Mesin Jilid Spiral Terbaik !!

cara-jilid-spiral-kawat

Apakah benar cara jilid spiral mudah dan cepat? Sebelum melanjutkan ada baiknya kalian membaca artikel lengkap tentang 6 Teknik Jilid Buku Dalam Dunia Percetakan. Jilid spiral ini adalah salah satu dari  4 Jenis Jilid Buku Yang Sering Digunakan Dalam Percetakan. Pada artikel kali ini Maxipro akan membahas khusus cara jilid spiral.

Jilid Spiral sebaiknya digunakan untuk dokumen yang masih memiliki kemungkinan revisi agar lebih mudah dalam mengganti lembaran dokumen yang direvisi tanpa merusak dokumen yang ada. Seandainya ingin menambah lembaran dokumen, tidak perlu repot untuk membongkar jilidan yang sudah jadi seperti jilid lakban atau jilid lem panas yang sifatnya permanen. Kalian hanya perlu melubangi dokumen baru lalu menyelipkannya dibagian yang akan ditambahkan tanpa ada kerusakan pada dokumen lainnya.

Pada dasarnya pengerjaan jilid spiral lebih mudah daripada jilid lakban atau jilid lem panas, namun menggunakan mesin yang cukup profesional serta menggunakan bahan khusus yaitu spiral atau ring binder. Sehingga jasa jilid spiral lebih tinggi dari pada jilid pada umumnya. Mesin Jilid Spiral Plastik merupakan Mesin jilid yang digunakan untuk menjilid sebuah laporan-laporan maupun dokumen dengan media bahan menggunakan spiral plastik.

Baca juga: Jual Mesin Spiral Harga Murah | Garansi Service

mesin-finishing-mesin-spiral-mesin-kalender
Gambar: Mesin Jilid Spiral Kawat

Jilid spiral ini memiliki 2 jenis yaitu jilid spiral kawat dan jilid spiral plastik. Pada umumnya untuk melakukan jilid ini menggunakan spiral plastik namun keduanya memiliki keunggulan dan kelebihan tersendiri. Untuk jilid spiral kawat biasa kita temui di tempat fotocopy, karena proses penjilidan ini membutuhkan mesin jilid kawat, spiral kawat dengan ukuran yang beragam dan tang pemotong.

Mesin jilid spiral kawat Maxipro memiliki ukuran spiral coil yang dapat diganti. Dengan jarak dan posisi lubang 2:1 dan 3:1 yang dapat diatur dan margin yang dapat diubah. Serta terdapat analig untuk memposisikan kertas yang berukuran A4 dan A5. Sebelum membeli mesin jilid pertimbangkan dahulu mesin jilid yang dibutuhkan, karena akan berhubungan dengan kemampuan dan kapasitas jilid.

Jilid spiral kawat untuk buku ini memiliki kelebihan dan kekurangan, yaitu:

Kelebihan:

  • Memberikan tampilan yang lebih profesional.
  • Bisa terbuka dengan sempurna tanpa takut bagian dalam buku sobek atau terlepas.
  • Buku bisa terputar ke belakang secara penuh sehingga Anda lebih nyaman saat menggunakannya atau meletakkannya.

Kekurangan:

  • Memiliki harga yang relatif lebih mahal.
  • Memerlukan investasi mesin.
  • Mesin harus bisa dikendalikan oleh orang yang terbiasa menggunakannya.
  • Perlu beberapa stok spiral kawat dari berbagai ukuran sehingga bisa digunakan untuk menjilid buku dengan ketebalan yang berbeda.
  • Spiral kawat hanya memiliki warna hitam dan putih.

Tahapan – tahapan proses mesin jilid spiral yang pada umumnya dilakukan dipercetakan:

  1. Menyiapkan Mesin jilid spiral.
  2. Siapkan dokumen yang akan dijilid.
  3. Masukkan dokumen yang akan dijilid kedalam mesin spiral. Biasanya untuk mesin spiral jumlah dokumen yang dimasukkan maksimal 25 lembar. Untuk hasil yang lebih maksimal, masukkan dokumen kurang dari 25 lembar agar mesin bekerja lebih ringan.
  4. Siapkan spiral kawat/ ring binder. Sesuaikan ukuran spiral dengan ketebalan. Gunakanlah spiral kawat sebaiknya lebih lebar dari ketebalan dokumen, agar tidak terlepas saat dokumen dibuka.
  5. Setelah semua dokumen dilubangi, siapkan spiral kawat / ring binder panjang jumlah lubang sesuai dokumen. Kemudian letakkan pada tempat membuka ring binder tersebut. Letakkan dengan posisi spiral yang bisa dibuka pada bagian atas. Biasanya terletak di bagian atas alat jilid spiral. Buka spiral selebar-lebarnya.
  6. Letakkan dokumen dengan posisi vertikal ke arah lubang spiral, agar nantinya bagian spiral yang terbuka berada pada bagian belakang dokumen. Sedikit demi sedikit kurangi bukaan spiral dengan menarik gagang alat jilid spiral kedepan, sampai semua spiral masuk pada lubang dokumen.

Sekian artikel seputar jenis dan cara jilid spiral yang banyak dipergunakan. Semoga postingan ini dapat membantu kalian yang belum tahu dan ingin tahu cara menjilid spiral.

×