Selain jasa printing, kebutuhan masyarakat akan jasa laminating pun juga cukup besar. Tak heran jika banyak tempat percetakan yang menyediakan jasa tersebut. Biasanya para pemilik percetakan akan menggunakan mesin laminating untuk membantu mereka mendapatkan hasil laminasi yang memuaskan. Ada berbagai jenis dan fungsi mesin laminating yang ada di pasaran. Namun untuk mendapatkan produk yang berkualitas para pemilik jasa percetakan perlu menemukan tempat jual mesin laminating yang terpercaya tentunya.

Pengertian dan Fungsi Mesin Laminating

Laminating sendiri merupakan proses melapisi media (biasanya berupa dokumen penting) dengan menggunakan plastik dan alat khusus. Tujuan laminasi sendiri adalah supaya dokumen tidak mudah rusak, sobek, dan juga kotor.

Plastik khusus yang digunakan untuk laminasi sendiri umumnya memiliki tekstur yang tipis dan dapat melekat pada dokumen. Bahan yang digunakan untuk plastik khusus laminasi biasanya terbuat dari polypropylene, polyester, atau nylon.

Sementara alat khusus yang digunakan adalah mesin laminating yang bisa didapatkan di tempat jual mesin laminating. Fungsi mesin laminating sendiri adalah untuk membantu proses pelapisan dokumen dengan menggunakan plastik. Pengoperasian mesin laminasi bisa dibilang cukup rumit, sehingga operator perlu memahami cara menggunakan mesin laminating yang benar dan aman.

Fungsi Mesin Laminating Menurut Jenisnya

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya jika ada beberapa jenis mesin laminating yang dijual di pasaran. Ada tiga jenis mesin yang biasanya terdapat di tempat jual mesin laminating, yang mana setiap jenis memiliki fungsi mesin laminating berbeda.

  • Mesin Laminating Panas

Mesin laminating panas menggunakan thermal laminating methode atau pemanas pada proses laminasinya. Ada dua cara menggunakan mesin laminating jenis ini. Pertama menggunakan plastik yang sudah memiliki perekat (lem) sehingga lebih mudah tertempel pada media. Kedua bisa menggunakan plastik yang belum terdapat perekat.

Fungsi mesin laminating panas ini dapat memberikan hasil laminating yang berkualitas. Pasalnya mesin dengan metode pemanasan ini dapat membuat plastik merekat erat pada dokumen yang dilaminasi sehingga plastik tidak mudah copot.

  • Mesin Laminating Dingin

Fungsi dan cara menggunakan mesin laminating dingin cukup berbeda dengan jenis mesin laminating panas. Pasalnya, mesin ini menggunakan wet method di mana untuk melaminasi, mesin tidak menggunakan proses pemanasan. Fungsi mesin laminating dingin sendiri digunakan untuk plastik laminating yang tidak membutuhkan suhu panas untuk menempelkan plastik pada dokumen. Namun karena tidak membutuhkan proses pemanasan dalam menempelkan plastik ke dokumen maka biasanya daya lekat plastik akan kurang kuat.

  • Mesin Laminating Panas Dingin

Mesin laminating panas dingin cukup sering digunakan di copy center maupun instansi atau perkantoran. Bahkan banyak yang jual mesin laminating jenis ini dengan berbagai tipe. Alasan mesin laminating panas dingin ini laris di pasaran adalah karena fungsi mesin laminating ini tak hanya memiliki metode panas (thermal laminating method) saja tapi juga metode dingin (wet method) dalam satu mesin. Hal ini membuat mesin dengan jenis ini bisa digunakan untuk melakukan proses laminating berbagai ukuran dokumen, sehingga lebih efektif dan efisien.

Jika Anda masih bingung menentukan jenis mesin yang akan digunakan, maka langkah terbaik adalah dengan memilih tempat jual mesin laminating yang menyediakan berbagai jenis dan tipe mesin laminasi yang sesuai dengan kebutuhan, seperti Maxipro yang merupakan tempat jual mesin laminating terlengkap dan terbaik di Indonesia.

Cara Menggunakan Mesin Laminating yang Aman

Bisa dikatakan jika pengoperasian atau cara menggunakan mesin laminating sedikit rumit sehingga diperlukan ketelitian, kehati-hatian serta pengalaman agar fungsi mesin laminating dapat beroperasi dengan baik. Bagi Anda yang mungkin masih bingung dalam menggunakan mesin laminasi, berikut beberapa cara yang benar dan aman dalam mengoperasikan mesin untuk laminating.

  1. Pahami fungsi setiap panel yang ada, seperti tombol ON/OFF, tombol maju/mundur, tombol pengatur fungsi panas/dingin, dan juga pengatur suhu baik yang dilengkapi atau tanpa termostat meter.
  2. Pastikan mesin dalam keadaan bersih dan kering untuk menghindari mesin terbakar maupun terjadinya arus pendek
  3. Sediakan plastik laminating yang sesuai dengan ukuran dokumen, dan letakan dokumen pada bagian tengah dalam plastik tersebut.
  4. Mengatur suhu fungsi mesin laminating sesuai dengan ketebalan dokumen adalah cara menggunakan mesin laminating yang tidak boleh dilewatkan.
  5. Cara menggunakan mesin laminating selanjutnya adalah, nyalakan mesin dan tunggu hingga lampu indikasi menyala yang menandakan mesin siap digunakan
  6. Periksa suhu mesin, dan fungsi roll dengan melakukan uji coba kertas kosong dengan kondisi baik (tidak lecek atau terlipat). Hal ini bertujuan untuk memastikan apakah mesin beroperasi dengan baik dan dokumen dapat keluar tanpa hambatan
  7. Jika cara menggunakan mesin laminating tidak ada masalah, maka proses laminasi siap dilakukan.
  8. Jangan lupa untuk mematikan mesin secara total jika tidak akan digunakan kembali.

Walau telah ada panduan cara menggunakan mesin laminating namun tak sedikit operator mesin yang masih sering kali kebingungan untuk mengoperasikannya. Oleh karena itu mesin laminating dengan fitur otomatis, seperti ML390 WGK Auto dapat menjadi solusi. Tak perlu bingung mencari tempat jual mesin laminating berkualitas, Anda dapat mengunjungi website resmi Maxipro untuk mendapatkannya.

Kelebihan Mesin Laminating Otomatis

Mesin laminating otomatis seperti ML 390 WGK Auto contohnya, memiliki keunggulan tersendiri dibandingkan dengan tipe jual mesin laminating yang lain. Alat untuk laminasi ini hadir untuk memenuhi tuntutan dan kebutuhan industri percetakan yang sangat beragam. Untuk spesifikasi dan keunggulan mesin laminating otomatis ini antara lain;

  • Sistem pemanas menggunakan oli untuk memastikan suhu yang merata di seluruh bagian roll
  • Per ganda memberikan tekanan ganda ke seluruh permukaan media yang dilaminating sehingga menghasilkan daya rekat yang sempurna
  • Dilengkapi dengan 3 lampu pemanas, yang akan membuat proses pemanasan dapat membuat proses kerja yang lebih cepat, efektif dan efisien
  • Thermocontrol berkualitas, Maxipro sebagai layanan jual mesin laminating selalu memastikan bahwa sistem thermocontrol yang dipergunakan memiliki kualitas yang baik sehingga mampu menjaga suhu agar tetap stabil selama proses produksi berjalan
  • Fitur auto feeder, fitur ini memudahkan proses laminating tanpa operator. Cara menggunakan mesin laminating cukup dengan menumpukkan media kertas pada input feeder yang akan dilaminasi, lalu roll akan menarik media tersebut dengan sendirinya.
  • Fitur auto cutting, yang secara otomatis bekerja untuk memotong ke 4 sisi media yang dilaminasi dengan sempurna, sehingga tidak perlu bekerja dua kali untuk merapikan setiap sisi media.

Maxipro sebagai tempat jual mesin laminating juga menyediakan beragam produk pendukung lain, seperti bahan plastik laminasi dan peralatan suku cadang. Dengan harga alat laminating yang kompetitif serta dukungan dari pihak Maxipro dalam bentuk servis gratis dan jaminan uang kembali. Jadi, dapat dipastikan bahwa Maxipro merupakan tempat belanja alat laminating terbaik di Tanah Air, Indonesia.