5 Alasan Stiker Masih Efektif Sebagai Sarana Promosi di Era Digital

stiker-untuk-promosi

Apakah kalian sudah membaca artikel tentang Promosi pakai Stiker, Omset Naik !!?Cetak stiker termasuk dalam digital printing karena menggunakan teknologi modern dalam pembuatannya. Biaya cetak yang murah membuat sticker tidak pernah ketinggalan zaman di era digital saat ini. Ada beberapa alasan yang membuat sticker masih unggul hingga sekarang.

Sejak ditemukan pada tahun 1839, stiker tidak selalu menjadi kertas hias seperti yang kita ketahui sekarang. Sedikit sejarah tentang stiker, sebelumnya ditemukan kertas yang melekat dengan sendirinya yang digunakan sebagai perangko surat pos pertama di dunia. Sejak saat itu sticker dan fungsinya semakin berkembang menjadi menjadi berbagai produk yang multifungsi mulai dari perangko yang fungsional maupun estetika sebagai barang koleksi, penghias kerajinan, mainan anak dengan gambar yang menarik hingga yang lebih kompleks seperti alat untuk marketing perusahaan.

Gambar: Contoh Stiker

Berikut ini adalah beberapa alasan yang membuat stiker masih efektif sebagai sarana promosi di era digital;

  1. Bentuk yang Kreatif dan Bervariatif

Pada umumnya sticker berbentuk kotak atau bulat seperti kertas biasa dengan perekat disalah satunya, namun dengan semakin canggihnya teknologi pun mempengaruhi produksi stiker dengan berbagai bentuk bahkan yang rumit sekalipun, membuat sticker semakin multifungsi dan menambah potensi medium stiker untuk ditempel.

Baca juga: Die Cut VS Kiss Cut Sticker

2. Pemasaran Word-of-Mouth

Stiker yang unik akan mudah menjadi bahan percakapan orang-orang. Bentuk sticker yang bisa dibagikan secara banyak dan luas secara langsung, stiker dianggap sebagai bentuk sosial media yang paling mendasar yang pernah ada. Penyebaran sticker yang luas, efektif dan tepat bisa menjadi sumber perusahan yang low-cost karena biaya cetak sticker yang murah dan dan berpotensi menjadi sumber pemasaran mulut ke mulut.

3. Hadiah yang Sederhana

Sticker dengan kualitas dan desain yang bagus akan sangat diapresiasi oleh penerima lebih dari sekedar kertas bergambar. Adanya fungsi stiker untuk ditempel tentu akan menjadi suatu pertimbangan orang untuk menyimpan sticker itu atau bahkan berfikir dimana stiker yang bagus ini akan ditempel? atau kesan yang lebih mendalam orang akan mengingat memori dari mana sticker itu dia dapat, dari produk brand tertentu atau rekan yang memberinya stiker. Hadiah yang diberikan antar personal tentu tidak akan dianggap suatu bentuk iklan, justru ini menjadikan kesan yang diterima seseorang murni dan tulus.

4. Melengkapi Strategi Pemasaran

Sticker juga dapat menjadi sarana tambahan untuk melengkapi dan memperkuat strategi pemasaran yang ada. Sebuah kampanye lingkungan akan berjalan dalam periode yang lama akan sangat terbantu jika ada stiker yang menggambarkan simbol kampanye tersebut. Bisa juga sticker dilengkapi QR code yang mengarahkan audience untuk mendapatkan informasi kampanye lebih lengkap, ini adalah contoh versalitalitas stiker untuk digabungkan dengan teknologi modern. Praktik ini berlaku untuk beragam fungsi lainnya, baik promosi suatu produk, perubahan operasional, perkenalan suatu program, dan masih banyak lainnya.

5. Menjadi Barang yang “Menjual”

Menjual bukan berarti secara harfiah sticker yang dijual menjadi sumber profit, namun ada beberapa merk dikalangan masyarakat yang membuat bangga jika memiliki stiker tersebut. Contohnya seperti ini Ketika perusahaan A tidak pernah menjual sticker logo perusahaan dimanapun, namun setiap pembelian produk yang dijual merk tersebut tersedia stiker logo perusahaan yang dapat ditempel konsumen dimanapun. Sticker ini akan menjadi pengingat atau simbol orang disekitarnya bahwa orang tersebut menggunakan produk merk terkenal.

Sticker dapat digunakan untuk berbagai keperluan, mempererat relasi dan komunikasi yang disampaikan. Biaya rendah menjadikan sticker sebagai peluang cukup tinggi bagi masyarakat yang ingin usaha cetak stiker. Maxipro menyediakan mesin finishing agar sticker yang dicetak terlihat elegan dan tahan lama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×