Cara Promosi Online Paling Ampuh Era Milenial

marketplace-google-promosi-online-era-digital-maxipro

Perkembangan teknologi telah membuat perubahan segala aspek dalam kehidupan manusia. Tidak terkecuali dunia bisnis. Pelaku bisnis secara tidak langsung dipaksa untuk mengikuti perkembangan zaman untuk bertahan. Hal yang paling terlihat dari berjalannya sebuah bisnis adalah cara berpromosi. Promosi sederhana yang dilakukan masa lalu sekarang kurang efektif untuk diterapkan. Oleh karena itu, promosi secara online sangat dituntut untuk dikuasai para pelaku bisnis. 

Apapun cara promosi online yang dipilih untuk memasarkan produk, selama cara tersebut menambah nilai produk dan dipasarkan pada pasar yang tepat, pada akhirnya akan membuahkan hasil pada bisnis kalian. Sebelum ada internet, bisnis kecil hanya melakukan promosi murah seperti cetak brosur. Sekarang ini ada banyak cara untuk promosi online yang perlu dipahami dan diketahui.

Berikut ini merupakan cara promosi online terbaik, baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

Buat Situs Website Dan Blog

Cara yang palin efisien dalam memasarkan bisnis/produk di internet adalah membangun website yang memiliki blog. Pemilik website harus harus secara teratur memposting sebuah konten yang berkualitas terkait dengan bisnis yang dijalankan sehingga website tersebut memiliki pengunjung. Memiliki website dan blog adalah sebuah investasi jangka panjang yang harus dimulai dari sekarang, karena membangun konten berkualitas dan strategi konten memerlukan waktu dan jam terbang yang tinggi. Jika kalian belum memahaminya secara detail, kalian dapat menggunakan jasa freelance untuk membantu sebuah website yang memiliki blog.

Mencari pelanggan dengan cara lama sudah tidak lagi relevan saat ini dan membuang waktu serta sumber daya. Website dengan menggunakan SEO (search engine optimization) adalah basic untuk semua usaha diera digital ini.

Pastikan untuk Mengupdate Website secara berkala, sehingga Google menilai website kalian secara bagus. Untuk bagian blog, Semakin relevan artikel kalian dengan bisnis kalian, maka akan semakin bagus pula penilaian web kalian. Oleh karena itu usahakan untuk membuat sebuah artikel yang informatif dengan bahasa yang baik.

Untuk website tentang percetakan kalian bisa kunjungi Maxipro.co.id.

Baca juga: Strategi Promosi Murah Media Stiker Zaman Now !

Buat Video Tutorial di Youtube

Youtube juga merupakan ide yang bagus saat ini untuk memasarkan bisnis di internet. Meskipun terlihat rumit, dengan menyajikan tutorial penggunaan produk, mengedit video namun pada akhirnya ini akan bermanfaat untuk menjangkau banyak orang. Buatlah format tutorial yang mudah dipahami dan konten berkualitas, selain itu dapat juga menautkan halaman web usaha ke deskripsi youtube 

Cara Promosi Online Dengan Google My Business

Sekarang ini google memiliki wadah untuk mendaftarkan bisnis ke dalam wadah bernama Google My Business (GMB). Dengan mendaftarkan bisnis kalian ke dalam GMB, perusahaan dan situs dapat dengan mudah ditemukan dalam situs Google.com dan Google map.

Selain memudahkan ditemukannya bisnis pada google, kalian bisa mengiklankan Google My Business dengan kata kunci yang relevan dengan bisnis kalian. Pastikan memasukkan semua jenis informasi seputar bisnis seperti foto, alamat, alamat website, dan kategori bisnis kalian.

Keunggulan dari GMB adalah, dapat membuat postingan setiap harinya dengan gambar-gambar yang relevan dengan promosi dan produk yang dan produk yang kalian tawarkan, sehingga calon pelanggan dapat melihat secara visual dan tertarik melakukan bisnis.

Memanfaatkan Kekuatan Media Sosial

Kita tahu bahwa para politisi sekalipun memanfaatkan media sosial untuk memenangkan pemilihan, mereka menulis visi dan misi, strategi, dan banyak hal di media sosialnya. Untuk itu, dalam hal bisnis pun jangan sampai ketinggalan, profil bisnis bisa dibuat dengan mudah di Facebook, Twitter, Instagram dan LinkedIn. Secara sederhana media sosial dimanfaatkan untuk promosi, namun selain itu dapat pula digunakan untuk mendapatkan umpan balik berkualitas mengenai produk atau layanan kalian. Yang harus dilakukan adalah posting hal bermanfaat secara teratur supaya akun semakin populer.

Cara Promosi Online Dengan Pasang Iklan

Jika kalian memiliki anggaran untuk pemasangan iklan. kalian dapat membuat banner dan mengiklankannya melalui jaringan display iklan seperti Google AdWords. Jaringan ini akan menampilkan iklan di beberapa situs web yang cenderung memiliki audiens yang kalian inginkan. Audiens dapat mengklik iklan kalian dan mengunjungi situs web kalian. Meskipun berbayar, iklan ini efektif untuk menemukan audiens yang ditargetkan dan pelanggan baru.

Penjualan Melalui Marketplace

Marketplace sudah menjadi pasar besar dalam perdagangan online. Seperti yang kita tahu bahwa perkembangannya pun begitu pesat. Terlihat masyarakat antusiasme terhadap marketplace seperti Tokopedia, BukaLapak, Lazada, Shopee, dan sebagainya. Dengan banyaknya marketplace yang muncul belakangan ini mempermudah bisnis kecil untuk mempromosikan produknya, bahkan tanpa harus membayar iklan sekalipun kepada mereka.

Miliki Brand kalian Sendiri

Ada sangat banyak perusahaan yang mencoba menjual produknya di internet. Artinya, perlu untuk membuat merek atau brand yang tak terlupakan. Dimulai dengan situs web, nama domain jika memungkinkan adalah nama perusahaan. Bila ada perusahaan lain yang mirip dengan bisnis kalian, mungkin kalian perlu mempertimbangkannya, supaya tidak ada calon pembeli yang kebingungan. Dengan menghadirkan situs web dan akun-akun media sosial dengan nama sesuai nama brand atau nama perusahaan, dapat menguatkan brand yang kalian miliki.

Tidak ada hal yang pasti dalam dunia pemasaran. Sebuah perusahaan bisa saja menerapkan berbagai metode marketing tetapi tetap tidak berhasil. Tetapi ada juga terdapat sebuah perusahaan yang tidak terlalu berusaha secara berlebihan namun sukses besar dalam hal promosi. Kunci dari melakukan kegiatan promosi yang baik adalah menyesuaikan metode dengan target dan pastikan target promosi kalian terarah. Kombinasikan metode promosi online dengan offline karena pentingnya promosi dengan brosur tidak bisa dilupakan begitu saja.

Untuk kalian yang ingin memulai promosi dengan cara promosi online di era milenial, kalian bisa menerapkan langkah-langkah diatas. Namun jika ingin didukung dengan cara offline dengan media brosur, spanduk, atau sticker kalian bisa menggunakan jasa percetakan digital printing untuk mencetaknya dengan mesin finishing yang membuat hasil cetak menjadi lebih sempurna dari Maxipro.co.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×