Tips dan Cara Laminating Kertas: Suhu, Fungsi, dan Cara Melepasnya - maxipro.co.id

Tips dan Cara Laminating Kertas: Suhu, Fungsi, dan Cara Melepasnya - maxipro.co.id

Laminating kertas bukanlah hal yang asing lagi di kehidupan sehari-hari. Anda pasti sudah sering menemukan kertas dan dokumen lainnya yang dilapisi plastik laminasi untuk melindungi benda tersebut agar tak mudah rusak.

Selain untuk melindungi, laminasi pada kertas juga membuat dokumen tersebut terlihat rapi dan terhindar dari noda. Sehingga, laminating kertas juga sangat berpengaruh bagi keamanan dan keadaan dokumen untuk jangka waktu lama.

Apa Itu Laminating Kertas?

Mesin Laminating YG320 25MM

Asal kata laminating adalah Bahasa Inggris yaitu laminate yang berarti melapisi. Pengertian lainnya adalah melapisi sesuatu benda dengan bahan lainnya menggunakan alat atau mesin khusus.

Sehingga laminating merupakan kegiatan laminasi pada sebuah benda menggunakan alat dan mesin khusus. Bahan yang sering digunakan untuk laminating adalah plastik. Sifat plastik adalah lengket serta menempel pada media yang dilaminasi.

Laminating kertas dapat mencegah kerusakan pada dokumen. Selain itu, dokumen akan tampak lebih bagus karena terlihat rapi dan anti lecek. Untuk kertas yang biasanya diberi laminasi adalah surat penting seperti KTP, ijazah, akta kelahiran, kartu keluarga, sertifikat rumah dan kendaraan serta surat berharga lainnya.

Cara Laminating Sendiri Memakai Mesin Laminating Telson YG320 25MM

  1. Pilih mesin yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Mesin laminating YG320 25MM cocok untuk penggunaan personal, rumah atau kantor.
  2. Nyalakan mesin, nyalakan pemanas, dan atur suhunya. Lampu “Ready” akan menyala jika mesin sudah siap untuk digunakan.
  3. Siapkan laminating pouch sesuai ukuran kertas. Laminating pouch merupakan gabungan dari 2 lembar plastik laminasi.
  4. Jika dokumen Anda lebih besar dibandingkan ukuran laminating pouch, maka pastikan menatanya agar ujung dokumen tetap bisa dilaminasi. Sementara jika dokumen berukuran lebih kecil dibandingkan laminating pouch, maka Anda bisa mengatur posisinya dengan bebas karena bisa menggunting ujung plastik yang tak digunakan.
  5. Masukkan dokumen ke dalam laminating pouch. Pastikan menempel dengan sempurna.
  6. Panaskan plastik laminating pouch menggunakan mesin laminating. Perhatikan agar tak ada udara yang menempel dan menyebabkan munculnya gelembung pada hasil laminasi.
  7. Matikan mesin jika proses laminasi sudah selesai.
  8. Rapikan ujung dokumen yang sudah dilaminasi dengan menggunting bagian ujung yang tajam. Untuk hasil yang lebih rapi gunakan pemotong sudut kertas.

5 Tips untuk Mendapatkan Hasil Laminating Terbaik

Hasil Laminating Kartu Undangan

Proses laminasi harus diperhatikan agar mendapatkan hasil yang terbaik. Dan berikut ini adalah 5 tips untuk mendapatkan hasil laminating terbaik menurut Maxipro:

1. Memotong plastik laminasi yang tak terpakai

Jika dokumen yang dilaminasi berukuran lebih kecil dibandingkan plastik laminasi, tentu akan ada sisa dari plastik tersebut. Ada baiknya, bagian yang tidak terpakai dipotong dan disimpan agar bisa digunakan untuk keperluan laminating selanjutnya. Ujung dokumen yang tajam juga bisa dipotong agar terlihat lebih rapi.

2. Merekatkan benda dengan plastik laminasi

Terkadang benda yang terlalu kecil akan susah melekat pada plastik laminasi yang belum dipanaskan karena permukaannya yang licin. Oleh karena itu, Anda bisa memberikan lem sticks pada pinggiran sisi dokumen karena tidak meninggalkan bekas.

3. Mengatur panas mesin dengan benar

Mesin laminating biasanya memiliki lampu indikator saat panas yang dibutuhkan sudah siap. Sebaiknya, untuk permulaan gunakan panas yang sedang dan biarkan panas naik dengan sendirinya. Hasil dokumen akan buram jika panas terlalu rendah, sementara jika panas terlalu tinggi maka hasil laminasi akan bergelombang.

4. Melaminasi bagian depan dan belakang

Untuk hasil laminasi terbaik pada dokumen, lakukan laminating pada bagian depan dan belakang dokumen. Nantinya, dokumen Anda bisa lebih awet dan tahan lama karena kedua sisinya terlindungi.

5. Mencoba laminating dengan kertas percobaan

Ada baiknya sebelum melakukan laminasi, Anda melakukan percobaan dengan kertas tak terpakai terlebih dulu. Hal ini dilakukan untuk menghindari kesalahan saat laminating seperti munculnya gelembung hingga rusaknya dokumen.

Setelah hasil laminasi dinilai sudah bagus, Anda bisa melakukan laminating dengan dokumen yang dikehendaki.

Kenapa Perlu Melaminating Kertas?

Laminating kertas adalah hal yang penting bagi wujud kertas itu sendiri. Terutama untuk melindungi dokumen dari air, debut dan kemungkinan penyebab lainnya yang bisa merusak fisik kertas. Selain itu, laminasi juga bisa menjadi penanda pada kertas dan dokumen yang dimiliki.

Adapun 2 alasan utama mengapa Anda perlu melaminating kertas adalah melindunginya dari:

a. Air

Jika terkena air atau bahkan tenggelam, kertas yang sudah dilaminasi akan aman karena air tak bisa masuk ke dalam lapisan plastik laminasi. Hal ini dikarenakan plastik laminasi memiliki lapisan anti air yang melindungi kedua sisi dokumen kertas dari cipratan serta guyuran air.

b. Sidik jari

Sidik jari pada tangan Anda bisa saja meninggalkan bekas pada dokumen. Oleh karena itu, dengan adanya laminasi maka kertas Anda akan aman dari noda maupun sidik jari. Plastik laminasi juga membuat dokumen terlihat bersih dan rapi.

Perhatikan Hal Berikut Ketika Laminating

Tabel Temperature Mesin Laminating YG320 sesuai ketebalan

Tabel Suhu Laminating

Laminasi adalah hal penting yang bisa dilakukan untuk mengamankan dokumen. Melaminasi dokumen membuat kertas menjadi tahan air, noda hingga terlindungi dari kerusakan lainnya.

Namun ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat laminating dokumen, yakni:

  • Pilih mesin laminasi berkualitas tinggi yang mempunyai pengaturan panas yang mendukung low-temperature setting.
  • Laminasi kedua sisi dokumen agar lebih awet dan tahan lama.
  • Gunakan mesin laminating yang user-friendly untuk meminimalkan kesalahan produksi.

Sebagai contoh adalah Mesin Laminating Telson YG320 25MM yang merupakan salah satu mesin laminating sederhana terbaik. Dilengkapi dengan indikator suhu yang akurat, membuat mesin ini sangat cocok untuk kebutuhan usaha Anda.

Mesin Laminating Telson YG320 25mm juga terbilang user-friendly dengan fitur yang komplit seperti knop pengaturan suhu, switch on dan off, pengaturan elemen pemanas serta tombol forward dan reverse.

Kertas Apa Saja yang Bisa Dilaminating?

Kertas yang bisa dilaminating sebenarnya sangat banyak, karena tidak terpaku hanya kertas HVS saja seperti pada umumnya. Anda bisa melaminasi kertas art paper, kertas bufallo, kertas asturo, kertas foto dan sebagainya sesuai dengan kebutuhan.

Namun memang yang perlu diperhatikan adalah ketebalan atau gramasi kertas itu sendiri. Kertas yang terlalu tebal dikhawatirkan akan membuat plastik laminasi tidak bisa menempel dengan maksimal.

Bagaimana Cara Membuka Laminating? Apakah Tidak Rusak?

Meskipun sebuah dokumen sudah dilaminasi, tapi tak menutup kemungkinan ada beberapa hal yang membuat Anda harus membuka laminating sebuah dokumen. Anda harus memperhatikan serekat apa laminasi tersebut pada dokumen.

Laminating yang merekat kuat tentu sedikit susah untuk dibuka atau dilepas, sehingga Anda harus berhati-hati saat melakukannya. Ada beberapa cara yang bisa Anda coba untuk membuka lapisan laminasi pada dokumen, yaitu antara lain:

  • Gunakan hair dryer untuk membuka plastik laminasi dari bagian ujung dokumen. Hal ini dikarenakan panas dari hair dryer bisa membuat lapisan plastik terbuka.
  • Siapkan setrika dan wax paper. Tumpuk dokumen Anda dengan menaruhnya pada posisi terbalik dengan urutan wax paper – dokumen yang dibalik – wax paper. Atur setrika pada panas paling rendah. Lakukan hingga plastik laminasi mulai terlepas.
  • Gunting dapat membantu Anda melepas plastik laminasi dari dokumen. Potong pada bagian ujung laminating dokumen lalu lepaskan perlahan plastik yang sudah berlubang dari kertas. Lakukan dengan hati-hati agar tak merusak dokumen.

Semoga artikel dari Maxipro kali ini bisa bermanfaat bagi kalian ya, Maxivers. Jika membutuhkan bantuan lebih lanjut mengenai kebutuhan bahan dan berbagai mesin laminating terbaik untuk usaha percetakan, bisa menghubungi call center kami di bawah ini.

Yuk langsung saja kunjungi dan belanja di website kami yaaa !!!

Maxipro.co.id - Supplier Mesin Finishing Percetakan