panas supaya lebih awet dan tahan lama. Untuk cover agenda buku juga tidak dicetak dengan tinta, namun bisa ditambahkan finishing seperti hot print (poly), emboss dan deboss pada permukaannya dan harganya pun relatif mahal.

2. Buku Agenda Spiral

Gambar: Contoh Buku Agenda Spiral

Bentuk agenda ini hampir sama dengan agenda buku, perbedaannya hanya dari langkah menjilid nya. Seperti namanya, agenda ini dijilid bersama dengan spiral di sebelah kiri. Kelebihan buku agenda spiral ini buku dapat dibuka datar 180 derajat tanpa menekuk halaman sehingga lebih leluasa untuk menulis. Jenis jilid Spiral ini bisa digunakan pada agenda, karena pada umumnya buku agenda tidak memiliki terlalu banyak isi. Maxipro merekomendasikan mesin spiral.

3. Agenda Ring Bound

Gambar: Contoh Agenda Ring Bound

Pengguna agenda ini adalah kalangan anak muda, karena memiliki desain yang unik, isi yang dapat di refill kembali dan dapat dihias sesuai selera. Agenda ini cocok untuk dijadikan souvenir perusahaan untuk customer ataupun karyawan. Jilid agenda ini sama seperti buku agenda spiral yaitu menggunakan jilid spiral, hanya saja tampilannya lebih menarik dan tidak membosankan.

Demikian ulasan tentang jenis buku agenda yang menarik berdasarkan penjilidannya. Untuk mesin finishing terlengkap hanya di Maxipro.co.id.

Baca juga:
Mengenal lebih dalam Perbedaan Emboss dan Deboss
Mengenal perbedaan Hot Print dan Cold Print Stamping

×