Dapatkan informasi dan promo menarik dari maxipro sekarang juga!

Mengenal Mesin Jilid Spiral Kawat: Jenis-Jenis Mesin, Fungsi, dan Cara Penggunaannya

Dalam dunia percetakan ada berbagai teknik jilid yang digunakan untuk merapikan dan menata dokumen, salah satunya adalah jilid spiral. Teknik jilid spiral sendiri ada 2 macam. Pertama adalah comb binding, teknik penggabungan dokumen dengan menggunakan alat berbahan plastik berbentuk spiral. Dan yang kedua adalah jilid spiral kawat atau twin loop wire. Teknik penjilidan ini berbeda dengan jenis penjilidan buku yang lain karena menggunakan bahan kawat yang saling berpasangan. Untuk membuat twin loop wire diperlukan mesin jilid spiral kawat yang bagus agar bisa menghasilkan jilidan yang sempurna.

Fungsi Mesin Jilid Spiral Kawat dan Keuntungan Menggunakannya

Pembuatan jilid spiral kawat dapat dilakukan di copy center atau tempat percetakan karena tahapan penjilidan dengan teknik ini membutuhkan ketelitian, dan juga cukup memakan waktu, Pasalnya untuk membuat jilid spiral, maka butuh melubangi satu sisi pada setiap lembaran dokumen. Selain itu ukuran lubang juga harus sesuai dengan ukuran kawat yang akan digunakan untuk menjilid. Baru setelah itu proses pemasangan kawat dapat dilakukan. Namun, pada umumnya tempat percetakan atau copy center menggunakan mesin jilid spiral kawat yang bagus maka proses penjilidan akan lebih mudah dan hemat waktu.

Untuk bisa menghasilkan twin loop wire yang sempurna, hal yang sangat penting untuk diperhatikan adalah pembuatan lubang pada media yang akan dijilid. Kerapian dan kesesuaian ukuran serta jarak lubang dengan ukuran kawat yang akan digunakan untuk menjilid sangat berpengaruh terhadap hasil jilidan. Tentu saja hal tersebut cukup sulit dilakukan secara manual. Oleh karena itu penggunaan mesin jilid spiral kawat yang bagus sangat dibutuhkan untuk teknik jilid satu ini.

Pada umumnya mesin jilid spiral kawat telah dilengkapi fitur pelubang kertas yang dapat diatur sesuai dengan kebutuhan, dan beberapa fitur pendukung lainnya. Hal ini pun memudahkan dalam proses penjilidan. Selain itu hasil jilidan pun dapat lebih rapi sempurna dan tahan lama.

Beragam Jenis Mesin Jilid Spiral Kawat

Mesin jilid merupakan salah satu alat yang bisa dibilang wajib untuk dimiliki dalam usaha percetakan. Sesuai dengan namanya, mesin ini dapat membantu untuk membuat proses binding lebih mudah dan cepat, serta hasil jilidan juga lebih presisi. Salah satu jenis mesin jilid yang bisa digunakan untuk usaha adalah mesin jilid spiral kawat.

Jika Anda ingin membeli mesin jilid spiral kawat, maka pastikan untuk di tempat yang menjual mesin jilid spiral kawat yang bagus seperti di Maxipro.

Untuk menemukan mesin jilid spiral kawat yang bagus, para pemilik usaha percetakan perlu mengetahui terlebih dahulu mesin jilid dengan spesifikasi yang sesuai kebutuhan. Hal ini ditujukan agar mesin jilid spiral kawat yang dibeli dapat benar-benar digunakan, sehingga investasi Anda pada alat tersebut tidak sia-sia.

Nah, untuk dapat menemukan mesin jilid yang sesuai dengan kebutuhan, berikut beberapa jenis mesin jilid spiral kawat yang bagus, yang bisa dijadikan referensi.

  • Mesin spiral Origin 2 in 1

Mesin jilid spiral kawat yang bagus ini memiliki kemampuan binding standar yang cocok untuk menjilid dokumen, makalah, dan berkas-berkas lainnya. Mesin jilid spiral kawat tipe ini memiliki kemampuan untuk melubangi hingga 20 lembar kertas sekaligus dalam sekali proses kerja, dan dapat menjilid 10 sampai 250 lembar dokumen.

Selain itu, mesin ini juga bisa digunakan untuk menjilid dokumen yang menggunakan kertas F4. Penggunaan mesin ini juga dibuat fleksibel, jadi operator bisa mengatur pisau pelubang dan margin kertas yang akan dilubangi sesuai dengan kebutuhan sehingga teks maupun gambar yang ada pada dokumen tidak akan terpotong.

  • Mesin Spiral Kawat 2 In 1 SY

Mesin jilid spiral kawat yang bagus selanjutnya dapat ditemukan dalam tipe 2 in 1 SY. Mesin jilid spiral kawat ini akan menghasilkan lubang berbentuk kotak. Mesin ini cocok digunakan untuk keperluan binding baik di kantor, pusat fotokopi, maupun usaha percetakan karena memiliki kemampuan menjilid dokumen dengan ukuran kertas F4.

Selain pisau pelubang yang menghasilkan lubang berbentuk kotak, mesin jilid spiral kawat ini juga dilengkapi dengan fungsi double wire, yaitu 2:1 dan 3:1. Pitch wire 2:1 dapat menjilid 125 hingga 220 lembar sekaligus. Sedangkan pitch wire 2:1 mampu menjilid sebanyak 10 hingga 125 lembar. Dalam sekali proses pelubangan, mesin jilid spiral ini dapat melubangi 25 lembar sekaligus. Selain itu operator juga dapat mengatur jarak margin dan lubang pada lembaran dokumen sesuai kebutuhan

  • Mesin Spiral Kawat 2 in 1 OL

Bagi Anda yang membutuhkan mesin jilid spiral kawat yang mampu menangani tingkat kebutuhan super besar maka tipe ini adalah pilihan yang tepat. Pasalnya mesin jilid spiral kawat yang bagus ini memiliki kapasitas hingga 25 lembar untuk sekali proses pelubangan, dengan lebar lubang mulai dari 4 mm hingga 330 mm sehingga dapat digunakan untuk ukuran kertas dibawah F4.

Bukan itu saja, operator juga dapat menyesuaikan margin untuk kertas yang akan dilubangi mulai dari 2,5 mm sampai 6,5 mm. Bahkan pengaturan dan pemakaiannya juga cukup mudah sehingga memungkinkan untuk mencapai tingkat kecepatan menjilid yang maksimal. Mesin jilid spiral yang bagus ini juga dilengkapi dengan pisau pelubang yang dapat dilepaskan, mudah dalam

Cara Menggunakan Mesin Jilid Spiral Kawat Secara Umum

1.     Persiapkan mesin jilid dan juga dokumen yang akan dijilid

2.     Setelah semuanya siap, masukkan dokumen ke dalam mesin jilid spiral kawat yang bagus. Untuk hasil yang lebih maksimal masukkan dokumen kurang dari 25 lembar agar mesin bekerja secara optimal.

3.     Siapkan ring binder. Pastikan ukuran kawat sesuai dengan ketebalan dokumen yang akan dijilid. Selain itu pilihlah kawat yang panjangnya sama dengan panjang kertas dokumen, serta memiliki jumlah ring yang sama dengan lubang dokumenAlangkah lebih baik jika menggunakan kawat yang lebih lebar dari ketebalan dokumen untuk menghindari dokumen terlepas ketikan kaitan dibuka.

4.     Jika semua dokumen sudah selesai dilubangi, letakkan ring dengan posisi spiral yang bisa dibuka pada bagian atas. Biasanya terletak di bagian atas alat jilid spiral. Buka spiral selebar-lebarnya.

5.     Setelah itu taruh dokumen dengan posisi vertikal ke arah lubang spiral. Hal ini bertujuan agar bagian spiral yang terbuka berada pada bagian belakang dokumen. Sedikit demi sedikit kurangi bukaan spiral dengan menarik gagang mesin jilid spiral kedepan, sampai semua spiral masuk pada lubang dokumen.

Semoga ulasan singkat mengenai mesin jilid spiral kawat ini bermanfaat. Dan pastikan Anda mendapat mesin jilid spiral kawat yang bagus serta berkualitas hanya di Maxipro. Maxipro menyediakan ragam jenis mesin serta peralatan lain yang terkait dengan dunia digital printing dengan harga kompetitif serta jaminan garansi

Related Posts

Post a Comment

Mesin Percetakan

Harga Mesin Percetakan Terbaik Hanya Di Maxipro, Kegiatan Usaha Percetakan Anda Jadi Lebih Praktis Dan Mudah. Mesin percetakan offset dan mesin digital printing merupakan kategori peralatan usaha percetakan yang paling populer di Indonesia. Hal ini dikarenakan proses pencetakannya yang sangat mudah tanpa adanya jumlah minimal order. Anda bahkan bisa mencetak satu lembar jika diperlukan. Mesin ini digunakan untuk mencetak cetak kartu nama, leaflet, nota, majalah dan berbagai jenis cetakan lain. Dengan fungsinya yang menarik mungkin Anda bertanya-tanya berapa harga mesin percetakan atau mesin digital printing ini? Jawabannya bisa Anda temukan dengan menghubungi CS (Customer Service) kami di website Maxipro. Harga mesin percetakan cukup bervariasi sesuai dengan spesifikasi, ukuran, fitur dan material yang digunakan.

Jenis-Jenis Mesin Percetakan

Mesin percetakan yang berkualitas akan mempengaruhi hasil cetakan Anda. Seperti keakuratan warna yang dihasilkan serta kerapian pada hasil cetakan Anda. Mesin ini hadir untuk memenuhi kebutuhan Anda dalam mencetak dokumen baik dalam jumlah yang sedikit maupun banyak dengan waktu yang relatif singkat. Untuk mendapatkan mesin percetakan ini dan berbagai peralatan usaha lain Anda bisa mengunjungi Maxipro. Maxipro merupakan distributor mesin percetakan surabaya yang terpercaya dan terjamin kualitasnya. Sebagai distributor mesin percetakan surabaya, Maxipro juga menyediakan berbagai mesin dan peralatan usaha seperti Mesin Laminating, Mesin Laminasi, Alat Laminating, Alat Laminasi untuk laminating kertas, Mesin Potong Kertas, Mesin Potong Kartu Nama, Mesin Pemotong Kertas, Alat Potong Kertas, Alat Potong Kartu Nama, Alat Pemotong Kertas, Mesin Jilid Buku, Alat Jilid Buku untuk Jilid Buku, Alat Creasing, Alat Rel, Mesin Rel Kertas, Mesin Rel Kertas.

Maxipro, Lengkap dan Terpercaya

Jika Anda sedang mencari mesin percetakan dan peralatan usaha maka memilih Maxipro merupakan pilihan yang tepat untuk Anda. Maxipro sebagai distributor mesin percetakan surabaya menjual peralatan cetak dari berbagai merek yang di import langsung dari produsen. Semua peralatan cetak yang kami jual sudah terbukti kualitas dan keandalannya. Sebagai Supplier Terpercaya dalam bidang grafika dengan harga murah dan produk yang terbaik. Bila anda pemilik digital printing, percetakan, tempat fotokopi, PT. Maxipro Group Indonesia adalah tempat terbaik untuk anda membeli bahan cetak, alat cetak, mesin fotokopi dan mesin finishing. Terlengkap dan harga murah. Hanya Maxipro Pusat Perlengkapan Percetakan Terlengkap !

Hubungi Kami

Hubungi Kami


    This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

    location

    Surabaya

    Jl. Semut Baru
    Kompleks Pengampon Square C6

    location

    Jakarta

    Jl. Pangeran Jayakarta 44
    Komplek Hotel Orchardz Kav 35