5 Perbedaan Jenis Finishing Banner yang Bisa Kamu Pilih! - maxipro.co.id

5 Perbedaan Jenis Finishing Banner yang Bisa Kamu Pilih! - maxipro.co.id

Finishing banner adalah salah satu unsur penting yang wajib Anda perhatikan. Sebuah banner tidak hanya dilihat dari gambar dan tulisan yang ada disana, namun juga tampilan secara keseluruhan seperti bahan yang digunakan. Dengan teknik finishing banner yang tepat, maka tampilan banner akan semakin menarik.

Kekuatan utama banner memang berasal dari tulisan dan gambar yang berisi di dalamnya, namun bukan berarti bagian lainnya menjadi tidak penting. Sebuah banner akan menjadi pusat perhatian dan efektif jika lingkungan di sekitarnya juga mendukung banner untuk bersinar.

Pengertian Finishing Banner

Finishing banner bisa dipahami sebagai sentuhan terakhir yang diberikan pada banner guna melengkapi tampilan banner secara keseluruhan. Setelah dicetak, banner harus dipasang di tempat yang telah direncanakan sebelumnya.

Pemasangan banner tidak boleh dilakukan sembarangan karena nanti akan mempengaruhi tampilan akhir pada banner. Yang dimaksud finishing juga adalah cara pemasangan banner pada tempat yang sudah ditentukan.

Pemilihan finishing banner cukup krusial. Misal jika bahan banner ringan namun cara pemasangannya menggunakan kayu maka banner tidak bisa membentang dengan baik. Oleh karena itu, tampilan banner bergantung pada finishing banner itu sendiri.

Jenis-jenis Finishing Banner

Sebagai contoh adalah bahan vinyl bisa dipasang dengan mudah di pagar atau tiang memiliki bentuk yang memanjang dan terbuat dari material yang ringan agar lebih mudah untuk ditopang oleh tiang atau pagar. Anda harus memperhatikan ketebalan bahan agar tidak mudah terbang atau robek.

Banner atau spanduk berbentuk bendera bisa dipasangkan di tiang atau digantung di langit-langit. Bahannya lebih ringan dibandingkan vinyl dan biasanya berukuran lebih kecil. Anda bisa memasangnya dengan tali tipis agar terpasang dengan baik. Selain itu, biasanya banner ini digunakan untuk kebutuhan indoor.

Di masyarakat umumnya dikenal ada beberapa jenis finishing banner yang sering dipakai, yakni eyelet, lubang angin dan

1. Eyelet (Mata Ayam)

Finishing Banner Eyelet Mata Ayam

Mata ayam atau yang dikenal dengan nama eyelet adalah lubang yang dibuat di ujung banner sebagai tempat tali untuk mengikatkan banner pada tiang atau penyangga lainnya. Berbentuk bulat dan berukuran cukup besar, membuat lubang eyelet tampak seperti mata ayam sehingga dinamakan serupa.

Pada umumnya banner berbentuk persegi empat dan persegi panjang sehingga memerlukan eyelet di keempat ujungnya, yaitu ujung kanan atas dan bawah serta kiri atas dan bawah. Tali yang dimasukkan ke dalam lubang eyelet berguna untuk merekatkan banner pada tiang.

Tali yang dipersiapkan untuk eyelet banner dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Untuk banner yang berukuran lebih besar, Anda bisa menambahkan panjang sekitar 12 atau 24 inch.

2. Lubang Angin

Finishing Lubang Angin spanduk

Banner terbuat dari bahan yang ringan sehingga mudah untuk ditopang oleh tali dan tiang atau sejenisnya. Namun di sisi lain, jika dipasang outdoor maka banner akan mudah tertiup angin. Banner yang mudah tertiup angin bisa sering menekuk dan meliuk yang mana akan menyulitkan orang lain untuk melihat dan membaca banner tersebut.

Pada banner yang terbuat dari bahan seperti jaring, maka ada banyak lubang kecil sehingga memungkinkan angin untuk melewatinya. Sedangkan pada material vinyl tentu memiliki permukaan yang tertutup tanpa lubang.

Untuk menyiasatinya, Anda bisa menyayat bahan banner atau membuat lubang kecil sebagai tempat lewatnya hembusan angin. Lubang angin tersebut membuat banner Anda tetap bisa untuk kokoh dan terbaca meskipun angin berhembus cukup kencang.

Lubang angin ini sendiri bukan sebuah keharusan yang wajib dimiliki oleh setiap banner. Namun, Anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan.

3. Kelim Banner

kelim jahitan tepi banner

Kelim atau jahitan tepi pada banner adalah jahitan benang yang diberikan pada pinggiran tepi banner agar bahan atau material banner tak mudah robek halus serta menjaga agar ujung banner tetap kokoh. Kelim pada banner dibuat dengan rapi tanpa mengganggu eyelet atau tambahan finishing lainnya.

Pemilihan kelim pada banner memang tidak diharuskan ada, namun untuk pemakaian outdoor sebaiknya menggunakan jenis finishing banner ini. Banner yang dipasang indoor bisa terlihat tetap rapi tanpa adanya kelim.

Sedangkan untuk penggunaan outdoor, kelim banner sebaiknya dilakukan. Dengan pinggiran yang rapi, banner akan bisa tahan dari cuaca dan tak mudah robek terutama pada bagian ujungnya.

4. Rongga dan Tiang

Finishing banner - Lubang Berongga Banner

Finishing banner lain yang bisa Anda pilih adalah dengan membuat rongga pada sisi atas dan bawah banner lalu mengisinya dengan tiang. Rongga yang dimaksud adalah ruang yang dibuat dari ujung atas dan bawah banner, sehingga tak memerlukan kelim.

Tiang ini sebagai media untuk menyangga banner agar tetap kokoh dan tak menekuk, sehingga mudah untuk terbaca dari jarak jauh sekalipun. Jenis finishing ini sering dijumpai untuk acara umum seperti konferensi, toko-toko hingga di pusat perbelanjaan.

5. Kedar Banner

Finishing Banner - kedar to suit track

Pengertian kedar banner adalah jenis finishing banner dengan tiang atau penyangga berbentuk hook atau kait yang memiliki ruang untuk menempatkan banner di dalamnya. Banner digabungkan dengan tiang sehingga bisa mengikuti bentuk tiang.

Untuk menampilkan banner, Anda hanya perlu menarik tiang di sisi bawah sehingga banner yang tergulung di dalam akan tampak. Cara membukanya adalah seperti Anda menarik rolling banner, hanya saja kedar banner lebih spesifik mengarah ke bagian finishing yang kokoh dan awet.

Pertimbangan Memilih Finishing Banner

Finishing banner sangat penting untuk menyempurnakan tampilan banner Anda. Hal ini dikarenakan hasil finishing bisa mempengaruhi tampilan akhir banner dan membuatnya terlihat semakin menarik jika finishing yang dipilih sesuai dengan citra yang ingin ditampilkan.

Selain ukuran, bahan serta isi dari sebuah banner, finishing juga berperan cukup krusial. Oleh karena itu, ada beberapa pertimbangan yang bisa diperhatikan dalam memilih finishing banner, seperti:

a. Lokasi banner

Lokasi banner menentukan pilihan finishing yang tepat untuk banner Anda. Untuk pemasangan indoor, Anda bisa cukup dengan memberikan eyelet atau kelim banner supaya tampilan banner tetap rapi. Dikarenakan ada di dalam ruangan, maka Anda tak perlu khawatir banner terpengaruh dengan cuaca tak menentu.

Sebaliknya jika lokasi banner adalah outdoor, maka Anda wajib memberikan perlindungan ekstra. Anda bisa memberikan eyelet, lubang angin serta kelim agar banner lebih kokoh dan tak mudah rusak.

b. Lama waktu pemasangan banner

Lamanya pemasangan banner juga bisa menjadi pertimbangan bagi Anda untuk memilih finishing yang tepat. Jika untuk pemasangan dalam jangka waktu pendek, Anda bisa memilih salah satu dari finishing eyelet, lubang angin atau kelim dan bahkan tidak sama sekali terutama untuk menghemat biaya.

Namun jika diperlukan untuk pemasangan dalam waktu yang lama, maka sebaiknya Anda melengkapinya dengan finishing yang sesuai kebutuhan. Adanya finishing akan mempertahankan tampilan banner secara maksimal dalam waktu yang cukup lama.

c. Cara memperbaiki banner

Banner selalu memiliki kemungkinan untuk rusak, oleh karena itu Anda patutnya memikirkan bagaimana cara untuk memperbaikinya. Yang paling mudah untuk digunakan adalah lem atau selotip. Penggunaan lem atau selotip bisa memperbaiki sementara atas kerusakan yang mungkin terjadi.

Selanjutnya ada finishing lain seperti menjahit atau kelim untuk memperbaiki banner yang sobek. Jika memang kerusakan sudah parah, ada baiknya menggantinya dengan banner yang baru.

Finishing Banner Buat Tampilan Semakin Menarik

Dengan memahami pilihan finishing banner yang ada, Anda sudah bisa menentukan jenis finishing mana yang akan digunakan. Ketepatan memilih akan membuat tampilan banner itu sendiri terlihat semakin menarik.

Mesin Mata Ayam 1 Mata Banner - maxipro.co.id

Salah satu finishing banner paling sering dijumpai di pasaran adalah eyelet. Dan dengan berbekal Mesin Mata Ayam 1 Mata Banner dari Maxipro, Anda sudah bisa membuat eyelet pada banner dengan mudah.

Mesin Mata Ayam 1 Mata Banner menghasilkan eyelet pada banner yang tidak mudah pecah serta tampak rapi. Dilengkapi pula dengan tuas yang panjang, ringan dan solid membuat mesin ini sangat mudah untuk digunakan.

Semoga artikel dari Maxipro kali ini bisa bermanfaat bagi kalian ya, Maxivers. Jika membutuhkan bantuan lebih lanjut mengenai kebutuhan bahan dan mesin percetakan untuk usaha percetakan, bisa menghubungi call center kami di bawah ini.

Yuk langsung saja kunjungi dan belanja di website kami yaaa !!!

Maxipro.co.id - Supplier Mesin Finishing Percetakan