jenis-Jenis Stiker Hologram dan kegunaanya

jenis-Jenis Stiker Hologram dan kegunaanya

Stiker hologram ini sudah tidak asing bagi kita dan bisa kita jumpai di toko barang elektronik. Ciri stiker ini memiliki warna mengkilap karena itulah stiker ini dinamakan stiker hologram. Pada dasarnya, terdapat 2 macam jenis stiker hologram, yaitu stiker segel dan stiker label.

Stiker label juga penting anda gunakan untuk branding serta pemasaran produk anda, contohnya dengan logo yang menarik serta mampu meningkatkan nilai tambah dari produk tersebut.

Holographic sticker dengan fungsi keamanan bertujuan agar produk tidak mudah untuk dipalsukan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Tujuan lain dari adanya stiker hologram untuk mengidentifikasi sebuah produk terjamin keasliannya atau tidak.

Ambil Promo Mesin Cutting Label Sticker Heavy Duty & High Precision

Jenis-jenis Stiker Hologram

Macam macam Stiker Hologram

Menurut penggunaannya ada beberapa jenis stiker hologram. Menurut informasi terkait, terbagi menjadi 7 jenis stiker berdasarkan penggunaannya diantaranya sebagai berikut:

1. Stiker Hologram Standar

Stiker Hologram Standar Logo Yamaha

Jenis ini sangat mudah untuk anda jumpai. Dimana stiker jenis ini bisa anda temukan pada kemasan yang mempunyai tambahan logo merk atau brand. Teknik ini biasa dibuat menggunakan metode 2D dan 3D.

2. Scratch Hologram

scratch hologram sticker

Jenis stiker hologram ini biasanya anda temukan pada voucher pulsa pra bayar. Fungsinya tentu sebagai perlindungan.

3. Hot Stamp Hologram

stiker hologram hot stamp akta kelahiran

Pada jenis ketiga ialah hot stamp hologram, biasanya anda menemukan pada sebuah dokumen negara. Hot stamp hologram ini terdapat dalam dokumen penting seperti akta kelahiran hingga akte pernikahan. Fungsi dari hot stamp juga untuk memastikan apakah dokumen tersebut asli atau tidak.

4. Fabric Hologram

Stikcer Hologram Kaos Distro

Stiker yang satu ini bisa anda temukan ditempel pada permukaan kain. Jika anda sering berbelanja pakaian pasti tak asing dengan stiker jenis ini. Karena dibuat dengan bahan perekat khusus, biasanya tidak akan meninggalkan bekas apapun ketika dilepas.

5. Colour Hologram

Stiker hologram emas colour

Jenis berikutnya adalah sticker colour hologram yang tersedia dalam 2 pilihan warna yakni silver (perak) dan gold (emas).

6. Offset Hologram

stiker hologram offset

Jenis stiker selanjutnya adalah offset dimana dalam mencetaknya tidak memiliki warna pelangi.

7. Duo Tone Hologram

stiker hologram security duo tone

Jenis terakhir kali ini adalah jenis terbaik. Memiliki fungsi sebagai perlindungan pada sebuah produk agar terjamin keaslianya.

Kekurangan dan Kelebihan Stiker Hologram

stiker hologram hot stamp

Beberapa jenis stiker hologram di atas tentunya memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing yang perlu anda ketahui. Berikut ini beberapa kelebihannya:

  1. Berfungsi untuk menjaga keaslian dari produk yang ada dalam kemasan.
  2. Kelebihannya juga mampu untuk mengetahui ketersediaan sebuah produk atau barang melalui sistem barcode.
  3. Stiker hologram bisa anda gunakan untuk mengetahui informasi detail dari sebuah barang atau produk.

Selain kelebihan stiker hologram yang sudah disebutkan di atas tentu saja juga terdapat kekurangan. Berikut ini beberapa kekurangan yang dimiliki holographic sticker.

  1. Stiker hologram segel biasanya hanya bisa membuka satu kali saja, selanjutnya tidak bisa ditempel kembali.
  2. Bahan btiker ini memiliki harga yang bisa dibilang cukup mahal.

Jenis Stiker Label Berdasarkan Bahan

sticker hologram

Setelah mengetahui jenis-jenis stiker hologram, selanjutnya kita akan mengetahui stiker label berdasarkan penggunaanya. Stiker label merupakan jenis stiker hologram juga. Berikut beberapa bahan dan jenis material dari stiker label diantaranya sebagai berikut:

  1. Stiker chromo terbuat dari bahan kertas licin yang memiliki daya lengket yang lumayan. Salah satu kekurangan dari stiker ini yaitu bahan yang mudah luntur, sehingga anda bisa menempel stiker ini pada bahan yang jauh dari air.
  2. Stiker vinyl memiliki jenis bahan yang terbuat dari plastik yang memiliki tekstur sangat lentur dan tahan lama, serta tidak mudah rusak. Stiker ini bisa anda gunakan pada outdoor karena tahan terhadap cuaca yang panas. Salah satu bahan stiker yang recomended untuk anda.
  3. Stiker transparan, bentuk bahan stiker ini tentu saja tidak memiliki warna dan memiliki tampilan tembus pandang.

Macam-macam Kegunaan Stiker label

stiker hologram label

1. Stiker Label Bulat

Yang pertama ini biasa dipergunakan dalam kemasan box atau paper bag. Alangkah baiknya anda memilih bahan dan material yang bersifat chromo, transparan serta vinyl glossy. Potongan stiker ini bisa anda potong dengan Mesin Label Cutting Telson 340LF atau bisa dengan menggunakan sistem kiss-cut or die-cut.

2. Stiker Label Toples

Stiker label toples ini bentuknya kotak tentu saja digunakan untuk sebuah toples maupun kemasan bulat. Anda juga bisa memilih bahan untuk label toples ini dengan bahan chromo atau vinyl.

3. Stiker Label Lunch Box

Nah stiker label ini berbentuk persegi biasa digunakan pada bagian penutup kotak makan karena namanya lunch box.

4. Stiker Label Botol 

Terakhir adalah stiker label botol, stiker ini tentu saja tempatnya ada pada permukaan botol yang berbentuk bulat. Perbedaan kiss-cut dan die-cut adalah metode pemotongan yang polanya tidak terpotong, sedangkan die-cut memiliki lapisan belakang atau kertas yang ikut terpotong.

Mesin Label Cutting Telson 340LF

Mesin Label Cutting Sticker Telson 340LF - Maxipro

Berdasarkan penjelasan diatas anda bisa menggunakan metode yang sudah dijelaskan. Sedangkan untuk kebutuhan industri dalam skala besar sebaiknya anda menggunakan mesin canggih. Anda bisa menggunakan Mesin Label Cutting Telson 340LF.

Maxipro merekomendasikan Mesin Label Cutting Telson 340LF karena proses pembuatan stiker bisa berlangsung dengan mudah. Anda tidak perlu lagi membuat pisau pond untuk memotong desain stiker atau produk lainnya.

Itulah beberapa penjelasan mengenai stiker hologram dan label berdasarkan penggunaannya. Setelah anda simak artikel ini semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda.

Yuk langsung saja kunjungi dan belanja di website kami yaaa !!!

Maxipro.co.id - Supplier Mesin Finishing Percetakan