Tips dan Cara Mudah Laminating ID Card Agar Awet - maxipro.co.id

Tips dan Cara Mudah Laminating ID Card Agar Awet - maxipro.co.id

ID card laminating merupakan benda yang sering Anda temui di kehidupan sehari-hari. Benda itu digunakan sebagai tanda pengenal dan bukti identitas seseorang. Di dalamnya biasanya ditampilkan nama serta jabatan atau pekerjaan seseorang pada sebuah acara, organisasi maupun perusahaan.

Pada beberapa perusahaan, ID card menjadi benda yang wajib dikenakan. Dimana setiap orang didalamnya harus menggunakannya dalam kegiatan bekerja setiap hari. Tanda pengenal yang dipakai setiap saat tersebut tentu membutuhkan proteksi agar tampilannya tetap bagus dan profesional.

Salah satu proteksi yang bisa diberikan adalah laminating. Lapisan plastik laminating pada ID card tentu akan membuatnya menjadi lebih rapi, aman, awet dan tahan lama.

Kenapa Perlu Laminating ID Card / Kartu Nama?

Laminating Kartu Identitas

ID card laminating adalah proses pelapisan kartu menggunakan plastik seperti PVC atau lainnya yang berguna sebagai pelindung dan lapisan yang protektif. Plastik yang digunakan biasanya berupa plastik transparan dan bening. Namun ada juga yang bercorak hologram untuk alasan keamanan.

Dalam melaminasi kartu nama, Anda bisa langsung melapisinya setelah mencetak kartu tersebut menggunakan bantuan laminating pouch. Plastik laminasi berbentuk kantong atau pouch ini terbuat dari gabungan polyester dan polyethylene. Proses laminasinya pun mudah yakni dengan memasukkan ID card ke dalam pouch lalu memanaskannya dengan mesin laminating.

Kedua cara tersebut menunjukkan bahwa laminating sangat penting untuk memberikan perlindungan ekstra terhadap kartu nama. ID card yang terlindungi memiliki ketahanan yang lebih baik dibanding ID card tanpa laminating.

Manfaat Laminating ID Card

Laminating Tanda Pengenal

Beberapa orang mungkin berpikir bahwa melaminasi ID card  terlalu berlebihan karena ukurannya kecil dan perlu mengeluarkan biaya tambahan. Namun, id card yang dilaminating memiliki beberapa manfaat bagi kartu itu sendiri serta pihak yang membuatnya, antara lain:

a. ID card laminating lebih awet dan tahan lama

Pemberian proteksi pada ID card membuat kartu bisa lebih tahan lama dan aman dari segala pengaruh eksternal. Kartu nama yang diberikan laminasi tentu memiliki ketahanan yang lebih dibanding yang tidak dilaminating. Hal ini terbukti karena kartu yang dilaminasi lebih awet pada penggunaan secara umum.

b. Laminating kartu nama bisa menghemat anggaran

Kartu yang tidak dilaminasi rentan mengalami kerusakan. Adanya goresan pada permukaan kartu hingga gambar dan tulisan yang mulai kabur karena sinar matahari, tentu membuat kartu nama harus diganti dengan yang baru.

Untuk pengadaan ID card yang baru juga akan menambah anggaran pengeluaran bagi perusahaan. Oleh karena itu, dengan laminating kartu nama maka perusahaan bisa menghemat anggaran. Kartu nama yang sudah dilaminasi jelas akan bebas dari goresan dan tulisan serta gambar yang mengabur.

c. Tampilan ID card nampak lebih profesional

ID card memiliki keutamaan untuk mempermudah identifikasi seseorang sebagai pemiliknya. Di sisi lain, kartu nama tersebut memberikan kesan yang profesional karena dengan jelas menunjukkan nama serta jabatan si pemilik.

Adanya kartu nama membuat pegawai menjadi terlihat lebih profesional di tempat kerja. Sehingga jika ID card yang dimiliki rusak, tentu pegawai akan tampak tak rapi serta kurang profesional di mata orang lain.

Cara Mudah Laminating ID Card / Kartu Nama

Cara Laminating Tanda Pengenal

ID card bisa terbuat dari plastik maupun bahan lainnya seperti metal. Keduanya tetap bisa dilaminasi untuk melindungi fisik kartu dari kerusakan. Laminasi yang dilakukan bisa menggunakan plastik seperti glossy, doff bahkan plastik bening tipis biasa.

Laminating pada ID card memang tidak mudah untuk dilakukan. Anda butuh kesabaran dan praktek untuk melakukannya. Oleh karena itu, Anda bisa mengikuti cara dibawah ini agar dapat dengan mudah untuk laminasi kartu nama:

1. Memilih alat atau mesin laminating

Dalam memilih alat atau mesin laminasi/laminating, pastikan bisa digunakan untuk laminating secara rapi dan tidak berkeriput. Misalnya, mesin yang berharga murah banyak yang menggunakan gas untuk laminating dan menghasilkan asap saat proses laminasi dilakukan.

Sedangkan mesin laminating yang terbaik murni menggunakan panas untuk melelehkan plastik laminasi sehingga tak meninggalkan bekas cairan atau apapun pada kartu nama.

2. Menyiapkan ID card dan plastik bahan laminasi

Jika Anda akan melaminasi dengan bahan pouch, maka siapkan ketebalan yang pas agar ID card bisa dilindungi dengan baik. Ketebalan yang disarankan untuk melindungi kartu nama adalah di ukuran 3 mm sampai 14 mm.

Dikarenakan tidak semua alat dan mesin laminating bisa melaminasi semua ukuran, maka baiknya diperhatikan terlebih dulu untuk ketebalan kartu nama serta ketebalan bahan laminasi itu sendiri.

3. Menyesuaikan panas alat atau mesin laminating

Penyesuaian panas pada sebuah alat atau mesin laminating biasanya berbeda pada setiap merek. Namun, Anda bisa menyesuaikan panas dengan temperatur standar yang disarankan oleh mesin tersebut. Pastikan panas dari alat laminating bisa memproses laminasi dengan baik.

4. Letakkan kartu nama pada posisi yang ideal

Posisi kartu nama pada plastik ada baiknya memiliki celah atau ruang di setiap sudutnya. Dengan begitu, Anda lebih mudah untuk merapikan sisi ID card yang sudah dilaminasi nantinya.

5. Perhatikan proses laminasi dari awal sampai akhir

Saat melaminasi, ada baiknya Anda memperhatikan proses laminasi dari awal hingga akhir untuk menghindari kemungkinan adanya kesalahan, baik dari mesin maupun bahan laminasi. Dengan memperhatikan waktu laminating, maka Anda bisa memastikan hasil laminasi sudah sesuai dengan keinginan.

Jenis-jenis Plastik Laminating Pouch untuk ID Card

Jenis Plastik Hologram Laminating Pouch

Hologram Laminating Pouch

Ada beberapa jenis plastik bahan laminasi dalam bentuk pouch yang bisa digunakan untuk kebutuhan proteksi terhadap ID card. Adapun jenis-jenis plastik laminating pouch untuk ID card adalah thermal, matte, berwarna, self-sealing dan sticky back.

a. Thermal

Bahan laminasi thermal merupakan jenis plastik terpopuler dan paling sering digunakan untuk kebutuhan laminating. Bahan ini memiliki sifat adhesif yang akan aktif saat terkena panas dari alat laminasi.

Plastik laminasi thermal sangat mudah ditemukan di sekitar Anda. Selain itu, plastik thermal juga bisa mencegah pudarnya warna, tulisan dan gambar dari kartu nama bahkan beberapa diantaranya dapat melindungi dari sinar UV.

b. Matte 

Hasil laminating dapat menjadi pilihan Anda saat akan memilih bahan laminasi pouch. Bahan laminating glossy memang sangat mewah, namun ada kalanya Anda membutuhkan hasil yang terlihat lebih kalem dan itu bisa didapatkan dari bahan laminating matte atau doff.

c. Berwarna

Bahan laminating berwarna membuat Anda bisa lebih mudah untuk membedakan satu dokumen dengan dokumen lainnya. Warna bahan laminating yang sering digunakan adalah kuning, merah, hijau, ungu, merah muda, biru, dan sebagainya.

d. Self-sealing

Sesuai dengan namanya, laminating pouch ini dapat mengunci sendiri tanpa memerlukan alat laminating yang panas sehingga termasuk proses laminasi dingin. Bahan laminating ini cocok untuk melaminasi media yang sensitif terhadap panas seperti hasil cetak foto, kertas print dari printer inkjet, dan lain-lain.

Di beberapa tipe laminating pouch self-sealing, ada pula yang bisa dibuka tutup kembali sesuai keinginan. Sehingga saat ada kesalahan, Anda hanya perlu membuka laminating dan menyesuaikan posisinya sebelum menutup laminating itu kembali.

e. Sticky back

Laminating pouch sticky back adalah jenis plastik laminasi yang inovatif. Hal ini dikarenakan, plastik ini memiliki bagian adhesif yang mana bisa langsung digunakan untuk menempel pada media dan menjadi lapisan laminating media tersebut.

Sticky back menawarkan laminating secara mudah di satu sisi. Tanpa menggunakan mesin, jenis bahan laminasi ini bisa menjadi pilihan yang tepat dan praktis untuk Anda.

ID Card Laminating Buat Penampilan Makin Profesional

Kecepatan laminating Telson YG320 25MM

Sebagai tanda pengenal, ID card yang dilaminating tentu terlihat lebih profesional dibandingkan yang tidak. Selain terlihat rapi, ID card akan lebih aman dan awet karena sudah memiliki lapisan pelindung.

Untuk kebutuhan yang tidak terlalu banyak, Anda bisa mempertimbangkan salah satu mesin laminating sederhana milik Maxipro yaitu Mesin Laminating Telson YG320 25mm. Dengan mesin ini, kebutuhan laminasi Anda akan terpenuhi dengan baik.

Mesin Laminating Telson YG320 25mm mempunyai area kerja selebar 32 mm dengan 4 roll yang sangat cocok untuk kebutuhan pribadi maupun fotocopy dan kantor. Adanya ventilasi udara juga membuat mesin ini lebih aman digunakan.

Semoga artikel dari Maxipro kali ini bisa bermanfaat bagi kalian ya, Maxivers. Jika membutuhkan bantuan lebih lanjut mengenai kebutuhan bahan dan mesin percetakan untuk usaha percetakan, bisa menghubungi call center kami di bawah ini.

Yuk langsung saja kunjungi dan belanja di website kami yaaa !!!

Maxipro.co.id - Supplier Mesin Finishing Percetakan