Cara Membuat Kipas Promosi

Cara Membuat Kipas Promosi

Mungkin kalian bingung memikirkan souvenir yang pas jika ada acara. Kalian mungkin juga mencari souvenir yang mungkin awet dan bisa sangat bermanfaat bagi tamu kalian.

Mungkin juga kalian pebisnis yang ingin mempromosikan bisnis kalian dengan cara yang menarik sebagai bingkisan kecil yang mudah sekali dibawa kemana saja.

Disini kita memberitahu kalian cara membuat kipas promosi dari bahan PVC yang bisa menjadi souvenir. Souvenir kipas promosi banyak diminati di berbagai bisnis untuk mempromosikan bisnisnya.

Cara Membuat Kipas Promosi yang Bagus dan Menarik

Cara membuat Kipas Promosi

Sebelum memasuki cara pembuatan kipas promosi kalian bisa persiapkan alat dan keperluan apa saja yang perlu disiapkan dalam pembuatan kipas promosi. Berikut adalah langkah-langkah membuat kipas promosi yang bagus dan awet.

  1. Buat desain kipas promosi dengan corel draw, photoshop, adobe illustrator, dsb.
  2. Cetak atau print desain di kertas bahan PVC ID card.
  3. Laminating untuk menyatukan kertas dan plastik PVC.
  4. Potong sesuai dengan pola yang diinginkan.
  5. Finishing untuk memasang ganggang/pegangan plastik kipas promosi.

Berikut penjelasan detail setiap langkah pembuatan kipas promosi yang bagus dan awet:

1. Desain Kipas Promosi

Cara Membuat Desain Kipas Promosi Custom

Seperti biasa untuk mendesain kipas promosi sekarang banyak sekali dijumpai software desain grafis yang bisa digunakan. Seperti dari PhotoShop, CorelDraw, Adobe InDesign, Adobe Illustrator, Canva, dan lainnya.

Untuk mendesain pembuatan kipas promosi jangan lupa perhatikan ukuran yang ada pada kipas promosi. Dan gunakan juga desain yang dimana memang perlu kalian cantumkan, seperti untuk promosi atau juga untuk souvenir.

Setelah kipas promosi sudah didesain sesuai dengan yang kalian inginkan, kalian juga perlu memperhatikan bahwa desain kipas promosi akan dicetak dengan kertas A4, dan dicetak dalam keadaan desain kipas promosi “print mirror”.

Setelah itu kalian bisa kasi garis bantu atau garis merah atau bisa juga disebut pisau pond pada desain kipas promosi.

2. Proses Cetak Kipas Promosi

Cara membuat Kipas Promosi

Untuk proses ngeprint di media bahan PVC kalian bisa memakai print A4 yang kalian punya dirumah untuk mencetak desain kipas promosi. Dan perhatikan lagi saat mengeprint bahwa keadaan desain kipas harus posisi print terbalik atau mirror.

3. Proses Laminating

Laminating dingin dengan mesin laminating YG320 25MM

Setelah desain kipas promosi sudah selesai dicetak atau diprint, langkah selanjutnya yaitu kalian bisa gabungkan lapisan PVC dengan desain kipas promosi yang sudah kalian buat. Lalu kalian bisa melakukan press menggunakan Mesin Laminating Telson YG320 25MM.

4. Proses Potong / Pond Kipas Promosi

Cara Potong Laser Kipas Promosi Custom

Langkah selanjutnya yaitu pond pada kipas promosi, atau bisa juga diartikan pemotongan pada bentuk kipas promosi. Dengan yang tadi sudah kalian desain, desain tersebut membantu memudahkan dalam proses pond pada kipas promosi. 

Pond pada pembuatan kipas promosi bisa agar lebih memudahkan kalian yaitu memakai mesin pond.

5. Finishing Kipas Promosi

Pada finishing kipas sudah di pond bagian gagang, agar lebih memudahkan kalian dalam pemasangan gagang kipas promosi. Setelah ini kipas yang sudah kalian cetak untuk dijadikan souvenir dan promosi sudah bisa sekali digunakan banyak orang.

Agar orang lain lebih mudah mengenali karya kalian dengan cara mudah dan dimana saja.

Dari pembuatan kipas promosi berbahan PVC yang kalian buat, apa kalian minat untuk menggunakan ide tersebut sebagai ide yang mudah dibuat dan mudah digemari kalangan orang untuk menjadikannya jadi salah satu souvenir atau mempromosikan suatu bisnis kalian?

Berikut kita juga akan membagikan apa saja sih yang perlu diperhatikan ketika membuatnya dan apa saja sih kelebihan dari kipas promosi yang sudah kalian buat. Jadi simak juga penjelasan berikut ya.

Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Membuat Kipas Promosi

Produksi Kipas Custom Pake Mesin Laser Cutting Telson 1390

Setelah mengetahui cara membuatnya, selanjutnya Maxipro akan jelaskan secara detail beberapa hal yang perlu kalian saat membuat kipas promosi. Agar hasilnya bisa sempurna, bagus, dan awet.

1. Media Cetak

Bahan yang digunakan pada pembuatan kipas promosi yaitu bahan PVC. Dimana kita bisa memilih menggunakan lapisan doff ataupun glossy

Gunakan Mesin Laminating Telson YG320 agar setiap lapisannya bisa menyatu dengan sempurna. Sehingga jika kita menggaruknya tidak akan copot atau mengelupas.

2. Ukuran Standar

Pembuatan kipas promosi juga memiliki standar ukuran yaitu berukuran 17 cm × 17 cm. Dan untuk desain dari pembuatan kipas promosi sendiri bisa juga full colour pada 2 sisi dan yang lebih menariknya kipas promosi bisa kalian desain bebas sesuka yang kalian mau.

3. Jenis Gagang

Untuk jenis gagang kipas promosi sendiri berbahan plastik yang dimana nyaman untuk kalian pegang dan kalian gunakan. Untuk ukuran pada gagang kipas promosi tersendiri memiliki ukuran standar yang dimana berukuran 12 cm, dan sangat pas bila dipegang.

4. Desain Custom

Untuk desain kalian sudah juga bahwa desain bisa sekali custom dengan sesuai yang kalian mau, namun untuk bentuk kipas promosi sendiri juga bisa kalian costum loh. Kalian bisa sekali mengcustom bentuk-bentuk kipas promosi yang kalian mau.

Kelebihan Kipas Sebagai Media Promosi

Produksi Kipas Custom Pake Mesin Laser Cutting Telson 1390

  1. Kipas promosi sendiri mudah sekali dibawa kemana-mana, semisal saat kalian sedang di kantor dan ac atau kipas sedang mati. Kalian bisa sekali menggunakan kipas promosi. Kipas promosi sendiri tidak memakan tempat di tas kalian.
  2. Media cetak dari kipas promosi sendiri juga sangat besar sehingga kalian sangat bisa menulis dengan detail bahan promosi yang akan kalian di desain kipas promosi tersebut.
  3. Dengan adanya promosi pada kipas promosi, Kalian tidak akan pernah melihat orang yang kalian beri produk kalian membuang kipas promosi kalian, seperti halnya brosur.
  4. Karena kipas promosi sendiri berbahan PVC yang dimana bahan tersebut sangat awet dan tahan lama. Maka kipas promosi yang kalian gunakan untuk sarana media promosi kalian menjadi sangat bermanfaat dan dikenal lama, karena produk–produk kalian akan tetap dikenal hingga bertahun-tahun lamanya.
  5. Kelebihan terakhir yang akan kalian dapatkan jika menjadikan kipas promosi sebagai souvenir adalah harga yang terjangkau dibandingkan dengan souvenir lainnya. Jika kalian memesan kipas promosi dengan jumlah yang lebih banyak harga kipas promosi juga akan lebih murah.

Dari penjelasan yang kalian simak akhirnya kalian tau kan cara cetak dari kipas promosi, dan apa aja sih kelebihan yang akan kalian dapat dari memproduksi kipas promosi.

Jika kalian masih bingung kalian bisa sekali membaca artikel lain yang kita sajikan sesuai dengan yang kalian cari.

Dapatkan mesin laminating murah & berkualitas hanya di Maxipro

Maxipro.co.id - Supplier Mesin Finishing Percetakan