Dapatkan informasi dan promo menarik dari maxipro sekarang juga!

Mengenal Mesin Mata Ayam: Jenis Mesin, Fungsi, dan Cara Penggunaannya

Saat ini perkembangan dunia digital printing terus berkembang. Jika dahulu tempat percetakan hanya menyediakan jasa printing, penjilidan dan laminating dokumen, maka kini sudah banyak yang melengkapi layannya dengan pembuatan banner, spanduk, hingga billboard. Cetak banner maupun spanduk sendiri biasanya diperlukan untuk berbagai kepentingan. Baik itu untuk media promosi, informasi maupun menunjukkan identitas suatu perusahaan atau usaha tertentu. Setiap tempat percetakan yang menyediakan jasa cetak banner, spanduk, maupun poster biasanya menggunakan mesin mata ayam.

Lantas apa sebenarnya fungsi dan manfaat dari mesin ini dalam industri digital printing? Untuk informasi selengkapnya, mari simak ulasan berikut ini.

Pengertian Mata Ayam Banner

Mungkin sebagian dari Anda masih kurang familiar dengan mesin mata ayam. Namun dalam industri percetakan atau digital printing memiliki mesin ini akan sangat membantu dalam memenuhi kebutuhan konsumen dalam pembuatan media marketing atau informasi dalam bentuk cetak.

Mesin mata ayam sendiri merujuk kepada alat yang dipergunakan untuk memasang mata ayam banner. Apa itu mata ayam banner? Mata ayam (eyelet) atau yang biasa juga disebut mata ikan, mata domba, hingga mata itik ini merupakan bahan aksesori yang multifungsi. Pada umumnya eyelet digunakan untuk pembuatan banner. Namun selain untuk banner, mata ayam juga dapat dipasang untuk membuat kalender dan juga spanduk.

Umumnya bahan ini memiliki bentuk bulat dan terdapat lubang di bagian tengahnya, serta bagian panjang di tengah yang menghadap ke sisi belakang. Sedangkan di bagian bawah yang akan dipasang pada sisi berlawanan memiliki bentuk menyerupai cincin. Ada dua jenis mata ayam banner yang ada di pasaran. yaitu mata ayam anti karat, dan mata ayam yang non anti karat.

Fungsi Mesin Mata Ayam

Untuk memasang eyelet sebenarnya dapat dilakukan secara manual dengan menggunakan alat khusus, seperti alat getok atau tang mata ayam. Namun pemakaian alat tersebut kurang efisien dan efektif karena memerlukan keahlian, ketelitian dan juga memakan banyak waktu. Oleh sebab itu menggunakan mesin mata ayam menjadi solusi yang mudah, cepat, dan juga memberikan hasil yang sempurna dalam memasang mata ayam atau mata itik pada media yang akan dipakai untuk banner.

Bukan hanya berfungsi untuk memasang mata ayam banner pada media yang akan digunakan untuk membuat spanduk, banner, maupun kalender. Beberapa jenis mesin pemasang eyelet ini juga dapat digunakan untuk melubangi media tersebut. Hasil lubang dan juga pemasangan pun akan lebih presisi. Walaupun mesin masih perlu dioperasikan oleh operator namun alat ini dapat menyuplai mata ayam secara otomatis sehingga penggunaanya pun akan jauh lebih mudah dan efisien.

Berbagai Jenis Mesin Mata Ayam

Dalam dunia digital printing, mesin mata ayam adalahi salah satu alat yang dibutuhkan untuk usaha percetakan mulai dari skala kecil hingga besar guna mempercepat proses pemasangan eyelet. Di pasaran sendiri ada beberapa tipe atau jenis alat yang digunakan khusus untuk mempermudah pemasangan mata ayam banner. Oleh karena itu bagi para pemilik atau Anda yang ingin memulai membuka usaha dibidang percetakan sangat penting untuk memahami kebutuhan dan spesifikasi mesin yang akan dibeli. Berikut beberapa jenis mesin pemasang mata ayam  yang bisa menjadi rekomendasi

  • Mesin Mata Ayam Semi Otomatis

Mesin mata ayam banner dengan jenis ini merupakan tipe yang paling sederhana. Walau begitu, alat yang dilengkapi dengan tuas ini tetap bisa melubangi dan membantu memasang mata ikan, mata domba atau mata itik pada banner maupun spanduk dengan hasil yang presisi dan kuat. Tuas pada mesin ini juga dibuat ringan sehingga memudahkan operator dalam menekan tuas.

Walau tidak memerlukan tatakan bawah namun mesin semi otomatis tetap dapat memberikan hasil mata ayam yang rapi. Selain itu desainnya yang ramping dan ringan membuat alat ini mudah untuk dipindah-pindah, serta tidak memakan tempat.

Mesin yang digunakan untuk melubangi dan memasang mata ayam banner ini biasanya juga memiliki beberapa tipe. Setiap tipe akan memiliki spesifikasi berbeda antara satu dengan lainnya. Baik mulai dari fungsinya maupun spesifikasi mengenai ketebalan binding, ukuran mata ayam, hingga kapasitas isi bahan.

  • Mesin Mata Ayam 2 Mata Pedal

Jenis mesin berikutnya adalah 2 Mata Pedal. Alat ini sangat cocok untuk segala jenis industri yang membutuhkan mesin guna membuat lubang mata ayam dalam waktu yang singkat. Bukan hanya bisa digunakan untuk melubangi eyelet, namun mesin jenis ini juga memungkinan penggunanya untuk melakukan pemasangan atau penguncian mata ayam dalam jumlah yang besar sekaligus.

Selain fungsi 2 in 1 yang membuat proses pembuatan mata ayam lebih cepat, efektif, dan efisien, Tipe 2 mata pedal ini juga dapat digunakan untuk berbagai jenis bahan material mulai dari bahan untuk spanduk, banner, baliho, poster hingga paper bag. Mesin ini juga memiliki fitur pengatur jarak antar lubang sehingga operator dapat membuat jarak lubang sesuai kebutuhan dengan hasil yang seragam dan presisis tentunya.

Satu lagi kelebihan yang dimiliki mesin pemasang eyelet jenis ini, yaitu dilengkapi dengan pedal kaki. Jadi operator cukup menekan pedal kaki untuk memulai proses pelubangan dan juga pemasangan mata ayam.

  • Mesin Mata Ayam Elektrik

Mesin pemasang eyelet berikut ini merupakan alat yang bekerja dengan otomatis dan cepat, namun tetap memberikan hasil yang memuaskan. Operator hanya perlu melakukan pengaturan sesuai dengan kebutuhan saja, sehingga pekerjaan pun bisa lebih efisien.

Mesin elektrik ini memiliki kelebihan dalam segi fungsi, di mana mesin tidak hanya bisa digunakan untuk melubangi mata ayam saja. Mesin ini juga dapat mengunci mata ayam langsung sehingga Anda hanya membutuhkan satu alat untuk dua kegunaan sekaligus.

Kelebihan lainnya dari mesin ini adalah dapat digunakan untuk berbagai ukuran eyelet, sehingga operator bisa mengganti mata ayam sesuai dengan kebutuhan. Karena menggunakan tenaga listrik maka mesin ini akan bekerja secara otomatis, dan dapat melubangi serta mengunci mata ayam banner dengan lebih cepat dalam waktu yang singkat.

Cara Penggunaan Mesin Mata Ayam Pada Umumnya

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah menyiapkan semua alat dan bahan yang dibutuhkan (bahan material, mata ayam banner, dan juga mesin). Setelah itu, masukkan mata ayam pada mesin, dan pastikan posisinya terpasang dengan tepat dimana bagian yang besar berada pada bagian atas.

Kemudian masukkan material banner yang akan diberikan lubang, pastikan pula jika posisinya sudah pas. Baru setelahnya operasikan mesin sesuai petunjuk penggunaan agar mata ayam terpasang.

Sekian ulasan mengenai mesin mata ayam. Jika Anda menginvestasikan mesin yang digunakan untuk usaha maka pastikan untuk membelinya di tempat terpercaya seperti Maxipro. Maxipro merupakan supplier yang menyediakan berbagai jenis mesin mata ayam dan perlengkapan lainnya untuk usaha percetakan maupun fotokopi dengan harga kompetitif.

Related Posts

Post a Comment

Mesin Percetakan

Harga Mesin Percetakan Terbaik Hanya Di Maxipro, Kegiatan Usaha Percetakan Anda Jadi Lebih Praktis Dan Mudah. Mesin percetakan offset dan mesin digital printing merupakan kategori peralatan usaha percetakan yang paling populer di Indonesia. Hal ini dikarenakan proses pencetakannya yang sangat mudah tanpa adanya jumlah minimal order. Anda bahkan bisa mencetak satu lembar jika diperlukan. Mesin ini digunakan untuk mencetak cetak kartu nama, leaflet, nota, majalah dan berbagai jenis cetakan lain. Dengan fungsinya yang menarik mungkin Anda bertanya-tanya berapa harga mesin percetakan atau mesin digital printing ini? Jawabannya bisa Anda temukan dengan menghubungi CS (Customer Service) kami di website Maxipro. Harga mesin percetakan cukup bervariasi sesuai dengan spesifikasi, ukuran, fitur dan material yang digunakan.

Jenis-Jenis Mesin Percetakan

Mesin percetakan yang berkualitas akan mempengaruhi hasil cetakan Anda. Seperti keakuratan warna yang dihasilkan serta kerapian pada hasil cetakan Anda. Mesin ini hadir untuk memenuhi kebutuhan Anda dalam mencetak dokumen baik dalam jumlah yang sedikit maupun banyak dengan waktu yang relatif singkat. Untuk mendapatkan mesin percetakan ini dan berbagai peralatan usaha lain Anda bisa mengunjungi Maxipro. Maxipro merupakan distributor mesin percetakan surabaya yang terpercaya dan terjamin kualitasnya. Sebagai distributor mesin percetakan surabaya, Maxipro juga menyediakan berbagai mesin dan peralatan usaha seperti Mesin Laminating, Mesin Laminasi, Alat Laminating, Alat Laminasi untuk laminating kertas, Mesin Potong Kertas, Mesin Potong Kartu Nama, Mesin Pemotong Kertas, Alat Potong Kertas, Alat Potong Kartu Nama, Alat Pemotong Kertas, Mesin Jilid Buku, Alat Jilid Buku untuk Jilid Buku, Alat Creasing, Alat Rel, Mesin Rel Kertas, Mesin Rel Kertas.

Maxipro, Lengkap dan Terpercaya

Jika Anda sedang mencari mesin percetakan dan peralatan usaha maka memilih Maxipro merupakan pilihan yang tepat untuk Anda. Maxipro sebagai distributor mesin percetakan surabaya menjual peralatan cetak dari berbagai merek yang di import langsung dari produsen. Semua peralatan cetak yang kami jual sudah terbukti kualitas dan keandalannya. Sebagai Supplier Terpercaya dalam bidang grafika dengan harga murah dan produk yang terbaik. Bila anda pemilik digital printing, percetakan, tempat fotokopi, PT. Maxipro Group Indonesia adalah tempat terbaik untuk anda membeli bahan cetak, alat cetak, mesin fotokopi dan mesin finishing. Terlengkap dan harga murah. Hanya Maxipro Pusat Perlengkapan Percetakan Terlengkap !

Hubungi Kami

Hubungi Kami


    This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

    location

    Surabaya

    Jl. Semut Baru
    Kompleks Pengampon Square C6

    location

    Jakarta

    Jl. Pangeran Jayakarta 44
    Komplek Hotel Orchardz Kav 35