Mengenal Mata Ayam / Eyelet dan Mesin Untuk Memasang Mata Ayam

mesin-mata-ayam-uintuk-banner

Apakah kalian sudah membaca artikel tentang Fungsi Tipe – Tipe Banner Menjadi Sarana Promosi Jitu? Banner merupakan salah satu media cetak yang dipasang di area usaha maupun dipinggir jalan. Cara pemasangan banner memiliki beberapa teknik salah satunya adalah menggunakan tali.

Gambar: Mata Ayam

Dengan pemasangan tali akan memudahkan proses pemasangan karena hanya tinggal mengaitkan tali pada posisi pemasangan, jadi secara otomatis banner akan terpasang kuat. Biasanya di dalam sebuah banner terdapat 4 lubang pemasang. Pemasangan lubang pada banner menggunakan mata ayam atau Eyelet Punch yaitu lubang pada banner dengan ring khusus. Dengan adanya mata ayam banner, maka banner tidak akan mudah robek dan melebar lubangnya.

Baca juga: Ide Usaha Sampingan! Cetak Kalender di Akhir Tahun

Apa itu Mata Ayam/ Eyelet dalam dunia percetakan?

Untuk kalian yang belum mengenal mata ayam, Maxipro akan mengulas sedikit tentang Mata ayam. Mata ayam atau yang juga dikenal sebagai Mata Itik/ Mata Ikan/ Mata Domba/ Mata Sapi atau dalam dunia percetakan disebut eyelet, merupakan sebuah bahan aksesoris yg mempunyai banyak sekali kegunaan. Beberapa yg paling umum adalah untuk spanduk/ banner dan kalender.

Mata ayam memiliki bentuk bulat dengan lubang ditengah, dengan bagian panjang dibagian tengah menghadap ke belakang. Untuk bagian bawah dipasang pada sisi berlawanan berbentuk cincin atau donat gepeng. Ada 2 jenis eyelet yang tersedia dipasaran yaitu anti karat dan tidak anti karat. Untuk anti karat digunakan untuk hiasan baju, sepatu dan aksesoris, sedangkan yang biasa digunakan untuk barang-barang seperti label, spanduk/banner, dan kalender.

Maxipro akan memberikan tips bagaimana cara memasang mata ayam atau eyelet. Untuk spanduk dan banner finishing mata ayam menjadi hal yang diperlukan sesuai kebutuhannya. Finishing merupakan tahap akhir dalam suatu proses sebuah percetakan. Berikut adalah 4 langkah memasang mata ayam banner;

  1. Persiapkan Alat dan Bahan

Langkah pertama siapkan semua alat dan bahan yang dibutuhkan seperti:

a. Mata Ayam Banner
b. Mesin Mata Ayam

2. Memasukkan Mata Ayam pada Mesin

Langkah berikutnya anda harus memasukkan eyelet tersebut ke dalam alat yang sudah dipersiapkan sebelumnya. Pastikan posisinya benar yaitu bagian yang besar berada di bagian atas.

3. Masukkan Ujung Banner

Jika sudah masukkan ujung banner yang akan diberi lubang, pastikan posisinya pas.

4. Tekan Alat Agar Mata Ayam Terpasang

Langkah terakhir anda tinggal menekan saja alat tersebut sehingga mata ayam banner dapat menempel dan akan tercipta lubang.

Ada beberapa alat atau mesin yang dapat digunakan untuk memasang eyelet. Maxipro merekomendasikan 3 Mesin eyelet sesuai dengan kebutuhan:

  • Mesin Mata Ayam 2 Mata Pedal
Gambar: Mesin Mata Ayam

Mesin pelubang kertas ini dilengkapi dengan pengatur jarak antar lubang sehingga memberi kemudahan untuk menempatkan lubang yang diinginkan, dan juga dilengkapi dengan tempat eyelet lubang kecil sehingga tidak perlu menempatkan lagi mata ayam yang akan dipasang cukup dengan menginjak bagian penekan kaki maka terbuatlah lubang mata ayam.

Gambar: hasil mata ayam 2 mata pedal

Mesin eyelet ini memiliki fungsi 2 sekaligus dalam sekali tekan, yaitu untuk melubangi dan mengunci eyelet pada objek yang akan di kasih mata ayam, seperti spanduk, baliho, dan lain lain. Selain itu mesin ini juga cocok digunakan untuk paper bag.

  • Mesin Mata Ayam Semi Otomatis 10 Mili
Gambar: mesin mata ayam semi otomatis

Keunggulan mesin pelubang kertas semi otomatis ini mendapatkan hasil yang rapih tanpa tatakan bawah. Mesin memiliki tuas yang ringan dan mesin yang ramah lingkungan karena mudah dipindah-pindah.

  • Mesin Mata Ayam Elektrik
Gambar: Mesin Mata ayam

Mesin mata ayam elektrik ini memiliki fungsi 2 in 1 yaitu dapat melubangi dan mengunci mata ayam. Selain itu dibanding tipe mesin mata ayam lain mesin ini memiliki keunggulan dapat diganti ukuran mata dan juga tatakannya, speed lebih kencang karena menggunakan motor.

×