Art Paper: Kertas Mengkilap Untuk Menarik Minat Baca - Maxipro.co.id
Art Paper: Kertas Mengkilap Untuk Menarik Minat Baca - Maxipro.co.id

Art Paper: Kertas Mengkilap Untuk Menarik Minat Baca – Maxipro.co.id

Kertas adalah salah satu benda yang tidak bisa dilepaskan dalam dunia percetakan. Hampir semua kegiatan percetakan menjadikan kertas sebagai media yang akan menampung ‘hasil cetakan’ desain yang dibuat sehingga bisa menghasilkan barang jadi.

Salah satu jenis kertas yang sering digunakan dalam dunia percetakan adalah art paper. Kertas jenis art paper biasanya dipakai untuk membuat mencetak media promosi seperti poster, kartu nama dan brosur karena memiliki tampilan yang mengkilap dan licin. Tapi tak jarang juga art paper menjadi cover buku dan untuk mencetak foto.

 

Pengertian kertas jenis art paper

 

Art Paper: Kertas Mengkilap Untuk Menarik Minat Baca - Maxipro.co.id

 

Kata art paper tidak bisa diartikan secara langsung dari Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia, namun perlu dipahami makna sebenarnya. Art paper merupakan jenis kertas yang memiliki lapisan khusus sehingga umumnya lebih berat dari kertas HVS biasa, yang biasanya mempunyai ketebalan 85gr – 150gr.

Memiliki tampilan yang bagus, memang membuat kertas jenis art paper menjadi salah satu pilihan untuk menarik perhatian orang lain. Maka tak heran jika art paper menjadi cover buku atau bahan bacaan lainnya. Selain itu, karena memiliki tingkat kecerahan, nyatanya art paper dapat menambahkan kesan mewah serta ekslusif.

 

Mengapa kertas jenis art paper mampu menarik minat baca?

 

Art Paper: Kertas Mengkilap Untuk Menarik Minat Baca - Maxipro.co.id

 

Selain memiliki permukaan yang mengkilap dan terkesan ekslusif, nyatanya ada beberapa alasan mengapa art paper dapat menarik perhatian dan minat baca orang lain, antara lain:

Tidak mudah rusak

Karena memiliki lapisan pada permukaan kertasnya (dikenal pula dengan istilah coated paper), membuat art paper tidak mudah sobek atau mengalami kerusakan lainnya seperti kisut. Bahkan saat terkena air pun, kertas ini biasanya dapat bertahan. Karakter ini membuat art paper tergolong tahan lama.

Sifatnya yang tahan air tentu akan sangat menguntungkan sebagai media promosi offline misalnya saat membagikan brosur. Sekalipun pembagian dilakukan di luar ruangan (outdoor) dan terjadi hujan, kalian tak perlu khawatir kertas akan rusak.

Art paper mampu menahan aliran air agar tak merusak kertas karena lapisan yang dimilikinya dikarenakan memiliki pori yang rapat. Didukung oleh tinta yang tak mudah luntur, menjadikan kertas art paper sangat aman untuk digunakan di luar ruangan.

Tak hanya hujan, pada kenyataannya kertas jenis art paper juga dapat tahan terhadap sinar matahari. Ketahanan tersebut disebabkan oleh kandungan minyak dan air dalam art paper yang memiliki presentase seimbang yakni 50% sama rata. Minyak pada lapisan art paper membuatnya mampu menampik air dan mempertahankan hasil cetakan di dalamnya.

 

Hasil jadi cetak kertas lebih cerah

Pori yang rapat pada art paper membuat hasil cetakannya terbukti lebih cerah. Tinta pigmen yang lebih kuat menghasilkan warna-warna lebih merata dan maksimal. Dari segi kualitas, tentunya hasil cetakan menawarkan warna yang lebih cerah dan tegas.

Art paper pula dapat menonjolkan citra yang ingin disampaikan oleh desain dengan bagus karena mampu mendukung warna-warna yang kompleks. Sehingga akan memudahkan Maxivers yang ingin melakukan permainan warna agar tak takut untuk memiliki desain dan pewarnaan yang kreatif serta unik.

Di sisi lain, tingkat kecerahan hasil cetakan juga dapat terbantu dengan keberadaan art paper. Hal ini dikarenakan pada hasil cetakan printer offset cenderung lebih transparan.

 

Ukuran dan ketebalan bervariasi

Guna mendukung berbagai kebutuhan yang ada, tak heran jika kertas jenis art paper memiliki banyak ukuran dan ketebalan yang beragam di pasaran. Di samping itu gramatur kertas jenis art paper pun bervariasi mulai dari 85 gr, 100 gr, 120 gr dan 150 gr.

Jika kalian ingin berhemat, bisa saja untuk membeli satu ukuran besar atau 150 gr (plano) dan memontongnya menjadi beberapa bagian sesuai kebutuhan. Sehingga bisa mengurangi pula kemungkinan pembuangan kertas jenis art paper sisa nantinya.

 

Wah, ternyata kertas jenis art paper sangat menarik ya!

Dengan beragam kelebihan, maka tak heran art paper menjadi pilihan terbaik bagi pengusaha terutama di bidang percetakan untuk melengkapi produk mereka. Seperti pembuatan undangan, cover buku hingga brosur yang juga bisa menjadi media promosi offline.

Nah, saat art paper menjadi soft cover bagi sebuah buku, pasti dibutuhkan mesin yang dapat membantu proses perekatan supaya tampak rapi, profesional dan melekat kuat. Disini lah Maxipro mampu memberikan rekomendasi salah satu mesin terbaik untuk membantu proses penjilidan dengan lem panas, yaitu Mesin Glue Binding Desktop Telson M40 ST.

 

Rekomendasi mesin glue binding dari Maxipro

Mesin Glue Binding Desktop Telson M40 ST memiliki ukuran mesin yang cukup kecil sehingga dapat diletakkan dimana saja karena tak membutuhkan banyak ruang untuk penemapatannya. Selain itu, mesin ini juga sangat mudah untuk digunakan sehingga kalian bisa menghemat waktu dan biaya saat pengoperasiannya.

Dilengkapi dengan pisau pencacah buku yang tajam, membuat kertas dapat dilukai dengan mudah sehingga lem bisa menempel lebih baik ke dalam kertas. Adanya pemanas lem pada mesin ini juga memastikan lem dapat meleleh dengan sempurna untuk merekatkan kumpulan kertas.

Mesin Glue Binding Desktop Telson M40 ST juga memiliki thermocontrol yang mampu mengatur panas yang dihasilkan sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Tentu hal ini akan sangat membantu pekerjaan kalian nantinya. Informasi lebih lengkap bisa kalian lihat di halaman ini ya!

Mesin Glue Binding Desktop Telson M40 ST

 

Semoga artikel dari Maxipro kali ini bisa bermanfaat bagi kalian ya, Maxivers. Jika membutuhkan bantuan lebih lanjut mengenai kebutuhan bahan dan mesin percetakan untuk usaha percetakan, bisa menghubungi call center kami di bawah ini.

Yuk langsung saja kunjungi dan belanja di website kami yaaa !!!

Art Paper: Kertas Mengkilap Untuk Menarik Minat Baca - Maxipro.co.id