Jenis-jenis Bahan Stiker Untuk Promosi Bisnismu, Omset Naik !! - Maxipro.co.id

Jenis-jenis Bahan Stiker Untuk Promosi Bisnismu, Omset Naik !! - Maxipro.co.id

Apakah kalian sering mengoleksi stiker dan mungkin belum tau jenis-jenisnya? Belum tau cara menggunakan stiker untuk media promosi? Bingung memilih dan membedakan banyak jenis sticker di pasaran? Dan tidak mengetahui bagaimana kualitas setiap jenis stiker tersebut?

Tahukah kalian stiker biasanya sering berfungsi sebagai label, kemasan atau objek produk. Mencetak sticker sangat penting sekali untuk keperluan industri, terutama untuk meningkatkan nilai jual produk yang dihasilkan. Selain itu fungsi stiker dalam suatu promosi, bentuk stiker dan gambar yang menarik dapat meningkatkan daya beli produk.

Stiker merupakan kertas yang memiliki bahan perekat pada bagian belakang gambar agar bisa menempel dan merekat pada objek yang diinginkan. Kertas bergambar ini sering ditemukan menempel pada benda lain yakni sepeda, helm, lemari, kaca, laptop, motor, mobil dll. Stiker dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah lembaran kecil kertas atau plastik yang menempel.

Jenis Stiker untuk Promosi & Label Kemasan

Stiker menjadi salah satu media promosi offline yang efektif dan banyak diminati para pengusaha atau industri kecil, selain mudah mendapatkannya harganya juga relatif murah. Bahan stiker yang paling sering digunakan dulu hanyalah berbentuk kotak dan lingkaran, seiring perkembangan teknologi printing dan digital muncul berbagai macam jenis stiker dan kegunaannya.

Melalui artikel ini kami akan menjelaskan rangkuman beberapa jenis bahan stiker yang bagus. Sehingga menjadi pedoman bagi kalian dalam memilih bahan stiker yang bagus sesuai dengan kebutuhan media promosi bisnis maupun usaha kalian.

Setiap jenis stiker ini terdapat 5 macam yang mempunyai atribut dan keunikkannya serta memiliki perannya pada penggunaan tersebut, yaitu :

1. Sticker Polypropylene Putih/Jernih

Sticker polypropylene labels

Sticker polypropylene atau polipropileno (PP) adalah jenis stiker yang pada umumnya berbentuk tipis dan terbuat dari material polypropylene. Ciri dari jenis stiker ini adalah putih transparan, maka dari itu disebut stiker jernih.

Meskipun tipis stiker transparan ini memiliki ketahanan yang kuat pada suhu dan anti air, namun memiliki kekurangan tidak dapat diaplikasikan di outdoor atau luar ruangan. Stiker ini dapat dibuat dengan proses die cut atau kiss cut.

2. Sticker Vinyl Static / Statis

sticker vinyl static mirror

Vinyl stiker adalah bahan sticker yang sering digunakan oleh digital printing di Indonesia. Pada umumnya ciri-ciri vinyl stiker yaitu permukaan yang mengkilap atau glossy dengan warna dasar putih.

Stiker vinyl static atau statis adalah jenis stiker yang menggunakan perekat statis untuk menempel pada halus dan rata seperti plastik, gelas, dan kaca. Jenis stiker ini juga memiliki ketahanan dan daya tahan yang cukup tinggi, tidak seperti stiker lainnya.

Stiker ini menggunakan perekat statis, artinya tidak menggunakan perekat adhesive atau zat yang mampu menyatukan benda sejenis atau tidak sejenis (lem). Sehingga dapat dilepas dengan mudah sehingga posisi dan dapat dipindah kapan saja.

3. Sticker Vinyl Putih Susu

sticker vinyl putih glossy di cup kertas

Stiker vinyl putih susu menjadi jenis stiker favorit yang sering digunakan di pasaran. Jenis stiker ini memiliki ciri khas yang berbeda dengan sticker lain, yaitu tidak tembus cahaya. Material yang digunakan tidak tembus cahaya, memiliki daya tahan yang tinggi dan tahan akan cuaca yang ekstrim.

Stiker ini sering diaplikasikan baik outdoor atau indoor, juga dapat melekat pada objek apapun. Seringkali ditempelkan pada kendaraan atau objek outdoor. Selain itu jenis stiker ini bisa juga digunakan pada sablonan kain sutra.

4. Sticker Polyester

Stiker polyester untuk stiker emisi mesin mobil

Jenis stiker polyester, mempunyai stabilitas dan ketahanan yang kuat terhadap cuaca ekstrim maupun udara lembab, juga pada oli maupun solvent (seperti bahan larutan atau campuran kimia).

Stiker polyester ini cocok digunakan pada outdoor, menggunakan bahan perekat yang kuat. Sehingga dapat melekat pada lapisan yang dianggap susah untuk tempat sticker melekat.

5. Sticker Chromo / Kromo

stiker chromo atau kromo

Stiker chromo adalah jenis stiker yang terbuat dari bahan kertas chromo dengan daya rekat yang sangat kuat sehingga susah untuk dilepas dan akan meninggalkan bekas bila dipaksa. Sehingga bisa difungsikan sebagai segel produk.

Karena harganya lebih murah daripada stiker vinyl, sehingga tak salah banyak orang yang menggunakannya. Terlebih untuk aplikasi di dalam ruangan (indoor). Dimana sering digunakan untuk mencetak logo atau tulisan merk pada kemasan atau untuk dibagi-bagikan ke pada customer.

6. Sticker Bontax / Bontak

stiker bontak bontax

Stiker bontax / bontak adalah jenis stiker berbahan dasar kertas dengan daya rekat yang sangat kuat. Daya rekatnya lebih kuat dibanding stiker HVS. Karena terbuat dari kertas, stiker ini tidak tahan air. Sehingga biasanya digunakan untuk label produk kering.

Agar tidak mudah rusak dan lebih tahan terhadap air, ditambahkan laminasi dalam proses pembuatannya. Agar lapisan laminasi tidak mudah lepas biasanya digunakan mesin laminasi panas menggunakan bahan laminating roll yang lebih low-cost.

7. Sticker HVS

kertas stiker sticker HVS

Sesuai dengan namanya jenis stiker ini terbuat dari kertas HVS yang diberikan lapisan perekat di bagian belakang. Karakteristiknya sama dengan kertas HVS pada umumnya, hanya saja memiliki daya rekat yang lemah sehingga bisa terkelupas dengan cepat.

Untuk meningkatkan kualitas dan tampilan, dilakukan laminasi stiker dengan plastik laminating doff atau glossy. Sehingga terlihat lebih menarik dan tidak murah rusak ketika terkena cairan ataupun kotoran.

8. Sticker Oracal

sticker oracal

Stiker Oracal merujuk kepada salah satu merk stiker berbahan PVC vinyl berkualitas tinggi buatan Jerman. Terdapat berbagai seri atau tipe stiker oracal yang bisa dijumpai di pasaran. Setiap seri memiliki kualitas dan karakteristik yang berbeda-beda.

Aplikasi stiker oracal biasanya sering dijumpai untuk keperluan yang membutuhkan stiker dengan ketahanan tinggi. Sehingga cocok diapilkasikan untuk keperluan outdoor. Seperti stiker wrapping mobil dan sepeda motor. Sedangkan jenis stiker oracal transparan, biasa digunakan untuk neonbox.

9. Sticker Yupo / Sintetis

jenis sticker yupo

Stiker Yupo adalah stiker sintetis yang sangat kuat, tahan panas, tahan minyak dan tidak melar. Karena karakteristiknya itu, membuatnya banyak dipakai untuk label pada botol oli, botol sampo, botol sabun, stiker barcode dan sebagainya.

Kenapa tidak menggunakan stiker vinyl untuk barcode, karena stiker vinyl mudah melar jika terkena panas. Sehingga garis-garis pada stiker dikhawatirkan akan susah dibaca karena melengkung atau rusak.

Kekurangannya stiker ini kurang lentur sehingga tidak cocok ditempelkan pada permukaan yang memiliki lekukkan.

10. Sticker Scotchlite Reflektif

jenis sticker scotchlite tape

Sticker scotchlite adalah jenis stiker reflektif yang dapat memantulkan cahaya. Sehingga sticker akan terlihat lebih kontras atau menyala ketika disorot cahaya. Karena sifatnya tersebut, jenis stiker ini banyak diaplikasikan untuk keperluan keamanan atau safety.

Aplikasi stiker scotchlite biasa dijumpai pada kendaraan, baju safety, dan rambu lalu lintas.

11. Sticker Foil Emas dan Perak

jenis sticker foil emas

Stiker foil adalah jenis stiker yang tulisan atau gambarnya dicetak menggunakan bahan foil emas atau perak. Terdapat juga warna merah metalic, biru metalic dan lain sebagainya.

Cara membuatnya adalah dengan terlebih dahulu mencetak stiker dengan printer laser atau toner. Kemudian letakkan bahan plastik foil di atasnya. Lalu masukkan ke dalam mesin laminating press. Hasilnya tulisan atau gambar yang dicetak dengan printer laser akan berwarna metalic seperti logam.

Sebaiknya gunakan jenis stiker yang tahan panas seperti stiker yupo, HVS, atau bontak. tidak direkomendasikan menggunakan stiker vinyl karena sifat bahan yang mudah melar jika terkena panas.

12. Sticker Kraft

jenis sticker kraft

Sesuai dengan namanya stiker kraft terbuat dari kertas kraft yang diberi lapisan perekat dibagian belakangnya. Karakteristiknya sama dengan dengan kertas kraft yaitu berwarna coklat, tidak tahan air, dan mudah sobek.

Karena berwarna coklat, tampilan stiker ini terbilang cukup unik. Sehingga akan menambah estetika produk dengan tampilan stiker bernuansa vintage.

13. Sticker Fosfor (Glow In The Dark)

sticker helm fosfor glow in the dark

Stiker fosfor adalah jenis stiker dengan lapisan fosfor yang dapat menyerap cahaya lampu dan matahari sehingga dapat menyala di dalam gelap. Lama waktu menyala stiker tergantung dari kualitas fosfor yang digunakan, yaitu seberapa banyak cahaya yang dapat diserap.

Cocok diaplikasikan untuk produk yang sering digunakan dalam gelap. Sebagai contoh produk helm, senter, dan sebagainya.

14. Sticker Metalize Emas dan Perak

sticker vinyl metalize perak silverl

Sticker metalize dalam pemahaman praktis hampir mirip dengan stiker foil. Namun keduanya adalah jenis stiker yang berbeda. Stiker metalize termasuk jenis stiker vinyl yang memiliki lapisan dengan warna metalic seperti emas atau perak.

Berbeda dengan stiker foil yang tulisan atau gambarnya berwarna metal, pada stiker metalize tulisan atau gambar nya dicetak menggunakan tinta biasa yang tidak berkilau. Jadi yang berkilau adalah kertas stikernya bukan tulisan atau gambarnya.

15. Sticker One Way / Perforated

stiker one way perforated

Stiker satu arah (one way vision) adalah jenis stiker dengan bahan yang berlubang-lubang. Sehingga gambarnya hanya bisa dilihat hanya dari satu sisi saja dan terlihat transparan pada sisi yang lain. Karena memiliki tekstur yang berlubang-lubang, biasa juga disebut stiker perforated dan perforasi.

Stiker one way biasa diterapkan pada jendela kaca kantor, toko, restaurant, gedung, dan mobil. Dimana orang dari luar ruangan atau mobil tidak dapat melihat ke dalam karena terhalang stiker. Sedangkan dari dalam dapat melihat dengan jelas keadaan di luar.

Di atas tadi adalah penjelasan tentang jenis-jenis stiker, sekarang udah tau kan jenis sticker dan juga tau kegunaan dan ketahanannya. Untuk mendapatkan mesin potong sticker silahkan kunjungi website kami Maxipro.co.id.

High Precision & Auto Input Label Cutting Sticker

slider mesin label cutting telson maxipro

Mesin Label Cutting Sticker 340LF dibekali dengan kapasitas cutting dengan tingkat presisi 0,01 mm. Ditambah tatakan / paper tray pada bagian input dan output untuk menampung hingga 100 lembar kertas. Proses pengerjaan menjadi semakin mudah dan nyaman dengan sistem auto feeder.

Mesin hemat daya yang dilengkapi tombol dan layar display untuk memudahkan pengoperasian. Dimana sudah mendukung penggunaan software desain corel draw dan adobe illustrator yang banyak digunakan pada industri digital printing.

Yuk kunjungi & temukan produk berkualitas hanya di Maxipro.co.id !!!

Maxipro.co.id - Supplier Mesin Finishing Percetakan