Apa yang Dimaksud Pixel dan Resolusi ? - maxipro.co.id

Apa yang Dimaksud Pixel dan Resolusi ? - maxipro.co.id

Apa sih yang dimaksud pixel dan resolusi? Dari pertanyaan tersebut mungkin ada beberapa dari kalian yang sudah tau kalau untuk fotografi atau gambar pada desain grafis, gambar tidak jelek atau gambar terlihat jelas.

Pada era modern saat ini tentu bagi kita sangat tidak asing mendengar kata desain grafis. Desain grafis merupakan suatu bentuk komunikasi visual dengan menggunakan gambar dalam menyampaikan sebuah informasi atau sebuah pesan. Agar informasi atau pesan dapat disampaikan secara efektif.

Dalam sebuah desain grafis perlu bagi seorang desainer untuk mengetahui beberapa hal sebelum ia menjadi desain grafis profesional. Hal yang perlu diketahui oleh para desain grafis adalah pixel dan resolusi. Apa itu pengertian pixel dan resolusi ?

Pengertian Pixel?

Dalam sebuah gambar yang ada pada layar Hp atau laptop itu sebenarnya kumpulan dari ribuan titik-titik atau yang disebut dotted. Dari setiap titik-titik tersebut mempunyai warna tertentu sehingga menjadikan bentuk sebuah gambar yang berwarna.

Pixel dalam sebuah gambar selain memiliki fungsi untuk membentuk grafis juga mempengaruhi kualitas warna dari jumlah yang dimiliki.

Pixel adalah sebuah unsur gambar atau representasi titik terkecil dalam gambar yang dihitung per/inch dan akan terlihat berbentuk kotak kecil. Pixel sendiri berasal dari akronim bahasa inggris Picture Element yang disingkat menjadi Pixel. Tugas dari piksel sendiri sebenarnya yaitu :

  1. Membawa informasi dan menentukan warna (hue)
  2. Menentukan kekuatan warna (saturation)
  3. Menentukan seberapa terang warna yang ditampilkan (brightness)

Pixel berunsur dari 3 warna yaitu hijau biru dan merah (RGB) dan dari setiap inch warna itu dapat menghasilkan 16 juta warna dari perubahan atau penambahan inch tersebut. Pada pixel juga ada yang disebut pixel density.

Pixel Density

Pixel density adalah sesuatu yang mendeskripsikan ketajaman dan kecerahan dari layar Hp, komputer/laptop atau televisi. Pixel density dapat diukur dalam PPi (Pixel Per Inch). Ini digunakan untuk menunjukkan berapa banyak pixel yang ditampilkan.

Semakin tinggi pixel density semakin tinggi juga kecerahan dan ketajaman gambar yang ditampilkan.  Pixel density dihitung berdasarkan resolusi dan besarnya layar yang digunakan.

Pixel Density = Akar ((Berapa Banyak Pixel Horizontal ^ 2) + (Berapa Banyak Pixel Vertical ^ 2)) / Besarnya Layar (screen size)

Pengertian Resolusi?

Resolusi ditentukan dengan jumlah atau kumpulan pixel yang membentuk gambar foto. Resolusi merupakan salah satu faktor penentu kualitas gambar digital. Sebab resolusi berbanding lurus dengan kualitas gambar.

“Semakin tinggi resolusi, semakin bagus kualitas gambar. Sebaliknya, semakin rendah resolusi, semakin rendah kualitas gambar.”

Resolusi adalah jumlah pixel atau picture element yang tersusun dalam sebuah gambar digital. Resolusi adalah kerapatan pixel pada sebuah gambar dan tersusun dari pixel (kotak kecil). Resolusi dapat diukur sesuai kerapatan pixel dalam 1 inch, jadi semakin besar resolusinya maka gambar akan terlihat detail.

Satuan Resolusi yang sering digunakan dalam desain

Resolusi yang diukur berdasarkan PPi (Pixels Per inch) atau DPi (Dots Per inch). DPi digunakan untuk menunjukkan pixel per inch pada gambar digital, jika kalian melakukan scan pada sebuah gambar, ukuran yang biasa dipakai adalah PPi.

Sedangkan DPi biasanya digunakan sebagai ukuran printer untuk menunjukkan titik yang harus dicetak per inch nya. Desain grafis biasanya dibuat memakai photoshop untuk mengatur resolusi dalam Pixel per inch atau Pixel per centimeter. Kebutuhan resolusi tergantung kegunaan dari gambar itu sendiri.

Resolusi berdasarkan kebutuhan sebuah desain

 

  • Untuk offset atau printing bisa menggunakan resolusi 300 dpi.
  • Untuk keperluan cetak outdoor atau indoor bisa menggunakan resolusi 100 – 150 dpi.
  • Untuk content atau banner website bisa menggunakan resolusi 72 dpi.

Sekarang kalian sudah tau bagaimana mengatur resolusi dan pixel pada gambar agar mendapatkan hasil yang bagus dan tidak buram. Untuk artikel seputar percetakan silahkan kunjungi web kami Maxipro.co.id.

Mesin Laminasi untuk Melindungi Hasil Cetakan

Selain mesin cetak, penting memiliki Mesin Laminasi untuk melindungi hasil cetakan. Selain agar lebih awet, melapisi kertas dengan laminating film akan membuat tampilan kertas tampak lebih berkesan.

Seperti menggunakan laminasi glossy untuk membuat hasil cetakan terlihat mengkilap. Juga dengan laminasi doff yang akan membuat hasil cetak terlihat halus dan elegan. Untuk melakukannya dibutuhkan mesin laminasi untuk melaminasinya.

Mesin Laminasi Telson ML360ST adalah salah satu jenis mesin laminasi roll berkualitas yang dapat melaminasi kertas dengan cepat dengan hasil yang maksimal. Dilengkapi dengan besi penyangga roll atas dan bawah yang dapat digunakan untuk melaminasi kertas dua sisi sekaligus.

Tonton video review Mesin Laminasi Telson 360ST berikut ini!!!

Yuk langsung saja kunjungi dan belanja di website kami yaaa !!!