Mengenal Beragam Jenis Stiker dan Perbedaannya - Maxipro

Mengenal Beragam Jenis Stiker dan Perbedaannya - MaxiproDari dulu hingga saat ini, eksistensi stiker sepertinya tidak pernah mati. Di setiap generasi, stiker selalu ada, baik sebagai aksesori dekorasi maupun sebagai alat promosi. Stiker pun terus berevolusi dengan desain yang selalu mengikuti tren terkini. Menariknya lagi, setiap orang kini bisa dengan mudah membuat printable sticker versi mereka sendiri.

Ragam jenis stiker pun bermunculan. Dari segi proses pemotongannya, ada sticker kiss cut, die cut hingga stiker printable. Setiap jenisnya memiliki ciri dan daya tariknya masing-masing. Namun sebelum mulai membuat sticker die cut atau stiker yang lain, yuk pahami jenis-jenis stiker yang ada di pasaran.

1. Stiker Die Cut

Mengenal Beragam Jenis Stiker dan Perbedaannya - Maxipro

Sticker die cut tergolong sebagai salah satu jenis cutting stiker paling populer di pasaran. Bentuknya yang mengikuti desain gambar stiker membuat stiker jenis ini terlihat estetik, baik dari segi desain maupun bentuk stiker.

Secara umum, sticker die cut terlihat sama seperti stiker kiss out. Stiker jenis ini terdiri dari tiga lapisan dengan fungsinya masing-masing. Lapisan terluar adalah lapisan plastik yang berfungsi sebagai pelindung, lapisan kedua merupakan lapisan gambar atau vinyl dan lapisan ketiga adalah backing paper.

Ciri khas dari sticker die cut ada pada proses pemotongannya. Pada sticker die cut, stiker dipotong secara presisi mengikuti pola desain gambar. Inilah yang membedakannya dengan cutting stiker jenis lain.

Sticker die cut bisa dijumpai di banyak tempat. Baik itu stiker brand atau stiker dekorasi, banyak yang menggunakan cutting stiker jenis ini. Biasanya, sticker die cut dijual secara satuan dengan harga yang relatif lebih mahal jika dibandingkan dengan stiker jenis kiss cut.

Kelebihan Stiker Die Cut

  1. Keunggulan utama sticker die cut ada pada nilai estetikanya. Karena mengikuti pola desain gambar, stiker jenis ini memiliki bentuk yang sangat menarik. Lekukan sticker die cut yang mengikuti pola desain membuatnya cocok digunakan sebagai aksesori dekorasi.
  2. Lapisan plastik terluar membuat gambar sticker die cut memiliki daya tahan yang cukup tinggi. Lapisan ini akan melindungi gambar yang berada di lapisan kedua agar tidak mudah pudar.
  3. Biasanya sticker die cut dijual secara satuan. Bagi orang yang menginginkan sticker die cut sebagai aksesori dekorasi, mereka tidak harus membeli banyak untuk mendapatkannya.

Kekurangan Stiker Die Cut

  1. Proses pembuatan sticker die cut relatif lebih sulit dibandingkan dengan stiker kiss cut. Karena itu, dibutuhkan proses pemotongan yang presisi agar bisa mendapatkan sticker die cut yang estetik.
  2. Harga sticker die cut umumnya juga relatif lebih mahal. Hal tersebut tidak terlepas dari proses pembuatannya yang memang lebih sulit.

2. Stiker Kiss Cut

Mengenal Beragam Jenis Stiker dan Perbedaannya - Maxipro

Dari beberapa jenis cutting stiker, mungkin sticker kiss cut inilah yang paling banyak digunakan untuk tujuan branding. Banyak merek yang memberikan sticker kiss cut secara cuma-cuma di setiap pembelian produknya. Biasanya, hal ini dilakukan sebagai bagian dari strategi branding.

Secara susunan, sticker kiss cut pada dasarnya mirip seperti stiker die cut. Stiker ini memiliki beberapa lapisan, yakni lapisan pelindung, lapisan gambar dan backing paper. Ada juga sticker kiss cut yang tidak memiliki lapisan plastik pelindung. Karena tidak memiliki lapisan pelindung, sticker kiss cut jenis ini biasanya dibanderol dengan harga yang lebih terjangkau.

Perbedaan utama antara sticker kiss cut dengan stiker die cut ada pada proses pemotongannya. Pada sticker kiss cut, proses pemotongan hanya sampai pada lapisan kedua saja, yakni lapisan gambar yang biasanya terbuat dari bahan vinyl. Sedangkan untuk lapisan ketiga, tidak ada potongan khusus di lapisan ini.

Sticker kiss cut tergolong sebagai jenis cutting stiker yang paling sering dijumpai. Akan tetapi, sticker kiss cut paling sering dijumpai dalam bentuk stiker promosi atau stiker brand. Sering kali, sticker kiss cut juga digunakan sebagai alat kampanye, baik kampanye sosial maupun politik.

Kelebihan Stiker Kiss Cut

  1. Sticker kiss cut biasanya dibuat dalam bentuk lembaran. Dalam satu lembar stiker, biasanya terdapat beberapa gambar yang dapat dipotong sendiri oleh pembelinya.
  2. Karena dijual dalam bentul lembaran atau skala besar, sticker kiss cut biasanya dibanderol dengan harga yang lebih murah, terlebih jika dibandingkan dengan stiker die cut.

Kekurangan Stiker Kiss Cut

  1. Karena proses cutting hanya sampai pada lapisan kedua, sticker kiss cut terlihat kurang menarik secara estetika.
  2. Dari segi ketahanan gambar, sticker kiss cut sebenarnya sama seperti stiker die cut. Namun karena mayoritas orang yang membeli sticker kiss cut adalah untuk keperluan branding atau kampanye, kualitas yang dipilih biasanya yang tergolong rendah, atau tanpa lapisan plastik pelindung luar.
  3. Sticker kiss cut biasanya dijual dalam bentuk lembaran besar. Karena itulah, sticker kiss cut jarang digunakan sebagai stiker aksesori dekorasi.

3. Printable Cutting Sticker

Mengenal Beragam Jenis Stiker dan Perbedaannya - Maxipro

Sesuai dengan namanya, printable sticker merupakan jenis stiker yang dicetak dengan cara di-print. Printable sticker biasanya dibuat dengan menggunakan printer eco solvent. Teknik ini juga kerap ditemui pada proses sablon kaos. Biasanya, printable sticker menggunakan backing paper berwarna putih.

Printable sticker kerap dijumpai pada stiker-stiker custom. Jika ada orang yang ingin membuat stiker untuk keperluan pribadi, biasanya printable sticker ini yang digunakan. Karena warna yang lebih kaya, printable sticker banyak digemari.

Kelebihan Printable Sticker

  1. Jenis printable sticker biasanya memiliki warna yang lebih kaya dibandingkan dengan jenis cutting stiker, seperti die cut dan kiss cut. Itulah kenapa dari segi gambar printable sticker terlihat lebih menarik, bahkan bisa terlihat lebih hidup.
  2. Proses pembuatan printable sticker terbilang cepat. Hal tersebut diakibatkan karena printable sticker dibuat dengan printer eco solvent.

Kekurangan Printable Sticker

  1. Proses pembuatan printable sticker dengan printer eco solvent memang menawarkan beberapa keuntungan. Namun karena dicetak dengan printer, gambar printable sticker umumnya lebih mudah pudar jika dibandingkan dengan stiker die cut dan kiss cut.

KESIMPULAN

Baik stiker die cut, kiss cut maupun stiker printable, semuanya sama-sama dibuat dengan menggunakan bahan vinyl. Karena dibuat dari bahan vinyl, ketiga stiker tersebut umumnya mudah diaplikasikan di media apapun. Anda bisa menggunakannya baik sebagai aksesori dekorasi maupun alat branding.

Untuk membuat stiker yang bagus, dibutuhkan lebih dari sekedar desain yang bagus. Desain yang dibuat mungkin sudah bagus. Namun jika tidak dicetak dengan mesin yang sama bagusnya, kualitas stiker yang diharapkan tidak akan bisa didapatkan.

Bagi Anda yang sedang mencari mesin cutting stiker atau mesin pond, Maxipro memiliki jawabannya. Mesin pond berkualitas dengan berbagai pilihan spesifikasi bisa Anda temukan di sini. Mulai dari mesin pond untuk bisnis skala kecil hingga menengah, Maxipro punya jawaban yang Anda cari.

Yuk langsung saja kunjungi dan belanja di website kami yaaa !!!

Mengenal Beragam Jenis Stiker dan Perbedaannya - Maxipro