Bikin Sendiri! Karya Kerajinan Dari Kertas yang Menarik - Maxipro.co.id

Bikin Sendiri! Karya Kerajinan Dari Kertas yang Menarik - Maxipro.co.id

Kerajinan dari kertas bukanlah benda yang asing bagi Anda. Kertas sebagai benda yang sangat penting kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari tentu saja mempunyai banyak sekali manfaat. Salah satunya adalah untuk membuat karya seni berupa kerajinan dari kertas.

Pembuatan kerajinan dari kertas terbilang umum karena sangat mudah sekali untuk membuatnya. Cara paling sederhana adalah melipat kertas dan membuatnya menjadi bentuk lain. Untuk cara lainnya, Anda bisa menggunting, memberi warna hingga menggambar kertas.

Mulai dari usia anak-anak, kerajinan dari kertas sudah bisa dibuat hanya dengan mengandalkan tangan dan bentuk-bentuk sederhana. Namun semakin dewasa, kerajinan tangan bisa berkembang menjadi benda lain yang menarik.

Kerajinan Dari Kertas

Dengan tingkat kesulitan yang lebih tinggi, Anda bisa merubah kerajinan tangan biasa menjadi karya seni hingga dekorasi. Sebuah kerajinan dari kertas yang luar biasa juga membuka peluang usaha yang menjanjikan.

Karya seni tersebut tidak harus selalu sulit, asal dengan kreativitas maka Anda bisa mengolahnya menjadi benda yang berdaya jual tinggi. Dari segi estetika juga, kerajinan dari kertas bisa memiliki nilai seni yang tinggi.

Oleh karena itu, membuat kerajinan dari kertas sangat menguntungkan dari segi ekonomi dan estetika. Adapun beberapa kerajinan tangan dari kertas yang bisa Anda buat adalah pigura kertas,

1. Pigura Kertas

Kerajinan Pigura dari kertas

Pigura Kertas

Pigura adalah sebutan untuk frame atau bingkai yang fungsinya untuk melindungi foto, gambar atau lukisan agar tak mudah kotor dan rusak. Karena itu, pigura harus terbuat dari bahan yang tebal dan melindungi media sepenuhnya, seperti kayu, plastik bahkan bahan lainnya seperti kertas.

Kerajinan berupa pigura kertas bisa Anda buat dengan mudah, namun perhatikan jenis kertas yang akan digunakan. Gunakan kertas yang berbahan tebal atau sudah dirangkap dan terdiri dari beberapa lembar.

Cara Membuat Pigura Kertas

Cara membuat pigura dari kertas pun cukup mudah, yakni:

  1. Siapkan kertas yang tebal atau rangkap beberapa lembar menjadi satu. Kertas itu bisa berasal dari kertas bekas majalah, koran atau yang tidak terpakai lainnya namun masih dalam keadaan bagus.
  2. Tambahkan kardus pada bagian belakang pigura. Adanya kardus yang tebal adalah sebagai alas pigura kertas. Kardus juga bisa memberikan permukaan yang rata pigura agar tak mudah tertekuk.
  3. Ukur foto untuk memastikan ukuran pigura yang akan dibuat, tambahkan 5 cm lebih lebar dari foto yang akan dipasang di pigura kertas. Ruang tersebut dapat menjadi sisi pinggir pigura untuk nanti diberikan dekorasi lainnya.
  4. Setelah itu, tempelkan hiasan pada pinggir pigura. Anda bisa menggambar, melukis atau sekedar mewarnainya agar tampak menarik. Pilihan lainnya adalah dengan menggulung potongan kecil dari koran dan kertas majalah dan menempelkannya ke pinggiran pigura. Rekatkan dengan lem agar tak mudah lepas.
  5. Pigura kertas yang sudah jadi bisa disisipkan foto yang ingin pasang.

2. Hiasan Dinding Kertas

Bunga Kertas untuk Hiasan Dinding

Bunga Kertas

Selain pigura kertas yang bisa ditempatkan dimanapun, Anda juga bisa membuat hiasan dinding kertas untuk semakin mempercantik tampilan dinding Anda. Hiasan dinding kertas bisa terbuat dari kertas yang tidak terpakai seperti koran dan majalah atau juga kertas kado, karton dan HVS.

Jika kertas yang digunakan berwarna putih polos, ada baiknya beri warna agar tampak menarik. Potong dan bentuk hiasan tersebut dengan mengguntingnya, hasilnya bisa berupa 2D, origami maupun 3D. Bentuk yang bisa dibuat pun beragam seperti kupu-kupu, bunga, hewan, tumbuhan dan lain-lain.

Untuk warna hiasan dinding, pilih warna yang bisa senada atau bahkan kontras dengan dinding. Hal ini membuat hiasan dinding akan terlihat lebih stand out dan menarik.

3. Pop Up Card

Kartu Pop Up Imlek

Kartu Pop Up Imlek

Pop card adalah sebuah kartu yang terlihat datar dari luar namun ketika dibuka akan memunculkan gambar timbul berupa 3D dari kertas. Kartu ini sangat cocok sebagai ungkapan sayang saat ulang tahun atau bisa juga untuk sekedar mengucapkan selamat.

Kartu ini sangat unik sehingga sering dijadikan hadiah. Anda bisa mengkreasikan pop up card dengan mendesain gambar 3D yang timbul sesuka hati.

4. Pop Up Book

Buku Anak Pop Up

Hampir sama dengan pop up card, maka pop up book hanya berbeda pada medianya saja. Jika pada pop up card adalah sebuah kartu, maka pop up book adalah sebuah buku yang tampaknya biasa saja dari luar namun ketika dibuka maka isinya akan timbul seperti gambar 3D.

Buku ini sangat cocok untuk anak-anak kayak tampilannya menarik dan bisa meningkatkan minat baca mereka. Bahkan rasa ingin tahu anak juga bisa berkembang dengan pop up book ini.

5. Origami

Origami Bunga Lily

Origami Bunga Lily

Pengertian origami adalah kerajinan dari kertas yang dibuat dengan cara melipat kertas. Semakin rumit hasil yang diinginkan maka semakin rumit cara pembuatannya. Meskipun begitu, Anda tetap bisa membuat origami yang sederhana dengan mudah.

Untuk anak-anak, origami tentu sangat menarik. Mereka bisa membuat berbagai hewan dengan mudah sebagai origami. Warna-warna cerah dan terang dari kertas persegi empat origami akan membuat kerajinan dari kertas tersebut semakin terlihat menarik.

Kerajinan yang berasal dari Jepang ini juga bisa dijadikan hiasan dinding, buku, jurnal hingga hadiah. Anda bisa berkreasi sesuka hati saat membuat origami agar sesuai dengan keinginan.

6. Papercraft

Hasil Papercraft dengan Mesin Flatbed Cuting Telson

Papercraft atau model kertas adalah kerajinan dari kertas dengan membentuk model karakter atau benda tertentu. Hasil yang didapatkan adalah berupa benda multidimensi atau 3D sehingga sering juga disebut model atau patung dari kertas.

Hampir terlihat sama, namun sebenarnya papercraft berbeda dengan origami. Origami adalah seni melipat kertas yang biasanya dilakukan hanya dengan beberapa lembar kertas saja, sementara papercraft dalam pembuatannya membutuhkan lebih banyak dari itu karena bentuknya akan sangat realistis hingga mirip seperti aslinya.

Tingkat kesulitan papercraft jelas lebih tinggi dibandingkan origami. Oleh karena itu, diperlukan desain yang detail sebelum membuat papercraft. Dengan desain yang matang dan jelas, maka papercraft akan bisa dibuat dengan baik.

7. Paper Bag

Apa Saja Fakta Tentang Art Carton Yang Harus Kalian Ketahui? - Maxipro.co.id

Untuk kerajinan dari kertas yang bisa Anda buat selanjutnya adalah paper bag. Paper bag merupakan tas yang terbuat dari kertas. Benda ini tentu sangat tak asing bagi masyarakat dan memang cukup sering untuk digunakan.

Bahan dari kertas ini tentu ekonomis dan mudah didapatkan. Anda juga bisa memanfaatkan bahan kertas di sekitar Anda untuk membuatnya. Pastikan kertas yang Anda pakai tidak terlalu tipis dan cukup tebal atau Anda bisa menggabungkan beberapa lembar kertas untuk menjadi satu.

Paper bag memang tidak bisa membawa barang yang berat, sehingga dikhususkan untuk membawa barang yang ringan seperti baju, kosmetik, sepatu, sandal dan sebagainya. Anda juga bisa memanfaatkan paper bag sebagai packaging produk. Selain murah, kertas juga lebih ramah lingkungan dibandingkan plastik.

8. Anyaman

 

anyaman kertas paper woven

Anyaman yang terbuat dari kertas adalah sebuah kerajinan yang dari Indonesia. Faktanya, teknik anyam merupakan teknik khas Nusantara sejak zaman dahulu. Teknik ini menggunakan kemampuan manual untuk membuat karya seni yang indah.

Teknik anyam adalah teknik tindih menindih dan silang menyilang bahan pada media yang telah dipersiapkan sebelumnya. Pada anyaman kertas, media yang digunakan adalah kertas yang telah disayat sehingga Anda bisa menyilang dan menindih media dengan bahan kertas yang berwarna kontras atau senada, sesuai selera Anda.

Pola tersebut akan menghasilkan anyaman cantik seperti pattern square. Anda juga dapat mencoba motif lainnya dengan tingkat kesulitan yang lebih tinggi.

Peluang Usaha Luar Biasa Dari Kerajinan Kertas

Ragam produk kerajinan kertas nyatanya mampu memberikan peluang usaha yang luar biasa. Dengan kreativitas, bahan serta material terbaik maka Anda bisa memulai usaha kerajinan kertas tersebut. Adanya pilihan dari kerajinan kertas di atas, dapat menjadi inspirasi usaha yang bagus untuk Anda.

Usaha yang mulai berkembang tentu membutuhkan dukungan mesin-mesin handal yang luar biasa. Seperti pada Mesin Potong Kertas Telson MP490 ST yang sangat cocok bagi kebutuhan pemotongan kertas terutama untuk skala industri.

Mesin Potong Kertas Telson MP490 ST akan sangat memudahkan Anda untuk memotong dan merapikan kertas hingga ketebalan 1 rim atau sekitar 500 lembar. Dilengkapi juga dengan double poros, membuat mesin ini mampu menggerakkan kertas maju dan mundur saat pemotongan dan akan menghasilkan potongan yang rapi serta presisi.

Semoga artikel dari Maxipro kali ini bisa bermanfaat bagi kalian ya, Maxivers. Jika membutuhkan bantuan lebih lanjut mengenai kebutuhan bahan dan mesin percetakan untuk usaha percetakan, bisa menghubungi call center kami di bawah ini.

Yuk langsung saja kunjungi dan belanja di website kami yaaa !!!

Teknik Cetak Rotogravure: Andalan Produsen Besar - Maxipro.co.id