Dapatkan informasi dan promo menarik dari maxipro sekarang juga!

Mengenal Mesin Slitter: Jenis, Fungsi, dan Cara Penggunaan

Harga jual sangat ditentukan oleh biaya produksi. Semakin rendah biaya produksinya, seorang pengusaha bisa menjual produknya dengan harga yang lebih rendah juga. Untuk tujuan inilah, efisiensi dilakukan. Dalam dunia industri percetakan, peran mesin slitter pun menjadi penting demi mencapai tujuan efisiensi.

Slitting sendiri tidak selalu identik dengan industri percetakan. Pada dasarnya, slitting merupakan proses pemotongan roll besar material. Material ini bisa berupa kertas, stiker, vinyl, plastik, kain, karet bahkan foil. Untuk memotong lembaran atau roll besar material inilah, digunakan mesin slitter.

Jenis Mesin Slitter

Hampir setiap bisnis percetakan memiliki mesin slitter. Mesin ini menjadi salah satu mesin penting, khususnya bagi bisnis digital printing yang juga menyediakan jasa pencetakan stiker, tiket dan sejenisnya. Mesin inilah yang digunakan dalam proses pemotongan stiker atau tiket menjadi potongan-potongan kecil. Selain itu, mesin ini juga dapat digunakan untuk memotong material sehingga lebih mudah diolah dan diproses ke tahap berikutnya.

Teknologi slitting terus berubah seiring dengan kebutuhan industri yang terus berkembang. Secara fungsi, mesin slitter hadir dalam dua jenis, yakni log slitter dan rewind slitter. Sedangkan secara teknologi, mesin ini dapat dibagi menjadi slitter manual dan digital. Untuk lebih jelasnya, berikut penjelasan keempat jenis mesin slitter tersebut.

1. Roll Slitter/Log Slitter

Dalam proses pemotongan roll material atau slitting, roll akan dipotong menjadi potongan-potongan yang lebih pendek untuk kemudian diproses ke tahap berikutnya. Fungsi dasar inilah yang menjadi landasan mesin slitter berjenis log slitter.

Pada mesin slitter ini, roll material yang masih utuh atau berbentuk log hanya akan dipotong sesuai dengan ukuran yang diinginkan. Output dari mesin slitting berjenis log slitting berupa lembaran-lembaran yang lebih kecil dari master roll.

Dalam situasi di mana hasil potongan master roll akan segera diproses ke tahap berikutnya, entah itu creasing atau proses yang lain, mesin log slitter sangat cocok digunakan. Namun jika hasil potongan tersebut masih akan disimpan untuk waktu yang belum bisa ditentukan, mesin slitter jenis berikutnya akan lebih cocok.

2. Rewind Slitter

Proses produksi pada bisnis percetakan yang cukup luas, mulai dari pencetakan, pemotongan, creasing hingga jilid menjadikan industri ini menjadi lebih rumit. Saat berbicara mengenai pemotongan material saja, jenisnya cukup beragam. Itulah kenapa mesin slitting yang satu ini dibuat.

Jika slitter berjenis log slitting bekerja dengan prinsip paling basic, rewind slitter bekerja dengan mekanisme yang sedikit lebih rumit. Proses pemotongan roll material dengan menggunakan mesin rewind slitter juga relatif lebih panjang karena ada satu tahapan tambahan.

Sama halnya dengan log slitter, rewind slitter dapat digunakan untuk memotong roll besar material menjadi potongan yang lebih kecil. Hanya saja, setelah dipotong, mesin ini juga akan menggulung potongan tersebut menjadi roll material yang lebih kecil untuk kemudian disimpan atau tujuan lain, termasuk creasing.

Proses pemotongan seperti ini bisa digunakan untuk membagi master roll menjadi roll-roll material berukuran lebih kecil. Dalam situasi di mana hasil potongan tidak langsung diproses ke tahap berikutnya dan disimpan untuk sementara waktu, mesin slitter berjenis rewind slitting bisa jadi opsi yang tepat. Tentu saja, meski dalam bentuk roll, Anda masih bisa memprosesnya untuk keperluan lain, termasuk creasing.

3. Slitter Manual

Jika dilihat dari teknologi yang digunakan, mesin slitter juga bisa dibagi menjadi 2 jenis, yakni slitter manual dan digital. Sesuai dengan namanya, slitter manual masih mengandalkan mekanisme potong tradisional. Karena itu, akurasi dan kecepatan pemotongannya juga bergantung pada operator mesin itu sendiri.

4. Slitter Digital

Slitter yang satu ini merupakan pengembangan dari slitter berjenis manual. Teknologi digital membuat pengoperasian mesin ini menjadi lebih mudah. Operator dapat memotong lembaran kertas menjadi potongan-potongan kecil dengan akurat dan cepat tanpa harus bersusah-payah.

Fungsi Mesin Slitter

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, mesin slitter tergolong sebagai jenis mesin finishing yang memiliki peranan penting dalam proses pemotongan lembaran material. Mesin ini juga bisa menjadi partner terbaik untuk mesin creasing. Namun untuk lebih jelasnya, berikut beberapa fungsi mesin slitting.

1. Memotong Roll Material atau Lembaran Kertas

Fungsi paling basic dari mesin slitter adalah untuk memotong material berbentuk roll atau lembaran kertas yang sangat lebar. Baik itu kertas roll, vinyl atau material lainnya, mesin ini bisa memotongnya dengan tingkat presisi yang tinggi.

Hasil potongan mesin slitting juga lurus dan rapi. Dengan hasil potongan seperti ini, Anda bisa memotong material menjadi potongan-potongan kecil dengan lebih mudah dan cepat. Jika hasil potongan masih akan diproses lagi, proses berikutnya, entah itu creasing atau proses finishing lainnya akan terasa lebih mudah.

2. Membagi Master Roll Menjadi Roll yang Lebih Kecil

Fungsi mesin slitting tidak hanya terbatas pada memotong roll. Pada mesin berjenis rewind slitter, hasil potongannya juga bisa digulung agar lebih rapi dan lebih ringkas. Hal ini memungkinkan Anda untuk membagi master roll menjadi roll material berukuran lebih kecil.

3. Memotong Setengah Putus

Mesin slitting tidak hanya bisa memotong kertas atau material lain hingga putus. Alat ini juga bisa digunakan untuk memotong setengah putus. Tidak hanya itu, membuat garis putus-putus dengan mata porforasi juga bisa dilakukan mesin slitter.

4. Untuk Creasing

Selain digunakan untuk memotong material seperti kertas, slitter juga dapat digunakan untuk proses creasing. Dengan beberapa penyesuaian, Anda bisa menjalankan proses creasing dengan lebih mudah dan cepat.

Pada dasarnya, creasing adalah proses membuat garis tekukan pada permukaan kertas kardus atau material sejenis. Garis tekukan yang dibuat melalui proses creasing akan membentuk cekungan. Inilah yang membuat kertas jadi lebih mudah ditekuk.

Cara Penggunaan Mesin Slitter

Pengoperasian mesin slitter pada dasarnya sangat sederhana. Jika Anda pernah mengoperasikan mesin finishing berjenis mesin potong, Anda tidak akan merasa asing dengan mesin yang satu ini.

Untuk memotong material kertas atau stiker, Anda cukup memasukkannya melalui sisi depan mesin. Hasil potongan nantinya akan dikeluarkan melalui sisi bagian belakang. Proses yang sama juga berlaku jika Anda ingin menggunakan mesin ini untuk creasing.

Bisnis percetakan masih memiliki potensi besar. Ruang untuk berkembang juga masih luas dengan segudang peralatan yang bisa dipilih sesuai dengan jenis layanan yang akan diberikan. Jika Anda ingin memulai bisnis digital printing atau mengembangkan bisnis percetakan yang sudah dimiliki, mesin slitter bisa menjadi salah satu opsi.

Dengan mesin slitter, Anda bisa membuka layanan baru seperti pembuatan stiker, tiket event, hingga kemasan produk. Anda pun bisa mendapatkan potensi penghasilan tambahan dari layanan-layanan baru. Meski demikian, pastikan untuk memilih mesin yang andal dan memiliki masa pakai yang terbilang panjang. Jika membutuhkan mesin slitter, Anda bisa mendapatkannya di maxipro.co.id.

Related Posts

Post a Comment

Mesin Percetakan

Harga Mesin Percetakan Terbaik Hanya Di Maxipro, Kegiatan Usaha Percetakan Anda Jadi Lebih Praktis Dan Mudah. Mesin percetakan offset dan mesin digital printing merupakan kategori peralatan usaha percetakan yang paling populer di Indonesia. Hal ini dikarenakan proses pencetakannya yang sangat mudah tanpa adanya jumlah minimal order. Anda bahkan bisa mencetak satu lembar jika diperlukan. Mesin ini digunakan untuk mencetak cetak kartu nama, leaflet, nota, majalah dan berbagai jenis cetakan lain. Dengan fungsinya yang menarik mungkin Anda bertanya-tanya berapa harga mesin percetakan atau mesin digital printing ini? Jawabannya bisa Anda temukan dengan menghubungi CS (Customer Service) kami di website Maxipro. Harga mesin percetakan cukup bervariasi sesuai dengan spesifikasi, ukuran, fitur dan material yang digunakan.

Jenis-Jenis Mesin Percetakan

Mesin percetakan yang berkualitas akan mempengaruhi hasil cetakan Anda. Seperti keakuratan warna yang dihasilkan serta kerapian pada hasil cetakan Anda. Mesin ini hadir untuk memenuhi kebutuhan Anda dalam mencetak dokumen baik dalam jumlah yang sedikit maupun banyak dengan waktu yang relatif singkat. Untuk mendapatkan mesin percetakan ini dan berbagai peralatan usaha lain Anda bisa mengunjungi Maxipro. Maxipro merupakan distributor mesin percetakan surabaya yang terpercaya dan terjamin kualitasnya. Sebagai distributor mesin percetakan surabaya, Maxipro juga menyediakan berbagai mesin dan peralatan usaha seperti Mesin Laminating, Mesin Laminasi, Alat Laminating, Alat Laminasi untuk laminating kertas, Mesin Potong Kertas, Mesin Potong Kartu Nama, Mesin Pemotong Kertas, Alat Potong Kertas, Alat Potong Kartu Nama, Alat Pemotong Kertas, Mesin Jilid Buku, Alat Jilid Buku untuk Jilid Buku, Alat Creasing, Alat Rel, Mesin Rel Kertas, Mesin Rel Kertas.

Maxipro, Lengkap dan Terpercaya

Jika Anda sedang mencari mesin percetakan dan peralatan usaha maka memilih Maxipro merupakan pilihan yang tepat untuk Anda. Maxipro sebagai distributor mesin percetakan surabaya menjual peralatan cetak dari berbagai merek yang di import langsung dari produsen. Semua peralatan cetak yang kami jual sudah terbukti kualitas dan keandalannya. Sebagai Supplier Terpercaya dalam bidang grafika dengan harga murah dan produk yang terbaik. Bila anda pemilik digital printing, percetakan, tempat fotokopi, PT. Maxipro Group Indonesia adalah tempat terbaik untuk anda membeli bahan cetak, alat cetak, mesin fotokopi dan mesin finishing. Terlengkap dan harga murah. Hanya Maxipro Pusat Perlengkapan Percetakan Terlengkap !

Hubungi Kami

Hubungi Kami


    This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

    location

    Surabaya

    Jl. Semut Baru
    Kompleks Pengampon Square C6

    location

    Jakarta

    Jl. Pangeran Jayakarta 44
    Komplek Hotel Orchardz Kav 35