MENGENAL MESIN GLUE BINDING

jual-mesin-jilid-glue-binding-60A

Apakah kalian senang membaca buku? Seperti novel, komik dan sejenisnya. Buku-buku ini telah melalui proses cetak yang lama agar lebih nyaman saat dibaca.

Menjilid adalah kegiatan menyatukan lembaran kertas atau sejenisnya menjadi bentuk buku, sehingga memudahkan penggunanya untuk menyimpan. Kegiatan ini menjanjikan peluang usaha mulai dari skala menengah hingga atas. Usaha penjilidan yg berkembang tentu dituntut kualitas dengan hasil jilid setara penerbit. hal ini tentu sangat membutuhkan mesin jilid buku yg lebih efisien waktu dan tenaga.

Mesin jilid sering disebut mesin binding, alat penjilidan atau binding mechine dan sebagainya. Walau nama berbeda semua alat jilid ini memiliki fungsi yang sama, yaitu sebagai mesin jilid buku.

Berbagai macam cara jilid buku adalah sebagai berikut:

  • Teknik jilid buku kawat (steples)
Gambar: Hasil teknik jilid buku kawat (steples)

Jilid kawat atau jilid staples, jilid ini cocok untuk menjilid buku yang tipis antara 4-80 halaman. Jumlah halaman pun harus kelipatan empat, sebab buku akan dijilid pada bagian tengah. Jilid ini merupakan teknik jilid buku paling sederhana dibanding yang lain.

  • Teknik jilid buku spiral (comb binding)

Jilid spiral merupakan jilid buku dengan teknik melubangi kertas pada satu sisi, lalu menggunakan kawat atau plastik untuk menyatukan buku. Hasil jilid menggunakan spiral kawat tentu lebih eksklusif dibanding spiral plastik.

Gambar: Hasil teknik jilid buku spiral

Jilid spiral ini bisa diguanakan untuk buku dengan ketebalan tipis hingga medium. Jika ingin menggunakan teknik jilid ini, pastikan memberi margin yang sesuai pada halaman, agar teks atau gambar tidak terpotong oleh lubang untuk jilid spiralnya.

  • Teknik jilid buku benang (swen binding)

Teknik jilid buku ini cocok dipakai dengan sampul hardcover dan buku khusus seperti katalog warna, buku menu dan sebagainya.

Gambar: Hasil teknik jilid buku benang

Teknik jilid buku ini menggunakan baut untuk menyatukan lembaran-lembaran buku. Bagian kertas dilubangi dari halaman depan hingga tembus bagian belakang. Lalu disatukan menggunakan baut yg dikencangkan.

  • Teknik jilid buku lem panas (perfect binding)

Teknik jilid lem panas biasanya digunakan untuk menjilid buku yang tebal seperti buku laporan, buku tahunan, skripsi, katalog, novel dan lain-lain. Dalam proses finishing percetakan, teknik jilid buku menggunakan teknik jilid lem panas (perfect binding) merupakan teknik jilid yang paling banyak digunakan. Hal ini didasari dengan penilaian bahwa teknik jilid buku dengan lem panas adalah teknik jilid paling mudah dan kuat.

Gambar: Hasil teknik jilid lem panas (perfect binding)

Cara kerja teknik jilid lem panas ini adalah, salah satu sisi kertas disayat untuk memberi celah bagi lem agar bisa masuk dan merekatkan kertas agar lebih kuat. Jilid lem panas ini dikombinasikan dengan jilid benang atau jilid kawat dan cocok digunakan sebagai finishing softcover maupun hardcover.

Tidak ada syarat khusus menggunakan teknik jilid lem panas ini, pastikan buku memiliki “punggung buku” saat pengeleman serta menggunakan mesin jilid buku terbaik.

Untuk membantu Anda mendapatkan mesin jilid buku terbaik berikut ini adalah rekomendasinya:

Mesin Glue Binding Telson 60A

Mesin glue binding telson 60A diklaim dapat menjilid buku dengan kecepatan 200 buku/jam. Dengan ketebalan buku max 5cm ukuran A3. 

Gambar: Mesin Glue Binding Telson 60A

Memiliki ukuran panjang 1500mm, lebar 500mm dan tinggi 1150mm. Sistem operasi menggunakan layar touchscreen dilengkapi mode auto dan manual. Mesin binding ini menggunakan bak terpisah antara lem samping dan lem punggung. lem punggung sendiri memiliki 2 bak. penjilidan menggunakan lem samping agar engsel buku menjadi lebih kuat.

Mesin Glue Binding Desktop

Mesin Glue Binding Telson Dekstop ini cocok untuk anda yang ingin membuka usaha jilid skala menengah seperti menjilid buku album, buku menu, soft cover atau hard cover dengan ketebalan max 4cm. 

Gambar: Mesin Glue Binding Dekstop

Mesin binding memiliki daya rekat yg kuat karena menggunakan lem panas atau lem biji atau hot melt glue. Pengoperasian mesin sangat mudah. Terdapat pemanas lem dan pisau penyisir buku. Dilengkapi pula dengan thermcontrol yg dapat memudahkan saat produksi. Mesin Glue Binding Telson Dekstop ini mesin yang sangat ekonomis, dengan ukuran binding 297mm x 420mm tidak memakan banyak tempat serta memiliki harga yang terjangkau.

×