Mesin Laser Cutting (CO2) untuk Potong Kain dan Tekstil - Maxipro.co.id

Mesin Laser Cutting (CO2) untuk Potong Kain dan Tekstil - Maxipro.co.id

Memotong kain dengan pola yang rumit atau merapikan tepian dengan pola bergelombang merupakan hal yang sulit dilakukan. Tapi bagaimana cara para produsen pakaian melakukannya tanpa menghabiskan waktu berjam-jam. Memotong kain dengan mesin laser cutting adalah jawabannya.

Memotong kain menggunakan laser dapat dilakukan secara cepat dan tepat. Panas dari sinar laser akan membakar kain sehingga meninggalkan bekas potongan yang tajam dan rapi. Pada tepi kain bekas potongan juga tidak akan berserabut karena telah meleleh terkena panas sinar laser.

Teknik pemotongan menggunakan laser bukanlah menjadi hal yang baru. Dimana seiring dengan berkembangnya teknologi, makin memudahkan siapa saja untuk mendapatkan serta menggunakannya. Berikut penjelasan detail mengenai Mesin Laser Cutting Telson 1390 untuk memotong kain.

Mesin Laser untuk Potong Kain

Mesin laser pemotong kain adalah perangkat yang memanfaatkan sinar laser baik untuk memotong atau mengukir kain dan jenis tekstil lainnya. Mesin laser cutting kain memiliki komponen yang terprogram untuk menerjemahkan file digital menjadi acuan dalam proses kerja laser.

Semisal pada Mesin Laser Cutting Telson 1390, memanfaatkan software pre-cutting, RDWorks untuk membantu mesin menerjemahkan file desain. Setelah diproses menggunakan RDWorks, desain tersebut bisa ditransfer ke dalam memory mesin menggunakan flashdisk, kabel USB, atau LAN.

Mesin ini telah dibekali dengan double head laser atau dua mata laser. Menggunakan sinar laser secara berkelanjutan atau bebas distorsi. Sehingga memiliki tingkat presisi tinggi yang menjadi aspek penting dalam penggunaan teknologi laser untuk memproses tekstil/kain.

Bahan kain sangat padu dipotong menggunakan laser. Sebab sinar laser dapat menyatukan tepi kain dan mencegahnya berjumbai. Hal ini membawa keuntungan besar dibanding teknik pemotongan menggunakan pisau atau mesin potong kain konvensional.

Jenis Mesin Laser Cutting yang Cocok untuk Kain

Terdapat berbagai jenis mesin laser cutting di pasaran. Tetapi yang paling cocok digunakan untuk memotong kain adalah jenis mesin laser cutting CO2. Jenis mesin laser ini menggunakan tabung gas CO2 untuk menghasilkan sinar laser. Baca lebih detail artikel tentang Bagaimana Cara Kerja Mesin Laser Cutting CO2?.

Untuk hasil terbaik Anda bisa menggunakan Mesin Laser Cutting Telson 1390 dengan double head laser yang akan mempercepat proses pengerjaan. Sangat cocok untuk pengerjaan skala besar dengan luas meja kerja 130 × 90 cm. Dapatkan juga garansi service 1 tahun tiap pembelian langsung di Maxipro.

Kenapa sangat cocok untuk pengerjaan tekstil/kain? Sebab menggunakan metode pemotongan non-kontak, power laser dapat disesuaikan, dan tidak menggunakan terlalu banyak daya listrik. Sehingga dapat lebih cepat, presisi, dan tidak merusak bahan yang dipotong.

Pengaturan besar power laser yang dihasilkan sangat berguna untuk membantu Anda menyesuaikan hasil potongan sesuai jenis tekstil/kain yang digunakan. Sebuah perangkat serbaguna untuk menciptakan produk tekstil berkualitas tinggi dengan pola potongan yang indah.

Penggunaan daya listrik yang lebih kecil dibanding jenis mesin lainnya, memungkinkannya digunakan pada bisnis skala rumahan atau pabrikan. Sehingga membantu pemilik pabrik menjalankan usahanya secara efisien dan aman. Juga tidak membebani sistem kelistrikan pada penggunaan skala rumahan.

Jenis Kain yang Cocok Dipotong Menggunakan Laser

Mesin laser cutting dapat digunakan untuk memotong hampir semua jenis kain. Apa pun jenis kainnya, mesin laser cutting dapat dengan mudah dikontrol sesuai pola potong dan desain yang Anda inginkan. Namun hasil tepi pemotongan akan berbeda tergantung jenis kain yang digunakan.

Di bawah ini adalah beberapa daftar jenis kain dan tekstil yang umum digunakan dengan baik dengan teknologi pemotongan laser. Berbagai macam jenis tekstil cocok untuk pemotongan laser, seperti katun, felt, sutra, linen, renda brokat, polyester atau fleece.

1. Kain Katun

kebaya katun laser cut

Kebaya katun laser cut

Katun adalah serat alami, yang berarti dibuat secara khusus dari bahan tanaman. Pemotong laser dapat bekerja pada kain katun dengan membakar bahan tersebut. Tepi kain katun akan berubah menjadi cokelat atau kekuningan, seperti tepi kertas yang terbakar jika power lasernya terlalu besar.

Pola potongan yang rumit dapat dikerjakan menggunakan mesin laser cutting. Namun, laser tidak akan benar-benar merapikan tepi kain agar tidak berjumbai. Sehingga, pastikan mengecek kembali hasil potongan dan menjahit neci tepian yang masih berjumbai.

2. Kain Sutra

mukena sutra satin laser cut

Mukena sutra satin laser cut

Sutra adalah serat alami yang lebih halus daripada katun. Bahan kain organik ini jauh lebih tipis dari katun. Sehingga Anda dapat dengan mudah memotong sutra dengan laser cutting. Seperti halnya kain katun, tepi kain tidak akan benar-benar menyatu dengan baik.

Meskipun dapat dengan mudah membuat desain yang rumit, tipisnya kain artinya pola yang lebih kompleks akan lebih mudah sobek. Sebagai tips, saat Anda memotong kain sutra dengan laser, gunakan power rendah dan hindari bentuk potongan yang terlalu rumit dan kecil.

3. Kain Felt

Tatakan gelas dari kain felt

Tatakan gelas dari kain felt

Felt adalah kain yang bagus untuk pemotongan laser karena lebih tebal dan hasil pemotongan menjadi lebih kuat. Panas dari pemotong laser akan dengan lembut melelehkan tepi potongan dalam kain ini. Peleburan ini berfungsi untuk menutup luka, mencegah kerusakan ke depannya.

Kain felt tidak mudah kusut, jadi bahan cocok untuk pemotongan laser. Tepi kain yang dipotong juga tidak membutuhkan finishing sebanyak tepi potongan kain katun atau sutra.

4. Polyester

taplak meja polyester laser cut

Taplak meja polyester laser cut

Polyester adalah kain buatan yang bekerja dengan baik dengan pemotong laser. Memiliki tekstur yang kokoh dan memiliki ketebalan yang mirip dengan kain katun. Namun, tidak seperti katun, ujung-ujung kain tidak akan berjumbai ketik dipotong. Sinar laser akan melelehkan tepi kain yang terpotong dan menutupnya.

Jenis Kain yang Sebaiknya Dihindari

Laser sangat bagus untuk digunakan untuk memotong berbagai jenis kain. Namun, karena bekerja menggunakan gas, ada kemungkinan terjadi reaksi kimia negatif dengan beberapa jenis kain buatan. Sehingga penting untuk mengetahui kandungan serat kain, sebelum menggunakan pemotong laser untuk menghindari situasi berbahaya.

PVC dan Busa

Setiap kain dengan PVC (polivinil klorida) termasuk jenis kain yang berbahaya untuk dipotong menggunakan laser. Memotong kain atau bahan PVC  dengan laser akan menghasilkan gas klorida. Gas tersebut berinteraksi dengan uap air di udara dan hasilnya akan menimbulkan korosi di bagian dalam paru-paru jika Anda menghirupnya.

Selain risiko kesehatan yang serius, gas klorida juga dapat merusak laser pada pemotong laser. Jadi bahan apa yang memiliki PVC di dalamnya?

Setiap kain berbahan vinyl mengandung PVC. Ini termasuk sebagian besar kulit imitasi. Bahkan kulit PU (polyurethane) dapat melepaskan bahan kimia beracun dalam pemotong laser. Busa kerajinan dan busa kain juga cenderung mengandung PVC. Jadi sebaiknya hindari memasukkan bahan-bahan tersebut ke dalam pemotong laser.

Apa Kegunaan Lain Mesin Laser Kain?

Pengaturan laser CO2 yang mudah, artinya bahwa Anda dapat melakukan lebih banyak hal menggunakan mesin laser cutting. Mengatur power laser lebih kecil, akan memungkinkan Anda melakukan pengukiran (engraving) pada material kain.

Sebuah mesin laser dapat digunakan untuk memotong dan mengukir kain. Besarnya power laser akan merubah hasil pengerjaan pada media kain. Semakin besar power laser yang digunakan, akan semakin dalam hasil potongan yang dihasilkan. Jadi mengatur kekuatan laser agar tidak sampai menembus kain, akan memungkinkan Anda melakukan pengukiran.

Laser Engraving

Bahan kain yang tebal adalah pilihan terbaik ketika ingin melakukan laser engraving. Sebab bila terlalu tipis, sinar laser sangat mudah terpotong daripada mengukirnya. Sehingga cara terbaik adalah mengetes potongan kain yang akan digunakan sebelum memulai proses pengerjaan.

Jadi menyesuaikan power laser yang akan digunakan sebelum proses pengerjaan adalah cara terbaik untuk tidak membuang-buang bahan yang akan digunakan.

1. Ukir Laser Jaket Fleece

Jaket fleece laser cutting

Membuat tanda atau tulisan permanen pada jaket berbahan kain fleece bisa dilakukan dengan mudah menggunakan mesin laser cutting CO2.

2. Custom Jeans dengan Laser Grafitti

Laser Grafitti Engraving jeans denim

Anda bisa membuat tulisan atau gambar di atas pakaian berbahan jeans / denim dengan menggunakan mesin laser cutting.

3. Karpet dan Keset Ukiran Laser

keset ukir laser

Selain dibuat untuk memotong kain dengan pola yang rumit. Laser cutting juga bisa digunakan untuk membuat ukiran unik di atas karpet dan keset.

Apakah Untung Berinvestasi Mesin Laser Cutting Kain?

Bila Anda memiliki bisnis dalam bidang manufaktur pakaian, baju, jaket, tas, dan sedang mencari cara untuk membuat desain yang unik. Sehingga bisa menambahkan desain custom tambahan untuk produk Anda, pertimbangkan untuk membeli Mesin Laser Cutting Telson 1390.(

Banyak bisnis yang telah mengembangkan produk mereka dengan penambahan sederhana memakai mesin laser cutting kain. Dengan mesin laser, produk sederhana dapat dibuat menjadi variasi yang hebat dan membuat produk tambahan.

Temukan solusi mesin laser cutting dan percetakan hanya di Maxipro !!!

Maxipro.co.id - Supplier Mesin Finishing Percetakan