Jenis – Jenis sticker

Apakah kalian yang sering mengoleksi stiker (sticker) lucu mungkin dari kalian ada yang belum tau jenisnya? Belum memikirkan kegunaan stiker (sticker) ? Bingung membedakan jenis sticker yang banyak ? Dan bagaimana kualitas setiap jenis stiker (sticker) ?

Tahukah kalian stiker (sticker) berfungsi sebagai label, kemasan atau objek produk. Mencetak stiker (sticker) sangat penting sekali untuk keperluan industri, terutama untuk meningkatkan nilai jual produk yang dihasilkan. Selain itu fungsi stiker dalam suatu promosi, bentuk stiker dan gambar yang menarik dapat meningkatkan daya beli produk.

Stiker (sticker) merupakan kertas yang sifatnya menempel atau merekat pada bagian belakang gambar. Kertas bergambar ini sering ditemukan menempel pada benda lain yakni sepeda, helm, lemari, kaca, laptop, motor, mobil dll. Stiker (sticker) dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah lembaran kecil kertas atau plastik yang menempel.

Gambar: Contoh Stiker (sticker)

Stiker (sticker) menjadi salah satu media promosi offline yang efektif dan banyak diminati para pengusaha atau industri kecil, selain mudah mendapatkannya harganya juga relatif murah. Bahan stiker (sticker) yang paling sering digunakan dulu hanyalah kertas, seiring perkembangan teknologi printing dan digital muncul berbagai macam jenis stiker (sticker) dan kegunaannya.

Melalui artikel ini kami akan menjelaskan rangkuman beberapa jenis-jenis stiker (sticker), sehingga menjadi pedoman bagi kalian dalam memilih stiker (sticker) lucu yang sesuai dengan kebutuhan media promosi bisnis maupun usaha kalian.

Setiap jenis stiker (sticker) ini terdapat 5 macam sticker yang mempunyai atribut dan keunikannya serta memiliki perannya pada penggunaan tersebut, yaitu :

  1. Sticker Polypropylene Putih/Jernih

Sticker Polypropylene atau polipropena (PP) Sticker jernih ini adalah stiker (sticker) pada umumnya yang tipis dan terbuat dari kertas polypropylene. Ciri dari stiker (sticker) ini adalah putih transparan maka dari itu disebut stiker (sticker) jernih. Meskipun tipis stiker transparan ini memiliki ketahanan yang kuat pada suhu dan anti air, namun memiliki kekurangan tidak dapat digunakan pada outdoor atau luar ruangan. Stiker (sticker) ini dibuat dengan proses die cut atau kiss cut.

Gambar: Contoh Sticker Polypropylene Putih

2. Sticker Vinyl Statis

Vinyl stiker adalah bahan cetak sticker yang biasa digunakan di percetakan Digital Printing. Pada umumnya ciri-ciri vinyl stiker yaitu permukaan yang mengkilap atau Glossy dan mempunyai warna dasar putih.

Vinyl stiker mempunyai perekat statis yang dapat menempel pada tekstur lembut maupun kasar seperti plastik atau gelas dan kaca. Vinyl stiker juga memiliki ketahanan dan daya tahan yang cukup tinggi, tidak seperti stiker (sticker) lain. Vinyl stiker ini menggunakan perekat statis tidak menggunakan perekat yang adhesive atau mampu menyatukan benda sejenis atau tidak sejenis. Stiker (sticker) ini dapat dilepas dengan mudah sehingga posisi dapat diubah.

Gambar: Contoh Vinyl Stiker Statis

3. Sticker Vinyl Opaque (Tidak Tembus Cahaya)

stiker (sticker) ini memiliki ciri khas yang berbeda dengan sticker lain, yaitu tidak tembus cahaya. Material yang digunakan tidak tembus cahaya, memiliki daya tahan yang tinggi dan tahan akan cuaca yang ekstrim. Kegunaan stiker (sticker) ini sering digunakan pada outdoor atau indoor, seringkali ditempelkan pada kendaraan atau objek outdoor. Selain itu stiker (sticker) ini bisa juga digunakan pada sablonan kain sutra.

Gambar: Contoh Vinyl Stiker Opaque

4. Sticker Vinyl Cerah

Sama seperti stiker polypropylene, banyak juga yang memakai sticker jenis ini. Memiliki daya tahan yang tidak jauh beda dengan jenis vinyl stiker lainnya dan dapat melekat pada objek apapun.

Gambar: Contoh Vinyl Stiker Cerah

5. Sticker Polyester

Terakhir jenis stiker polyester, mempunyai stabilitas dan ketahanan yang kuat terhadap cuaca ekstrim maupun udara lembab, juga pada oli maupun solvent (seperti bahan larutan atau campuran kimia). Stiker polyester ini cocok digunakan pada outdoor, perekat yang memiliki tekanan kuat pada stiker (sticker) juga dapat melekat pada lapisan yang dianggap susah untuk stiker (sticker) melekat.

Gambar: Contoh Sticker Polyester

Diatas tadi adalah penjelasan tentang jenis-jenis stiker (sticker), sekarang udah tau kan jenis sticker dan juga tau kegunaan dan ketahanannya. Untuk mesin potong sticker silahkan kunjungi website kami Maxipro.co.id.

×