Papan Reklame: Sarana Promosi Informasi Andalan - Maxipro.co.id

Papan Reklame: Sarana Promosi Informasi Andalan - Maxipro.co.id

Media promosi memiliki berbagai macam bentuk dan jenis. Secara umum, kalian mengenali bahwa media promosi offline dan online sangat berbeda meskipun memiliki maksud yang sama.

Dan jika dijabarkan, kedua jenis promosi tersebut masih terbagi lagi menjadi banyak macam. Hal ini dikarenakan setiap orang memiliki preferensi yang berbeda saat memilih media promosi yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan serta keinginannya.

Nah, salah satu media promosi yang akan dibahas dalam artikel kali ini adalah papan reklame. Lalu, apa yang dimaksud dengan papan reklame sebenarnya?

 

Pengertian papan reklame

 

Papan Reklame: Sarana Promosi Informasi Andalan - Maxipro.co.id

 

Papan reklame adalah sebuah papan poster berukuran besar yang biasanya ditempatkan di pinggir jalan yang ramai orang lalu lalang guna menginformasikan sesuatu berupa produk barang atau jasa serta pengumuman lainnya.

Istilah reklame berasal dari Bahasa Spanyol atas kata re dan clamps atau Bahasa Latin yaitu re dan claimRe memiliki arti berulang-ulang serta clamp atau clamos yang berarti berteriak.

Sehingga secara bahasa, reklame dapat diartikan sebagai suatu bentuk aktivitas berupa seruan atau teriakan yang dilakukan berulang kali.

Sebagai media iklan yang ditujukan untuk memperoleh atensi publik, reklame biasanya dibuat sekreatif mungkin. Meskipun begitu, isi reklame harus tidak terlalu ramai.

Dalam papan reklame pasti terdapat tulisan dan gambar. Hal ini merupakan mutlak, karena tulisan sebagai penjelas makna reklame sedangkan gambar digunakan untuk mempercantik tampilan reklame atau guna menarik perhatian orang lain karena keunikannya.

Penggunaan reklame sebagai sarana promosi, membuatnya sering disisipi logo perusahaan atau pembuat reklame tersebut disertai dengan kontak yang bisa dihubungi. Tak jarang juga penyedia jasa reklame mencantumkan nomor kontak mereka sekaligus.

 

Ciri-ciri papan reklame

Selain biasanya berukuran besar dan terdapat di pinggir jalan, papan reklame sejatinya memiliki ciri -ciri khusus yang dapat membedakannya dengan media promosi lainnya, antara lain:

  • Dipasang tidak hanya di satu tempat, namun disebar di beberapa titik yang strategis yaitu yang sering menjadi area padat pengendara dan pejalan kaki yang lewat.
  • Memiliki isi yang padat dan jelas namun singkat saja. Sehingga maksudnya bisa langsung tersampaikan pada pembaca hanya dengan beberapa kata.
  • Informasi yang diberikan adalah jujur sehingga jika dilakukan pembuktian maka dapat dipertanggungjawabkan.
  • Desainnya biasanya dibuat menarik dan mencolok. Pembuatnya bisa berkreasi cukup bebas karena pada dasarnya papan reklame berukuran besar.
  • Tulisan dan gambar yang digunakan mempunyai resolusi yang besar.

 

Jenis reklame

Reklame sendiri memiliki berbagai jenis yang tersebar di masyarakat, yaitu:

  • Memiliki ukuran yang besar dan terlihat menarik adalah reklame megatron. Reklame ini bersifat tetap (tidak bisa dipindahkan). Desainnya dilengkapi dengan gambar dan tulisan yang bisa bergerak serta berubah, contohnya LED (large electronic display) dan videotron.
  • Baliho adalah jenis reklame yang termasuk dasar. Dibuat dari papan kayu dan bahan lainnya, reklame ini dipasang pada saat-saat tertentu saja.
  • Reklame berjalan adalah reklame yang dapat kalian jumpai di jalanan pada kendaraan atau benda yang bergerak. Menggunakan konsep berjalan, reklame ini dapat menarik perhatian semua orang karena termasuk unik.
  • Billboard merupakan jenis reklame yang sering kalian lihat. Jenis ini terbuat dari papan, besi, beton atau logam yang tak dapat dipindahkan dan biasanya dimiliki oleh jasa penyedia layanan reklame. Sehingga saat kontrak habis, mereka dapat mengganti desainnya saja tanpa perlu melepas tiang billboard.
  • Dipasang menggunakan media yang bisa bergerak di udara adalah reklame udara. Reklame jenis ini biasanya dipasang pada balon, pesawat, dll.
  • Slide atau reklame film menggunakan celluloide (klise) berupa film atau kaca untuk memproyeksikan atau memancarkan promosi yang ingin dilakukan.
  • dan jenis reklame lainnya.

 

Reklame sebagai media promosi andalan

Karena berukuran besar, reklame mampu menjangkau pada khalayak luas. Maka tak heran kalian bisa menggunakan media ini sebagai sarana promosi yang besar-besaran.

Selain menggunakan papan reklame, kalian juga bisa membagikan kartu nama sebagai cara promosi lainnya untuk memperluas jangkauan usaha yang dimiliki. Dalam pembuatan kartu nama, Maxivers juga harus memperhatikan kartu nama yang dibuat agar mempunyai bentuk yang rapi dan menarik.

 

Bisa menambahkan kartu nama untuk melengkapi promosi di papan reklame!

Rekomendasi mesin kartu nama yang bisa dari Maxipro untuk memenuhi kebutuhan kalian adalah Mesin Potong Kartu Nama A4 ZMH. Banyak kelebihan yang dimiliki oleh mesin tersebut, membuatnya sangat cocok untuk usaha pembuatan kartu nama maupun kebutuhan personal saja.

Mesin Potong Kartu Nama Lebar A4 ZMH dapat memotong 30 lembar kertas dalam waktu hanya 1 menit. Adanya tempat pembuangan sisa potongan kertas, membuat area produksi bisa terjaga dan tidak mengotori bagian di sekitar mesin.

Berbasis digital, membuat mesin ini dibekali layar sentuh sehingga kalian bisa lebih mudah dalam menggunakannya. Ada pula anlig untuk menjaga kertas yang akan masuk ke dalam mesin agar tak mudah kusut dan hasil potongan rapi.

Mesin Potong Kartu Nama Lebar A4 ZMH juga menawarkan hasil jadi kartu nama yang memiliki potongan rapi dan presisi. Tak hanya itu, informasi menarik lainnya tentang mesin ini bisa kalian baca di halaman berikut.

 

Mesin Potong Kartu Nama A4 ZMH

 

Semoga artikel dari Maxipro kali ini bisa bermanfaat bagi kalian ya, Maxivers. Jika membutuhkan bantuan lebih lanjut mengenai kebutuhan bahan dan mesin percetakan untuk usaha percetakan, bisa menghubungi call center kami di bawah ini.

Yuk langsung saja kunjungi dan belanja di website kami yaaa !!!

Papan Reklame: Sarana Promosi Informasi Andalan - Maxipro.co.id