Dari banyaknya jenis usaha yang ditekuni, industri percetakan merupakan bidang usaha yang mulai banyak dilirik. Hal itu tak luput dari besarnya kebutuhan masyarakat akan jasa percetakan sehingga membuat industri ini menawarkan peluang bisnis yang menjanjikan. Tapi meski memiliki pangsa pasar yang luas bukan berarti membuat Anda yang memiliki usaha percetakan dapat bersantai. Anda tetap perlu terus belajar bagaimana cara menjadi pengusaha sukses.

Untuk itu bagi Anda yang memiliki bisnis percetakan maupun yang tertarik merintis usaha digital printing, berikut beberapa cara sukses jualan online dan cara menjadi pengusaha sukses di dunia percetakan yang bisa disimak.

Potensi Usaha Percetakan Di Indonesia

Sebelum membahas lebih jauh mengenai cara menjadi pengusaha sukses di industri percetakan, mari melihat dahulu potensi dari bisnis dalam bidang ini. Seperti yang diketahui jenis usaha dalam industri percetakan sendiri ada berbagai macam, mulai dari cetak sablon, cetak mug, hingga percetakan digital untuk kebutuhan cetak undangan dan lainnya.

Dari banyaknya jenis usaha tersebut menjadikan industri ini memiliki banyak peluang yang bisa dimanfaatkan. Selain itu jasa percetakan hampir selalu dicari untuk berbagai keperluan, bahkan menjadi kebutuhan penting bagi berbagai instansi dan perusahaan. Jadi dapat dikatakan, usaha di industri percetakan memiliki potensi kesuksesan yang cukup besar dan menjadi salah satu bidang usaha yang menjanjikan jika dibandingkan dengan ide bisnis lainnya.

Hingga saat ini sudah ada banyak tempat percetakan yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia. Tentunya hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi Anda yang menggeluti usaha ini. Namun jika tahu cara menjadi pengusaha sukses, Anda tak perlu khawatir dengan persaingan yang ada. Apalagi jika Anda menguasai cara sukses jualan online, hal tersebut akan semakin membantu untuk mengembangkan usaha percetakan Anda.

5 Cara Menjadi Pengusaha Sukses Di Industri Percetakan

Memahami Mengenai Seluk Beluk Bisnis Percetakan

Dalam menjalankan bisnis, dalam bidang apapun itu akan lebih baik jika Anda mempelajari dan memahami terlebih dahulu seluk beluk dari bidang bisnis yang akan digeluti. Dalam usaha percetakan misalnya, cara menjadi pengusaha sukses adalah dengan memahami bagaimana proses menerima order, kalkulasi harga, proses pengerjaan, quality control, dan proses finishingnya.

Selain itu Anda juga perlu memahami setiap mesin yang diperlukan untuk mendukung operasional usaha Anda. Misalnya, jika belum memiliki tenaga ahli untuk mengoperasikan mesin, pastikan untuk mempelajari terlebih dahulu cara kerja mesin tersebut sendiri. Hal ini untuk menghindari kesalahan dan kerusakan dalam pengoperasian yang membuat hasil kerja menjadi tidak sempurna.

Jadikan Kompetitor Sebagai Relasi

Kesuksesan sebuah bisnis tidak lepas dari relasi yang dibangun oleh pemiliknya. Oleh karena itu cara untuk menjadi pengusaha sukses yang juga perlu diterapkan dalam dunia bisnis adalah menjalin relasi sebanyak-banyaknya, terutama dengan relasi yang bergelut di bidang percetakan. Mungkin tak sedikit pengusaha yang menganggap vendor lain sebagai saingan bisnis. Namun hal tersebut tidak selalu benar. Cara menjadi pengusaha sukses yang perlu diterapkan adalah dengan terus membangun hubungan baik termasuk dengan kompetitor.

Jika memiliki hubungan yang baik maka Anda bisa menciptakan persaingan bisnis yang sehat. Bukan itu saja, menjalin relasi dengan kompetitor juga memungkinkan untuk mendapat ilmu baru serta gambaran yang lebih luas tentang dunia percetakan. Selain itu jangan ragu untuk menjalin relasi dengan orang-orang yang nantinya memiliki pengaruh kepada usaha Anda. Contohnya seperti dengan para supplier kertas dan tinta cetak, serta lainnya.

Selalu Memanfaatkan Peluang yang Ada

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa usaha percetakan ada berbagai jenis di dalamnya yang bisa menjadi peluang besar jika dimanfaatkan dengan baik. Oleh karena itu sebagai pemilik usaha ini Anda pun perlu pandai untuk melihat peluang yang ada. Cara menjadi pengusaha sukses yang bisa memanfaatkan peluang dengan baik adalah dengan menghindari untuk menolak pesanan yang masuk.

Pasalnya menolak pesanan sekecil apapun bisa membuat Anda kehilangan kesempatan untuk menunjukkan nilai lebih yang ada pada usaha percetakan Anda. Jika Anda tidak terlalu paham perihal jenis cetak yang diminta oleh konsumen, tak perlu bingung. Anda tetap bisa menerima order tersebut dan meminta bantuan pihak ketiga dengan sistem bagi hasil. Namun pastikan untuk bekerjasama dengan pihak yang profesional agar hasil cetak tetap berkualitas.

Merambah Ke Bisnis Online

Cara untuk menjadi pengusaha sukses selanjutnya adalah dengan terus mencoba mengembangkan bisnisnya. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah mulai merambah ke usaha percetakan online. Di Indonesia sendiri belum terlalu banyak usaha percetakan yang masuk ke bisnis online. Masalah bisnis online percetakan juga sangat menjanjikan, lho. Sebab hal ini memungkinkan Anda untuk mendapatkan lebih banyak konsumen, lho.

Untuk merintis bisnis percetakan secara daring, Anda dapat mengikuti cara sukses jualan online berikut;

  • Memasang Iklan di Google

Cara sukses jualan online yang sering dilakukan oleh para pengusaha yang memilih berbisnis secara daring adalah dengan memanfaatkan layanan Google Adwords. Layanan iklan tersebut merupakan cara paling cepat memperoleh rangking di google. Atau jika tidak ingin membayar iklan di Google, dapat menggunakan cara sukses jualan online dengan mendaftarkan usaha percetakan Anda secara gratis di Google Bisnisku.

  • Konsisten Melakukan Promosi di Media Sosial

Di era digital seperti sekarang banyak pebisnis yang mempromosikan usaha yang mereka di media sosial sebagai cara sukses jualan online. Pasalnya selain minim biaya promosi, saat ini penggunaan media sosial merupakan hal yang populer di berbagai kalangan masyarakat sehingga memudahkan Anda untuk menyebarkan informasi seputar usaha percetakan yang Anda miliki. Cara sukses jualan online yang banyak dilakukan lewat media sosial diantaranya seperti membuat konten-konten yang menarik dan bermanfaat sehingga dapat menarik perhatian para calon pelanggan. 

Terus Meningkatkan Pelayanan dan Kualitas

Kepercayaan dari pelanggan adalah cara menjadi pengusaha sukses yang terpenting. Walau Anda menerapkan cara sukses jualan online sebaik apapun namun jika tidak mendapat kepercayaan konsumen maka semua hanya akan sia-sia. Untuk mendapat dan menjaga kepercayaan pelanggan maka cara menjadi pengusaha sukses yang harus selalu dilakukan adalah dengan terus meningkatkan pelayanan pada usaha percetakan Anda, serta menjaga kualitas hasil cetakan. Salah satu cara untuk meningkatkan pelayanan dan memberikan kualitas terbaik adalah dengan menggunakan mesin serta perlengkapan pendukung percetakan yang berkualitas.

Untuk mendapatkan mesin dan perlengkapan Industri percetakan dengan spesifikasi yang sesuai kebutuhan, berkualitas, dan juga harga yang kompetitif Anda dapat menemukannya di Maxipro, Sebagai distributor alat dan perlengkapan pendukung untuk usaha percetakan, Maxipro menghadirkan beragam mesin percetakan seperti mesin booklet maker, jilid spiral, dan mesin finishing lainnya yang dibutuhkan untuk mendukung usaha digital printing Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *