Cara Laminasi Foto Sendiri

Cara Laminasi Foto Sendiri

Laminasi itu berasal dari kata laminate, artinya melapisi bisa juga disebut melapisi sesuatu dengan bahan tertentu dan alat khusus. Jadi laminasi foto adalah membungkus atau melapisi foto menggunakan plastik khusus.

Setiap orang pasti ingin foto yang diabadikan awet dan tidak rusak dalam jangka waktu yang lama karena terkena debu, noda atau percikan air.

Maka solusi yang tepat untuk hal ini adalah dengan cara laminasi foto. Anda tidak perlu repot keluar rumah hanya untuk laminasi foto, karena kini ada cara yang lebih mudah dan bisa anda terapkan di rumah.

Dapatkan: Promo! Mesin Laminating & Mesin Laminasi Roll – Maxipro

Cara Laminasi Foto Manual Tanpa Mesin

Laminating kertas

Pada kali ini saya akan memberikan cara laminasi foto dengan plastik laminating dingin. Plastik laminating ini akan melindungi hasil cetak anda dan bisa diterapkan tanpa menggunakan alat pemanas.

Hasil yang didapatkan juga jernih dan mendapat ketebalan yang tepat, sehingga hasil yang anda dapatkan lebih awet dan terjaga. Berikut langkah-langkah cara menggunakan laminating plastik.

  1. Langkah awal yang harus anda lakukan adalah siapkan plastik laminating.
  2. Ambil satu lembar plastik laminasi,kertas tampak depan permukaan kertas ini bertekstur seperti kulit jeruk, sedangkan tampak belakang kertas ini memiliki permukaan yang licin.
  3. Selanjutnya pakai penggaris untuk meratakan permukaan agar tidak ada gelembung di dalam plastik laminating saat proses terjadi
  4. Siapkan foto yang ingin anda lapisi dengan plastik laminasi
  5. Setelah selesai siapkan foto yang sudah dicetak, lalu lepas permukaan depan plastik laminasi untuk ditempel pada permukaan foto.
  6. Kemudian tempelkan depan permukaan plastik laminasi dengan foto, lalu ratakan dengan penggaris hingga tidak ada gelembung yang tersisa saat plastik laminasi ditempelkan dengan foto.
  7. Setelah plastik laminasi diratakan sampai menempel pada seluruh permukaan foto maka prosesnya telah selesai. Kini foto yang sudah anda lapisi akan bertahan lebih lama.

Cara Laminasi Dingin dengan Mesin

Laminating dingin dengan mesin laminating YG320 25MM

Bagaimana cara melaminasi foto dingin dengan mesin? Yuk mari kita lihat bagaimana cara laminasi foto dengan laminasi dingin.

  1. Pertama yang kita lakukan adalah menyiapkan foto yang akan dilapisi. Kemudian stiker dingin kita tempelkan.
  2. Kemudian sisipkan foto yang akan dilaminasi. Siapkan kertas untuk permukaan bawah tujuannya agar saat dilaminasi tidak menyangkut pada mesin. Untuk laminasi dingin kita hanya menyalakan mesin nya saja, untuk pemanasnya tidak perlu.
  3. Setelah selesai cek hasil laminasi foto. Hasil laminasi foto juga merata jadi tidak ada gelembung. Hasil yang anda dapatkan juga lebih rapi

Kenapa Harus Melaminasi Foto?

Melaminasi suatu bahan berarti memperkuatnya dengan lapisan tambahan. Tujuannya adalah untuk mendapatkan kualitas dan hasil terbaik. Sehingga foto anda mempunyai ketahanan dan tampilan yang lebih baik.

Biasanya percetakan yang mencetak foto menggunakan mesin laminasi panas untuk melapisi setiap lembar halaman foto dengan lapisan plastik tipis. Fungsinya untuk melindungi hasil cetakan dari empat kerusakan utama:

  1. Warna yang berubah disebabkan oleh debu dan noda.
  2. Kerusakan akibat pemakaian (tergores atau robek).
  3. Kelembaban karena cuaca (basah, melengkung, dll).
  4. Warna pudar karena terpapar sinar UV.

Selain mempertahankan kualitas hasil cetak, laminating juga memberikan hasil akhir yang terlihat profesional dan eksklusif. Kualitas tinta cetak foto yang buruk juga bisa ditutupi dan tidak mudah pudar berkat pengaplikasian plastik laminating atau laminasi.

Dengan menggunakan mesin laminating kalian bisa semakin mudah melaminating atau laminasi semua koleksi foto Anda. Agar lebih awet dan tetap tampil bagus seperti saat baru dicetak.

Dapatkan solusi mesin laminasi / laminating terbaik di Maxipro

Maxipro.co.id - Supplier Mesin Finishing Percetakan