Jenis Kertas Karton Duplex

Jenis karton yang beragam di pasaran membuat ada banyak alternatif yang bisa dipilih oleh semua orang. Dengan adanya pilihan tersebut, Anda bisa mempertimbangkan karakteristik, kelebihan hingga kekurangan masing-masing jenis karton agar bisa mendapatkan karton yang sesuai dengan kebutuhan.

Kebutuhan akan kertas karton tidak hanya ada pada perorangan, namun lebih banyak ditemui dalam usaha industri seperti percetakan dan packaging. Seperti pada percetakan, kertas karton digunakan untuk sampul makalah dan buku, undangan, paper bag, kartu nama, poster dan sebagainya.

Sedangkan untuk packaging, kertas karton mempunyai karakter yang kokoh dan tebal sehingga cocok untuk menjadi wadah barang-barang tertentu. Kertas karton juga cukup awet dan tahan lama.

Apa Itu Karton?

Paper board atau kertas karton dikenal sebagai jenis kertas yang berukuran lebih tebal dari kertas pada umumnya. Hal ini dikarenakan kertas karton sebenarnya terbuat dari bubur kertas yang kemudian dibuat menjadi papan kertas. Sehingga menghasilkan benda berupa papan yang kuat namun tetap berasal dari kertas.

Gramasi kertas karton pada umumnya berkisar antara 210 gsm sampai 350 gsm. Angka tersebut menunjukkan bahwa tekstur kertas cukup keras saat dipegang serta memiliki tingkat transparansi yang rendah karena sangat tebal.

Kertas karton bisa dipakai menjadi berbagai hal, salah satunya adalah melengkapi kebutuhan cetak mencetak di usaha percetakan. Namun sebelum menggunakannya, ada baiknya Anda memahami jenis karton yang ada di pasaran..

Jenis-jenis Kertas Karton

Sebagai kertas yang mempunyai karakter kuat dan tebal, karton memang menjadi pilihan yang baik untuk berbagai keperluan. Seperti untuk membuat boks atau melapisi sampul buku menjadi hardcover, kertas ini sangat cocok.

Oleh karenanya, jenis karton seperti duplex, kraft, ivory, yellow board dan corrugated paper yang bisa Anda temukan di pasaran bisa menjadi pertimbangan penting untuk kebutuhan usaha Anda.

1. Duplex

Kertas Karton Duplex

Kertas duplex adalah jenis kertas karton yang termasuk paling umum Anda temukan serta gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Biasanya duplex digunakan untuk mengemas barang karena memiliki karakteristik yang kuat.

Duplex memiliki tampilan 2 warna yang berbeda. Pada sisi pertama adalah warna putih, sedangkan yang kedua berwarna abu-abu. Lapisan putih pada duplex merupakan coated, yakni lapisan tambahan yang ada pada karton.

Meskipun begitu, harga karton duplex biasanya lebih murah dibandingkan kertas lain yang serupa. Bahan pembuat duplex yang berasal dari material daur ulang, juga menjadikan karton duplex ramah lingkungan.

Gramasi duplex pun cukup tebal yaitu dari 250 gsm hingga 500 gsm. Hal ini membuat duplex dapat menjadi pilihan yang baik untuk berbagai kebutuhan karena tebal, kaku dan padat sehingga bisa tahan dengan segala kondisi.

Sifat Karton Duplex

Sebelum Anda menggunakan duplex, ada baiknya memahami dulu mengenai beberapa sifat karton duplex yang baik untuk dimiliki, yaitu:

  1. Stiffness (kekakuan);
  2. Substance (kepadatan);
  3. Thickness (ketebalan);
  4. Grain direction (arah serat karton);
  5. Moisture content (kelembaban);
  6. Brightness (kecerahan), dan;
  7. Smoothness (kehalusan).

Duplex yang memenuhi semua sifat tersebut, maka bisa dikatakan merupakan kualitas karton duplex yang bagus dan ideal. Tapi Anda juga bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan atas sifat karton duplex yang diinginkan.

Struktur Karton Duplex

Duplex yang memiliki 2 warna berbeda yakni putih dan abu-abu, juga ada yang memiliki dua sisi dengan warna yang sama. Misalnya dengan warna putih pada kedua sisinya atau warna abu-abu pada kedua sisinya.

Warna putih di karton duplex merupakan lapisan bernama white liner yang membuat sisi tersebut berbeda dan digunakan sebagai bagian luar karton. Sementara sisi berwarna abu-abu menjadi bagian dalam dari karton duplex, terutama sebagai pembuatan boks yang mempunyai sisi luar dan dalam maka duplex sangat sesuai untuk kebutuhan tersebut.

2. Kraft

jenis kertas undangan, Samson Kraft

Karton kraft adalah jenis kertas karton yang berasal dari bahan daur ulang berupa bubur kertas (pulp) dari kayu pinus berserat panjang dan identik dengan warna coklat. Di sisi lain, jika kertas melalui proses bleaching (pemutihan) maka kertas kraft akan menjadi berwarna putih.

Meskipun dinilai tidak terlalu tebal dan beberapa jenisnya cukup transparan, namun kertas ini memiliki daya tahan yang bagus dan kuat. Penggunaan kertas kraft adalah sebagai kantong belanjaan, pembungkus benda hingga menjadi karung semen.

Kertas kraft ini terbagi lagi menjadi dua jenis yaitu brown kraft dan white kraft.

Brown Kraft

Bisa dibilang brown kraft ini adalah kertas kraft biasa pada umumnya. Sesuai dengan kata brown, kertas kraft yang memiliki warna coklat ini adalah jenis karton kraft yang akan paling mudah ditemui di pasaran.

Warna dari karton ini murni berasal dari warna serat kayu. Gramasi yang dimiliki brown kraft pun beragam mulai dari 110 gsm hingga 300 gsm.

White Kraft

Sedangkan white kraft adalah karton kraft yang memiliki warna putih sesuai dengan namanya. Warna putih ini dihasilkan dari campuran bahan lainnya sehingga tidak murni serat kayu semata.

Untuk karakteristik dan yang lainnya pada kertas ini bisa dibilang tidak terlalu ada perbedaan mencolok dengan brown craft, hanya saja gramatur karton ini umumnya berkisar antara 140 gsm sampai 200 gsm.

3. Ivory

Contoh Kertas Karton Ivory

Karton ivory adalah karton yang mempunyai 2 tekstur permukaan pada setiap sisinya, yakni satu sisi kasar dan satu sisi lainnya adalah licin serta berkilau. Tekstur yang didapatkan saat memegang kertas ini adalah halus dan kesat.

Ivory bisa dibilang merupakan perpaduan antara matte paper dan art carton karena memiliki sisi glossy dan doff dalam satu kertas. Hal ini menjadikan karton ivory memberikan kesan yang eksklusif dan elegan.

Tak hanya itu, karton ivory juga cocok untuk dijadikan wadah makanan karena tergolong kertas food grade yang artinya aman dan tak berbahaya bila bersentuhan dengan makanan, sehingga Anda akan sering menemukannya sebagai pembungkus makanan, obat hingga kosmetik.

Untuk harga, karena kualitas dan penampilannya yang menarik maka harga ivory pun memang cenderung lebih mahal. Namun hal ini sepadan dengan gramasi karton yang beratnya mulai dari 250 gsm hingga 350 gsm.

4. Yellow Board (Karton Board)

Kertas Karton Yellow Board

Jenis karton ini adalah cukup tebal dan sering digunakan sebagai bahan pembuat undangan atau pembuat sampul hardcover. Selain bernama yellow board, Anda juga bisa menemukan karton bernama gray board yang mempunyai warna abu-abu. Keduanya adalah sama, dan hanya berbeda warna saja.

Penampilan yellow board bisa dibilang sederhana karena memang terbuat dari pulp dan serat kayu sama seperti karton duplex. Sehingga jika ingin menggunakannya sebagai sampul buku atau undangan, Anda perlu memberikan lapisan kertas lainnya atau memberinya hiasan.

Yellow board sendiri tidak memiliki gramasi sehingga dijual berdasarkan ketebalannya, yakni mulai dari YB 25 hingga YB 40. Harga untuk yellow board memang cukup mahal, namun bisa dibilang sebanding dengan kualitas yang didapatkan.

5. Corrugated Paperboard

Corrugated Paperboard (Kardus)

Karton corrugated paper adalah kertas karton yang digunakan sebagai bahan dasar dari pembuatan kardus. Bentuknya berlapis dan bergelombang sehingga cocok untuk menahan benda yang berat. Karton jenis ini memang cenderung keras dan kaku, namun tetap ringan.

Struktur pada karton corrugated paper terdiri dari beberapa lembar kertas medium sebagai bagian gelombang dalamnya serta kertas kraft yang menjadi lapisan kertas.

Corrugated paper memiliki fungsi jenis yang berbeda pada kertas, yakni yang berfungsi sebagai sisi bergelombang (fluting) dan sebagai sisi datar (liner). Berdasarkan ketebalan lapisan pembentukannya, karton corrugated ini terdiri dari 4 jenis antara lain :

  • Single wall (double faced) corrugated paper
  • Single face corrugated paper 
  • Double wall corrugated paper
  • Triple wall corrugated paper 

Memotong Karton Lebih Presisi Dengan Mesin Digital Flatbed Cutter Telson 5070

Berbagai jenis karton di atas bisa menjadi bahan pertimbangan Anda sebelum menentukan kertas yang tepat untuk menunjang kebutuhan usaha. Seperti pada membuat sampul hardcover, Anda bisa memilih yellow board untuk membuatnya.

Jika Anda ingin membuat hardcover, Maxipro merekomendasikan Anda bisa memotong karton lebih presisi dengan Mesin Digital Flatbed Cutter Telson 5070. Mesin ini sangat cocok untuk keperluan produksi benda lainnya seperti sticker hingga boks.

Mesin Digital Flatbed Cutter Telson 5070 dapat membantu Anda memotong bahan kertas karton dengan baik tanpa memerlukan pembuatan pisau pola pond terlebih dulu. Dilengkapi pula dengan template dragon cut terkini, mampu memberikan kemudahan bagi Anda untuk mendesain dan memotong bahan sesuai dengan keinginan.

Semoga artikel dari Maxipro kali ini bisa bermanfaat bagi kalian ya, Maxivers. Jika membutuhkan bantuan lebih lanjut mengenai kebutuhan bahan dan mesin percetakan untuk usaha percetakan, bisa menghubungi call center kami di bawah ini.

Yuk langsung saja kunjungi dan belanja di website kami yaaa !!!

Teknik Cetak Rotogravure: Andalan Produsen Besar - Maxipro.co.id