Berkenalan Dengan Banyak Jenis Banner Yang Ada Di Pasaran - Maxipro.co.id
Berkenalan Dengan Banyak Jenis Banner Yang Ada Di Pasaran - Maxipro.co.id

Berkenalan Dengan Banyak Jenis Banner Yang Ada Di Pasaran – Maxipro.co.id

Keberadaan banner sangatlah penting bagi kebutuhan pemasaran suatu perusahaan. Hal ini dikarenakan banner merupakan salah satu media promosi offline terbaik yang bisa menjangkau jarak pandang pengunjung atau calon pembeli dari jauh tanpa kalian perlu berada di dekat mereka.

Lalu, sebenarnya apakah pengertian banner?

Dan apa saja jenis banner yang ada di pasaran?

 

Pengertian banner 

Secara umum, banner adalah informasi yang berisi konten promosi yang bertujuan untuk memperkenalkan atau menjual sesuatu. Sedangkan lebih spesifiknya jika dalam dunia digital printing, maka banner adalah suatu media promosi yang dicetak menggunakan print digital dengan ukuran tertentu.

Menurut wikipedia, bentuk banner web adalah bentuk iklan yang digunakan di jaringan internet. Bagian dari suatu halaman website umumnya bentuk iklan online ini digunakan untuk menarik perhatian penjelajah internet agar mengunjungi situs website tersebut. 

Pengertian banner menurut KBBI adalah media promosi yang terdapat pesan untuk masyarakat yang diiklankan. Sebuah banner sebelumnya melalui proses percetakan yang didesain melalui aplikasi seperti Adobe Photoshop atau juga bisa Corel Draw. 

 

Ciri-ciri banner 

Ciri-ciri yang terdapat pada banner yang berbeda dengan media lain ialah ukuran banner lebih kecil dari spanduk. Billboard dan baliho berbentuk potrait maupun vertikal. Ciri yang kedua sebagai konten informasi yang diberikan lebih rinci. Ciri yang ketiga yaitu berisi logo perusahaan dan gambar. Spanduk dianggap termasuk sebagai banner, Karena sifat menyampaikan informasi singkat dan cepat. 

 

Perbedaan banner dan spanduk

 

Berkenalan Dengan Banyak Jenis Banner Yang Ada Di Pasaran - Maxipro.co.id

 

Dari bentuknya banner memiliki bentuk vertikal dan spanduk lebih ke horizontal. Spanduk adalah media promosi yang ukurannya lebih besar dari banner. Banner juga berbeda pengertian dengan baliho dan pengertian billboard. Fungsi dari baliho dan billboard adalah sebagai sarana penyampaian informasi dengan tujuan yang jelas berbeda-beda. 

 

Nama-nama dan ukuran banner

  1. Ukuran banner panggung : 400 x 200 cm
  2. Ukuran mini X banner : 25 x 45 cm, 25 x 40 cm dan 26 x 38 cm
  3. Ukuran roll up banner : 60 x 160 cm, 80 x 200 cm, 85 x 200 cm, 120 x 200 cm dan 150 x 200 m
  4. Ukuran vertical banner : 90 x 150 cm, 90 x 200 cm dan 90 x 300 cm
  5. Ukuran x banner : 80 x 160 cm, 80 x 180  cm, 25 x 45 cm
  6. Ukuran y banner : 60 x 160 cm, 80 x 180 cm 

 

Fungsi-fungsi banner sebagai : 

Pada kenyataannya, banner tak semata sebagai media promosi

  • Media Promosi 

Sebagai media promosi yang sangat efektif jika ditempatkan berada pada tempat yang strategis dan sering dilihat oleh banyak orang. 

  • Sebagai media informasi 

Sebagai media informasi baik itu banner offline maupun banner di website atau blog. 

  • Identitas atau ciri khas

Berfungsi sebagai identitas atau ciri khas agar pengunjung lebih muda untuk mengingatnya. Banner website ini juga bisa menjadi salah satu cara melakukan branding secara online. 

 

Jenis-jenis banner berdasarkan bentuk 

Berdasarkan bentuknya, banner dapat dibedakan menjadi beberapa jenis, yakni:

Berkenalan Dengan Banyak Jenis Banner Yang Ada Di Pasaran - Maxipro.co.id

  • Mini X banner 

Mini x banner bisa di letakan diatas meja untuk mempromosikan informasi seperti menu makan atau jadwal acara.   

  • X banner 

Model banner ini berbentuk X, Tiang penyangga nya terbuat dari bahan alumunium ringan hingga bisa dibawa kemana saja. X banner bisa digunakan berulang-ulang. 

  • Roll banner

Berbentuk gulungan, banner jenis ini dapat dipasang dengan cara ditarik ke atas penggunaannya sangat praktis. 

 

Jenis-jenis banner dan ukuran 

Banner dan buttons 

  • 120 x 90 IMU/ Pixel – Button 1
  • 120 x 60 IMU/ Pixel – Button 2
  • 125 x 125 IMU/ Pixel – Suara Button
  • 728 x 90 IMU/ Pixel – Leaderboard
  • 120 x 240 IMU/ Pixel – Vertical Banner
  • 468 x 60 IMU/ Pixel – Full Banner
  • 88 x 31 IMU/ PIxel – Micro Bar
  • 234 x 60 IMU/ Pixel – Half Banner

Ukuran standar 

  • 300 x 250 IMU/ Pixel – Medium Rectangle
  • 250 x 250 IMU/ Pixel – Square Pop-up
  • 240 x 400 IMU/ Pixel – Vertical Rectangle
  • 336 x 280 IMU/ Pixel – Large Rectangle
  • 180 x 150 IMU/ Pixel – Rectangle

 

Ada 4 perbedaan banner dan spanduk yang perlu kamu ketahui 

  • Mesin cetak 


Perbedaan mesin cetak banner dan spanduk adalah untuk mesin cetak banner biasanya menggunakan biaya yang lebih murah yaitu digital printing indoor, Karena hasilnya tidak tahan dengan paparan sinar matahari. Untuk cetak spanduk menggunakan digital printing outdoor, Seperti Roand atau Flora LJ. Mencetak kertas memang harus sesuai mesin dengan jenis kertasnya. 

  • Peletakan 

Untuk peletakan banner harus berada dalam posisi tegak berdiri. Jenis banner pun berbeda-beda ada Roll up banner,  X banner dan Y banner. Peletakan spanduk biasanya dibuat lubang kecil untuk mengaitkan tali. Karena peletakan spanduk ini dipasang secara diikat. Kamu bisa menempelkan di dinding atau dipohon, Dan bisa menggantungkan, Juga bisa dikaitkan pada tiang atau ranting. Hal ini terlihat lebih fleksibel dalam segi peletakannya.  

  • Ukuran 

Ukuran banner berukuran mulai dari 60 cm x 160 cm hingga 80 cm x 200 cm memiliki bentuk horizontal. Untuk ukuran spanduk memiliki ukuran 80 cm x 200 cm. Ukuran spanduk ini ukuran yang paling kecil. Ukuran yang paling besar bisa mencapai 150 cm x 300 cm. Untuk kedua media media promosi ini bisa disesuaikan jika membutuhkan ukuran yang lebih besar maupun ukuran kecil. 

  • Bahan kertas

Penggunaan kertas pada banner dan spanduk dibedakan berdasarkan peletaknya diluar ruangan atau didalam ruangan. Walaupun jenis kertas yang digunakan  banyak yang sama tetapi perbedaannya tetap bisa terlihat. Untuk bahan kertas banner menggunakan kertas berbahan albatros yang memiliki kualitas bahan yang bagus saat diletakkan di dalam ruangan. Untuk bahan kertas spanduk  menggunakan jenis kertas flexi yang memiliki daya tahan yang kuat.

 

Ternyata cukup banyak ya jenis banner yang ada di masyarakat!

Selain menjadi media promosi yang penting, banner yang mempunyai beragam jenis tentu memberikan pilihan yang bervariasi sesuai dengan kebutuhan kalian. Di sisi lain, promosi dengan banner bisa juga ditambah menggunakan selebaran agar dapat menyebarkan informasi secara luas.

Selebaran yang dibagikan ada baiknya memiliki ukuran yang pas dan mudah untuk digenggam. Disinilah kalian mungkin membutuhkan mesin potong kertas untuk merapikan selebaran yang akan dibagikan.

Maxipro sebagai solusi untuk kebutuhan digital printing, meerekomendasikan salah satu mesin potong kertas terbaik yakni Mesin Potong Kertas Telson MP490 ST. Mesin ini merupakan mesin yang berukuran tidak terlalu besar sehingga mudah untuk dipindahkan dan tidak membutuhkan ruang yang terlalu luas. Tentunya mesin ini akan sangat bermanfaat jika kalian memiliki ruang yang terbatas.

Mampu memotong secara akurat sampai 0,3mm, membuat mesin ini menjadi pilihan terbaik untuk kebutuhan kalian. Mesin Potong Kertas Telson MP490 ST juga menghasilkan hasil pemotongan yang presisi dan rapi.

Dilengkapi dengan teknologi canggih dan didukung oleh layar touch screen, menjadikan Mesin Potong Kertas Telson MP490 ST adalah pilihan terbaik bagi kalian. Informasi lebih lengkapnya mengenai mesin ini bisa kalian dapatkan di halaman berikut ya!

Mesin Potong Kertas Telson MP490 ST

Semoga artikel dari Maxipro kali ini bisa bermanfaat bagi kalian ya, Maxivers. Jika membutuhkan bantuan lebih lanjut mengenai kebutuhan bahan dan mesin percetakan untuk usaha percetakan, bisa menghubungi call center kami di bawah ini.

Yuk langsung saja kunjungi dan belanja di website kami yaaa !!!

Berkenalan Dengan Banyak Jenis Banner Yang Ada Di Pasaran - Maxipro.co.id