Dapatkan informasi dan promo menarik dari maxipro sekarang juga!

Mengenal Mesin Hot Print Poly Emboss, Mulai Dari Jenis dan Fungsi

Seiring berkembangnya zaman bisnis percetakan pun juga ikut berkembang. Saat ini layanan yang disediakan dalam usaha percetakan tidak hanya meliputi fotokopi atau mencetak  pada mesia kertas saja. Kini Anda pun bisa membuat logo, tulisan, hingga gambar pada berbagai media, seperti plastik, karet, hingga kulit. Mesin hot print merupakan alat yang umum digunakan untuk menghasilkan cetakan yang sempurna.

Bagi Anda yang ingin memulai usaha percetakan, memiliki mesin emboss atau hot print akan sangat membantu dalam mengembangkan layanan pada industri percetakan. Untuk mengetahui mengenai fungsi, jenis, dan cara menggunakan mesin hot print ada baiknya Anda menyimak ulasan berikut ini.

Mengenal Apa itu Mesin Hot Print

Hot print bisa disamakan dengan emboss, yang tak lain adalah sebuah teknik akhir dalam sebuah percetakan yang digunakan untuk mempercantik, memberikan kesan mewah, elegan dan berkelas pada hasil cetakan. Metode hot print ini digunakan untuk membuat teks atau logo dengan tampilan yang timbul dan mengkilap yang menggunakan tinta emas atau sejenisnya. Biasanya teknik hot print ini digunakan untuk mencetak undangan, sertifikat, hingga sampul buku.

Untuk mendapat hasil cetakan emboss maka dibutuhkan alat khusus, yaitu mesin emboss atau hot print, yang didesain khusus untuk mencetak dengan teknik poly emboss. Cara menggunakan mesin hot print cukup mirip seperti alat cap. Bedanya mesin emboss ini menggunakan cap panas dan pita foil untuk mencetak huruf atau logo dengan efek timbul.

Agar hasil cetak yang dihasilkan terlihat elegan, biasanya digunakan pita foil warna silver atau emas. Penggunaan metode hot print sendiri tidak hanya dapat diaplikasikan pada permukaan kemasan plastik atau kertas undangan saja, mesin hot print poly emboss juga memungkinkan Anda untuk mencetak pada media lain yang bersifat hard cover.

Fungsi Mesin Emboss

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya jika mesin emboss atau yang lebih dikenal dengan sebutan mesin hot print ini berfungsi untuk membuat logo atau tulisan berkilau. Tapi bukan itu saja mesin ini juga dapat menghasilkan cetakan dengan tekstur tampilan yang timbul.

Pada umumnya mesin emboss digunakan dalam pembuatan undangan pernikahan untuk memberikan tampilan yang mewah dan elegan. Tapi bukan itu saja, bagi usaha percetakan yang ingin menyediakan layanan pembuatan kartu anggota dapat menggunakan mesin ini untuk membuat cetakan huruf dan angka yang timbul pada kartu. Cara menggunakan mesin hot print pun tidak terlalu rumit, sehingga memudahkan dalam pengoperasiannya.

Beragam Jenis Mesin Hot Print

Bagi Anda yang sedang mencari mesin untuk hot print, ada beberapa jenis mesin hot print poly emboss dengan kualitas terbaik yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan, seperti berikut ini;

  • Mesin Hot Print Samping

Segala manfaat mesin emboss manual dapat ditemukan pada mesin tipe ini ini. Mulai daya tahan mesin yang tinggi hingga kemudahan dalam cara menggunakannya dapat ditemukan pada mesin ini. Selain itu tipe mesin untuk embos ini dibuat dari bahan berkualitas sehingga memiliki bodi yang kokoh, yang membuat mesin menjadi lebih awet dan menghasilkan cetakan yang sempurna.

Bukan itu saja, cara menggunakan mesin hot print samping ini juga tidak terlalu rumit karena pengaturan dibuat sesederhana mungkin, sehingga memudahkan operator dalam pengoperasiannya agar bisa menghasilkan cetakan yang sesuai keinginan.

  • Mesin Hot Print 10 Bar

Jenis atau tipe ini merupakan salah satu mesin emboss terbaik yang bisa ditemukan saat ini. Mesin ini dibuat dengan standar industri dan dibekali dengan berbagai fitur yang akan semakin memudahkan proses print poly emboss. Selain itu jenis mesin satu ini juga menawarkan kemudahan mesin emboss otomatis. Cara menggunakan mesin hot print ini juga cukup fleksibel sehingga memudahkan untuk menghasilkan cetakan sesuai keinginan.

Sedangkan untuk urusan desain, mesin emboss ini masih mengacu pada mesin hot print pada umumnya, sehingga memudahkan operator untuk memahami cara menggunakan mesin hot print dengan baik. Mesin ini dirakit dengan menggunakan bahan-bahan berkualitas sehingga keawetan mesin pun dapat terjamin.

  • Mesin Hot Print Mini

Bagi Anda yang ingin mengembangkan usaha percetakan, jenis mesin satu ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Walau memiliki ukuran yang lebih kecil daripada mesin emboss pada umumnya, namun kapasitas produksinya dapat mencapai hingga 2000 lembar per jam.

Guna mendapatkan hasil cetak terbaik, cara menggunakan mesin hot print mini juga dapat diatur tekanan mesinnya sehingga hasil yang sesuai keinginan pun bisa didapatkan. Selain itu, mesin ini juga dilengkapi dengan fitur foil auto slide yang dapat diatur panjang pendeknya.

Setelah tahu jenis-jenis mesin untuk emboss yang biasa digunakan dalam industri percetakan maka kini Anda bisa mencari tempat yang menjual mesin hot print yang berkualitas dan terpercaya seperti di Maxipro.

Cara Menggunakan Mesin Hot Print dan Perawatannya

Selain menggunakan mesin emboss yang berkualitas, cara menggunakan mesin hot print yang benar dan aman juga mempengaruhi hasil cetakan poly emboss. Untuk itu, sebelum mulai mengoperasikan mesin ada baiknya Anda memperhatikan cara menggunakan mesin hot print berikut ini.

  1. Siapkan media bahan untuk mencetak terlebih dahulu.
  2. Nyalakan mesin. Setelah mesin nyal,  cara menggunakan mesin hot print selanjunya agar memberikan hasil maksimal adalah memanaskan mesin dengan mengatur suhu sebesar 200° pada 10 menit pertama. Jika sudah, turunkan suhu mesin sesuai kebutuhan dan mesin siap digunakan.
  3. Langkah berikutnya, siapkan foil beserta media yang akan di emboss. Kemudian masukan media ke dalam tatakan mesin hot print, dan atur media pada posisi yang benar.
  4. Setelah memastikan media sudah berada dalam posisi yang tepat, tekan tuas pada mesin. Perlu diingat, pastikan jangan terlalu menekan tuas mesin terlalu lama agar foil tidak bleber akibat tekanan dan suhu panas yang berlebihan.

Sedangkan untuk merawat mesin emboss agar tahan lama dan tetap beroperasi dengan baik, maka sebaiknya istirahatkan mesin selama 30 hingga 60 menit terlebih dahulu setelah pemakaian selama 3 sampai 4 jam non-stop.

Yang perlu Anda ingat, saat ingin membeli mesin hot print ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Di antaranya adalah dari segi kualitas, harga, hingga layanan purna jual sangat perlu dicermati agar mesin yang dibeli dapat memberi keuntungan jangka panjang untuk Anda.

Sebagai solusi, Maxipro merupakan salah satu pusat mesin hot print di Indonesia yang menyediakan mesin hot print dalam berbagai ukuran dan spesifikasi. Selain memiliki koleksi mesin emboss yang bervariasi, setiap mesin produksi yang tersedia di Maxipro juga memiliki harga yang sangat kompetitif. Tertarik untuk membeli salah satunya tapi bingung harus memilih yang mana? Jangan bingung, layanan konsumen Maxipro siap membantu Anda.

Related Posts

Post a Comment

Mesin Percetakan

Harga Mesin Percetakan Terbaik Hanya Di Maxipro, Kegiatan Usaha Percetakan Anda Jadi Lebih Praktis Dan Mudah. Mesin percetakan offset dan mesin digital printing merupakan kategori peralatan usaha percetakan yang paling populer di Indonesia. Hal ini dikarenakan proses pencetakannya yang sangat mudah tanpa adanya jumlah minimal order. Anda bahkan bisa mencetak satu lembar jika diperlukan. Mesin ini digunakan untuk mencetak cetak kartu nama, leaflet, nota, majalah dan berbagai jenis cetakan lain. Dengan fungsinya yang menarik mungkin Anda bertanya-tanya berapa harga mesin percetakan atau mesin digital printing ini? Jawabannya bisa Anda temukan dengan menghubungi CS (Customer Service) kami di website Maxipro. Harga mesin percetakan cukup bervariasi sesuai dengan spesifikasi, ukuran, fitur dan material yang digunakan.

Jenis-Jenis Mesin Percetakan

Mesin percetakan yang berkualitas akan mempengaruhi hasil cetakan Anda. Seperti keakuratan warna yang dihasilkan serta kerapian pada hasil cetakan Anda. Mesin ini hadir untuk memenuhi kebutuhan Anda dalam mencetak dokumen baik dalam jumlah yang sedikit maupun banyak dengan waktu yang relatif singkat. Untuk mendapatkan mesin percetakan ini dan berbagai peralatan usaha lain Anda bisa mengunjungi Maxipro. Maxipro merupakan distributor mesin percetakan surabaya yang terpercaya dan terjamin kualitasnya. Sebagai distributor mesin percetakan surabaya, Maxipro juga menyediakan berbagai mesin dan peralatan usaha seperti Mesin Laminating, Mesin Laminasi, Alat Laminating, Alat Laminasi untuk laminating kertas, Mesin Potong Kertas, Mesin Potong Kartu Nama, Mesin Pemotong Kertas, Alat Potong Kertas, Alat Potong Kartu Nama, Alat Pemotong Kertas, Mesin Jilid Buku, Alat Jilid Buku untuk Jilid Buku, Alat Creasing, Alat Rel, Mesin Rel Kertas, Mesin Rel Kertas.

Maxipro, Lengkap dan Terpercaya

Jika Anda sedang mencari mesin percetakan dan peralatan usaha maka memilih Maxipro merupakan pilihan yang tepat untuk Anda. Maxipro sebagai distributor mesin percetakan surabaya menjual peralatan cetak dari berbagai merek yang di import langsung dari produsen. Semua peralatan cetak yang kami jual sudah terbukti kualitas dan keandalannya. Sebagai Supplier Terpercaya dalam bidang grafika dengan harga murah dan produk yang terbaik. Bila anda pemilik digital printing, percetakan, tempat fotokopi, PT. Maxipro Group Indonesia adalah tempat terbaik untuk anda membeli bahan cetak, alat cetak, mesin fotokopi dan mesin finishing. Terlengkap dan harga murah. Hanya Maxipro Pusat Perlengkapan Percetakan Terlengkap !

Hubungi Kami

Hubungi Kami


    This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

    location

    Surabaya

    Jl. Semut Baru
    Kompleks Pengampon Square C6

    location

    Jakarta

    Jl. Pangeran Jayakarta 44
    Komplek Hotel Orchardz Kav 35