Dapatkan informasi dan promo menarik dari maxipro sekarang juga!

Mengenal Perbedaan Emboss dan Deboss

Apakah kalian memperhatikan dompet kulit yang kalian miliki? Coba perhatikan emboss logo atau tulisan yang tercetak pada dompet kulit kalian? apakah menonjol atau biasa saja?

Pertanyaan ini sedikit mengulik sedikit pengetahuan kalian mengenai finishing produk cetak, karna hasil cetak tidak akan terlihat menarik tanpa adanya finishing. Ada banyak jenis finishing yang dikenal didalam dunia percetakan salah satunya adalah teknik emboss dan deboss.

Proses finishing teknik emboss dan deboss ini banyak digunakan pada cetak komersial, tidak hanya kartu nama tapi juga cover buku, postcard, packaging, bahan kulit dan lain sebagainya. Untuk tinggi dan kedalaman emboss dan deboss dapat diatur sesuai kebutuhan. Teknik emboss dan deboss dapat diterapkan menggunakan kertas dengan gramatur lebih tebal agar menimbulkan efek emboss atau deboss yang lebih kentara.

Nah kalian pasti masih ingin tahu lebih jauh pengertian dan perbedaan dari masing-masing teknik emboss dan deboss kan? Mari kita cari tahu dari artikel ini ..

Pengertian Emboss dan Deboss

Emboss adalah teknik finishing yang memberikan hasil cetak timbul atau naik pada permukaan kertas yang ingin dicetak. Acuan emboss berasal dari logam hasil proses cukil atau disebut klise. Acuan tersebut terdiri dari dua bagian, bagian yang menonjol (jantan) dan bagian yang cekung (betina). klise berada dibawah besi yang dipanggil metal die, yang akan dipress keatas pada media cetak untuk memberi hasil timbul pada lapisan kertas. Sehingga pada hasil emboss akan meninggalkan bekas terbalik pada sisi lawan media tersebut.

Sedangkan Deboss adalah teknik finisihing yang memberi hasil akhir efek berlawanan dari emboss. Jika emboss memberi hasil akhir dengan desain timbul maka deboss memberi efek tenggelam atau cekung.

Teknik finishing deboss kali ini klise tidak terdapat dibawah besi metal die, tetapi metal die terdapat didepan media cetak atau atas media cetak. Setelah dipress akan menghasilkan desain yang masuk ke dalam. Selain metode tersebut terdapat metode lain yang menggunakan proses digital debossing, dimana tulisan dan desain foil dapat diatur dari software menggunakan klise.

Sederhananya jika klise dibawah metal die lalu media cetak dipress keatas maka hasil akan timbul yaitu emboss, sedangkan jika metal die terdapat didepan atau diatas media cetak maka hasil akan tenggelam atau cekung yaitu deboss.

Proses emboss dan deboss ini dapat dilakukan dengan menggunakan mesin dan manual. Namun saat ini telah ditemukan inovasi baru di industri percetakan dalam membuat emboss dan deboss yaitu chemical embossing. Chemical embossing atau disebut efek kulit jeruk, merupakan teknik cetak offset dengan menggunakan 3 tahap pelapisan yang dilakukan secara bersamaan pada 1 mesin (inline). Tahap pelapisan yang dilakukan yaitu dengan memadukan antara tinta UV CMYK (Cyan, Magenta, Yellow, dan Black) yang kemudian dilapisi tinta UV khusus atau OP varnish (over print varnish), pada area cetak tertentu. Setelah kering pada seluruh area cetak tersebut dilapisi kembali dengan UV varnish atau gloss varnish dan keringkan kembali secara bersamaan dengan lampu Ultra Violet (UV lamp).

Setelah mengetahui perbedaam emboss sama deboss, anda sebaiknya lanjut membaca artikel ini.

Sekarang kalian sudah tau kan perbedaan emboss dan deboss? Semoga artikel ini dapat menambah wawasan kalian yang ingin memulai usaha di industri percetakan.

Related Posts

Post a Comment

Mesin Percetakan

Harga Mesin Percetakan Terbaik Hanya Di Maxipro, Kegiatan Usaha Percetakan Anda Jadi Lebih Praktis Dan Mudah. Mesin percetakan offset dan mesin digital printing merupakan kategori peralatan usaha percetakan yang paling populer di Indonesia. Hal ini dikarenakan proses pencetakannya yang sangat mudah tanpa adanya jumlah minimal order. Anda bahkan bisa mencetak satu lembar jika diperlukan. Mesin ini digunakan untuk mencetak cetak kartu nama, leaflet, nota, majalah dan berbagai jenis cetakan lain. Dengan fungsinya yang menarik mungkin Anda bertanya-tanya berapa harga mesin percetakan atau mesin digital printing ini? Jawabannya bisa Anda temukan dengan menghubungi CS (Customer Service) kami di website Maxipro. Harga mesin percetakan cukup bervariasi sesuai dengan spesifikasi, ukuran, fitur dan material yang digunakan.

Jenis-Jenis Mesin Percetakan

Mesin percetakan yang berkualitas akan mempengaruhi hasil cetakan Anda. Seperti keakuratan warna yang dihasilkan serta kerapian pada hasil cetakan Anda. Mesin ini hadir untuk memenuhi kebutuhan Anda dalam mencetak dokumen baik dalam jumlah yang sedikit maupun banyak dengan waktu yang relatif singkat. Untuk mendapatkan mesin percetakan ini dan berbagai peralatan usaha lain Anda bisa mengunjungi Maxipro. Maxipro merupakan distributor mesin percetakan surabaya yang terpercaya dan terjamin kualitasnya. Sebagai distributor mesin percetakan surabaya, Maxipro juga menyediakan berbagai mesin dan peralatan usaha seperti Mesin Laminating, Mesin Laminasi, Alat Laminating, Alat Laminasi untuk laminating kertas, Mesin Potong Kertas, Mesin Potong Kartu Nama, Mesin Pemotong Kertas, Alat Potong Kertas, Alat Potong Kartu Nama, Alat Pemotong Kertas, Mesin Jilid Buku, Alat Jilid Buku untuk Jilid Buku, Alat Creasing, Alat Rel, Mesin Rel Kertas, Mesin Rel Kertas.

Maxipro, Lengkap dan Terpercaya

Jika Anda sedang mencari mesin percetakan dan peralatan usaha maka memilih Maxipro merupakan pilihan yang tepat untuk Anda. Maxipro sebagai distributor mesin percetakan surabaya menjual peralatan cetak dari berbagai merek yang di import langsung dari produsen. Semua peralatan cetak yang kami jual sudah terbukti kualitas dan keandalannya. Sebagai Supplier Terpercaya dalam bidang grafika dengan harga murah dan produk yang terbaik. Bila anda pemilik digital printing, percetakan, tempat fotokopi, PT. Maxipro Group Indonesia adalah tempat terbaik untuk anda membeli bahan cetak, alat cetak, mesin fotokopi dan mesin finishing. Terlengkap dan harga murah. Hanya Maxipro Pusat Perlengkapan Percetakan Terlengkap !

Hubungi Kami

Hubungi Kami


    This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

    location

    Surabaya

    Jl. Semut Baru
    Kompleks Pengampon Square C6

    location

    Jakarta

    Jl. Pangeran Jayakarta 44
    Komplek Hotel Orchardz Kav 35