Jenis-jenis Sticker untuk Neon Box dan Papan Nama Akrilik - Maxipro.co.id

Jenis-jenis Sticker untuk Neon Box dan Papan Nama Akrilik - Maxipro.co.id

Neon box dan papan nama adalah salah satu media promosi atau informasi yang paling sering dijumpai di Indonesia. Dimana neon box dan papan nama biasanya dibuat menggunakan akrilik dan berbagai jenis sticker.

Akrilik berperan sebagai media atau papan untuk menempel stiker yang berbentuk tulisan atau gambar yang diinginkan. Terdapat dua jenis stiker yang umum digunakan di pasaran yaitu, cutting sticker dan printing sticker. Dimana keduanya termasuk jenis sticker vinyl.

Kedua jenis sticker tersebut tersedia dalam berbagai macam pilihan. Sehingga akan sulit memilih jenis sticker sesuai kebutuhan, tanpa bekal pengetahuan yang baik. Jadi simak kelebihan dan kekurangan setiap jenis stiker untuk neon box dan papan nama akrilik berikut ini.

Mengenal Sticker untuk Neon Box dan Papan Nama Akrilik

neon box akrilik

Sama seperti akrilik, memilih jenis stiker yang tepat adalah hal penting untuk memastikan neon box dan papan nama dapat bertahan dalam jangka waktu lama. Tulisan dan gambar yang dibuat dengan sticker juga akan bisa terbaca jelas dan mudah dipahami.

Secara pengertian stiker adalah lembaran kecil kertas atau plastik yang bisa direkatkan pada berbagai media. Istilah lain dari stiker adalah etiket. Etiket adalah secarik kertas yang direkatkan pada kemasan produk yang memuat keterangan, seperti nama, sifat, isi, asal produk tersebut.

Apabila dilihat dari material penyusunnya, stiker terbagi menjadi 3 bagian, yaitu:

  1. Face Material, material penyusun paling atas sebagai tempat menempelnya tinta untuk mencetak tulisan atau memberikan warna kepada stiker.
  2. Adhesive atau lem, lapisan perekat yang diaplikasikan pada bagian tengah stiker dan tidak akan terlihat sebelum dibuka.
  3. Backing paper atau liner, material kertas khusus yang digunakan untuk melindungi lapisan perekat atau lem agar tidak rusak dan memudahkan proses pemasangan.

Pemilihan sticker yang tepat, akan memaksimalkan fungsi neon box dan papan nama sebagai media advertising. Dengan begitu gambar dan tulisan akan terlihat lebih jelas dan menarik banyak perhatian.

Selain itu keduanya juga dapat menjadi media informasi yang efektif. Sebab pesan-pesan visual didalamnya dapat terbaca jelas.

Umumnya digunakan jenis sticker vinyl dalam proses pembuatan neon box atau papan nama. Namun berdasarkan cara pemasangan dibagi menjadi 2 jenis yaitu printing sticker dan cutting sticker. So, mana jenis stiker terbaik dan apa perbedaannya untuk neon box dan papan nama?

Sticker Vinyl

Sticker vinyl adalah jenis sticker yang bagian face material nya terbuat dari plastik vinyl. Memiliki karakteristik lentur, tahan air, tidak mudah sobek, dan cocok untuk aplikasi luar ruangan. Berdasarkan ketebalan dan kelenturan dibagi menjadi 3 jenis, yaitu:

a. Sticker Vinyl Monomeric

Sticker vinyl monomeric paling banyak digunakan untuk aplikasi pada neon box dan papan nama. Harga murah, tebal, dan kaku menjadi alasan utama banyak pengusaha advertising memilihnya. Secara teknis mempunyai ketebalan 100-104 mikron.

Karena sifatnya yang kurang lentur dan kaku, stiker ini cocok ditempel pada media dengan permukaan datar. Sehingga kurang cocok diaplikasikan untuk wrapping motor atau mobil, terutama pada bagian yang memiliki banyak lekukan.

b. Sticker Vinyl Polimeric

Karakteristik sticker vinyl polimeric berada ditengah-tengah. Lebih mahal dan lebih tipis dibanding jenis monomeric. Secara teknis mempunyai ketebalan 50-80 mikron.

c. Sticker Vinyl Cast

Karakteristik sticker vinyl cast adalah yang paling tipis dan sangat lentur dibanding kedua jenis lainnya. Namun harganya yang sangat mahal, sehingga hanya digunakan secara eksklusif pada jenis mobil dan motor mewah. Sticker jenis ini mempunyai ketebalan 30-50 mikron.

Baca Juga : Inilah! 15 Jenis Stiker Untuk Promosi Bisnis / Label Produk

Jenis Sticker Akrilik untuk Neon Box dan Papan Nama

1. Printing Sticker Vinyl

cetak sticker vinyl untuk neon box

Printing sticker atau sticker print adalah stiker yang digunakan untuk mencetak tulisan dan gambar untuk ditempelkan pada media yang diinginkan. Dalam hal ini neon box dan papan nama.

Mudah proses pembuatan dan pemasangan menjadi kelebihannya. Desain tulisan dan gambarnya juga lebih bervariasi karena bisa dicetak dengan mudah menggunakan printer dan tinta khusus.

Adapun jenis printing sticker vinyl berdasarkan cara penggunaannya, yakni:

neon box menggunakan printing sticker vinyl

Neon Box

  • Sticker print vinyl transparan paling sering digunakan dalam pembuatan neon box. Agar terlihat lebih jelas biasanya dipadukan dengan akrilik putih susu.
  • Sticker print vinyl putih glossy/doff juga bisa dipakai untuk membuat neon box. Namun, harus menggunakan akrilik transparan agar cahaya dapat menembusnya.

Papan nama akrilik full print

Papan Nama Akrilik

  • Sticker vinyl transparan cetak mirror/terbalik sering dipakai untuk membuat papan nama. Stiker vinyl transparan yang sudah dicetak terbalik, ditempel pada bagian belakang akrilik sehingga terlihat lebih rapi dan tidak mudah rusak. Agar warnanya lebih terlihat jelas dan terlindungi, diberikan lapisan stiker vinyl putih di bagian paling belakang.

Berikut kelebihan dan kekurangan printing sticker vinyl.

Kelebihan

    • Tahan air dan cuaca
    • Halus dan mengkilap
    • Daya tahan sekitar 3 tahun
    • Bisa di-print dengan berbagai motif dan warna
    • Harga lebih murah
    • Mudah dipasang

Kekurangan

    • Hanya bisa di-print menggunakan printer Laserjet, UV, dan Latex
    • Harus dicetak menggunakan tinta khusus
    • Harus menggunakan printer resolusi tinggi untuk hasil yang tajam dan lebih tahan lama
    • Jika memakai printer yang kurang bagus, warna akan pudar dalam 6 bulan
    • Agar lebih awet harus cermat dalam memilih jasa cetak sticker vinyl

2. Cutting Sticker Vinyl

sticker oracal

Cutting sticker adalah stiker yang dipotong membentuk tulisan atau desain yang diinginkan menggunakan mesin cutting sticker.

Dipasaran cutting sticker paling sering dibuat menggunakan sticker vinyl merk Oracal. Ketersediaan warna, karakteristik, dan kualitas yang beragam menjadi alasan merk ini banyak dipilih dan digunakan pengusaha advertising.

Berikut beberapa jenis cutting sticker vinyl, berdasarkan cara penggunaannya.

neon box bulat dengan cutting sticker

Neon Box

  • Cutting sticker translucent biasa dipadukan dengan akrilik transparan dalam pembuatan neon box. Sehingga akan lebih terlihat jelas ketika dipasang daripada menggunakan akrilik lembaran berwarna.

papan nama akrilik dokter gigi

Papan Nama

  • Cutting sticker tidak tembus cahaya biasa digunakan untuk papan nama. Paling sering dibuat menggunakan sticker Oracal no 651. Terdapat 2 opsi pemasangan yang biasa digunakan, yaitu biasa (tidak terbalik) dan mirror/terbalik. Jika dipasang terbalik, selain terlihat lebih rapi, tulisan atau motif dari sticker tidak akan cepat rusak karena terlindungi lapisan akrilik.

Adapun kelebihan dan kekurangan cutting sticker, yakni:

Kelebihan

    • Daya tahan lebih lama, sekitar 5 tahun
    • Warna lebih tajam
    • Terlihat lebih solid dan mengkilap

Kekurangan

    • Proses pembuatan dan pemasangan yang sulit
    • Harga relatif lebih mahal
    • Tidak bisa dibuat cetakan gambar atau foto
    • Terbatas untuk warna solid tidak bisa membuat gradasi

Dalam proses pembuatannya, kualitas mesin cutting sticker menjadi penentu kualitas kerapian neon bos dan papan nama yang akan dibuat. Mesin dengan tingkat akurasi yang tinggi akan memberikan hasil pemotongan yang begitu detail. Sehingga tidak perlu khawatir jika pola potong yang Anda rancang terbilang kecil atau rumit.

Mesin Cutting Sticker Telson 340 LF memiliki tingkat akurasi 0,01 mm. Sehingga mesin akan memotong secara baik bahkan untuk motif atau pola potong dengan detail yang kecil dan rumit. Ditambah area kerja yang luas untuk memotong sticker dengan lebar maksimal 340 mm atau A3+.

Tak perlu lagi khawatir hasil potong menjadi miring atau bergeser. Karena Mesin Cutting Sticker Telson 340 LF sudah dibekali dengan sensor sudut yang dapat mendeteksi posisi kertas secara akurat.

Semoga artikel jenis stiker akrilik untuk neon box dan papan nama ini bisa bermanfaat bagi kalian ya, Maxivers. Jika membutuhkan bantuan lebih lanjut mengenai kebutuhan bahan dan mesin percetakan untuk usaha percetakan, bisa menghubungi call center kami di bawah ini.

Yuk langsung saja kunjungi dan belanja di website kami yaaa !!!

Maxipro.co.id - Supplier Mesin Finishing Percetakan